Guardians of the Galaxy Vol. 3, atau disingkat GOTG 3, adalah film teranyar Marvel Cinematic Universe yang digadang-gadang akan memperkenalkan banyak karakter baru. Selain High Evolutionary dan Adam Warlock, belum lama ini Variety mengungkap bahwa aktris cilik Kai Zen akan tampil di film GOTG 3 sebagai karakter menarik bernama Phyla. Menariknya, di Marvel Comics sendiri ada nama serupa yaitu Phyla-Vell yang dikenal sebagai salah satu Captain Marvel selain Carol Danvers. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas potensi kemunculan Captain Marvel baru tersebut di film GOTG 3 nanti.

Phyla-Vell, Pelindung Alam Semesta

Meskipun kemunculan Captain Marvel baru di film GOTG 3 nanti masih bersifat asumsi, tetapi satu-satunya karakter yang bernama Phyla di Marvel Comics memang hanya Phyla-Vell. Debut di komik Captain Marvel Vol. 5 #16 (2003), Phyla-Vell sendiri diceritakan sebagai anak dari Elysius dan Mar-Vell yang merupakan Captain Marvel pertama. Hal inilah yang kemudian menjadikan Phyla-Vell sebagai salah satu Captain Marvel di Marvel Universe selain Caron Danvers yang mungkin lebih dikenal penggemar MCU.

Salah satu misi pertama Phyla-Vell di Marvel Universe adalah berhadapan dengan versi jahat Adam Warlock yaitu Magus. Pada saat yang bersamaan kakaknya Genis-Vell, yang juga dikenal sebagai Captain Marvel lainnya, berhasil mengalahkan Magus pada masa depan. Kemenangan tersebut lantas membuat Phyla-Vell untuk lebih bersungguh-sungguh melindungi alam semesta bersama kekasihnya Moondragon. Tidak lama setelah itu barulah dia kemudian diceritakan bertemu sekaligus bersekutu dengan tim Guardians of the Galaxy dalam pertempuran final melawan supervillain kosmik Annihilus di peristiwa ‘Annihilation’.

Singkat cerita setelah berhasil mengalahkan Annihilus dan merebut Quantum Band, yang sebelumnya dicuri dari superhero kosmik Wendell Vaughn alias Quasar, Phyla-Vell lantas memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Quasar. Sejak melepas identitas Captain Marvel, Phyla-Vell terbilang lebih sering bertemu dengan para villain ikonis Marvel, seperti Super Adaptoid, Ultron, dan juga High Evolutionary yang akan menjadi antagonis utama di film GOTG 3. Phyla-Vell bahkan sempat mengganti namanya lagi menjadi Martyr, sebelum akhirnya tewas di tangan sang Mad Titan Thanos yang awalnya sempat dikira Magus.

Salah Satu Superheroin Kosmik Terkuat

Berdasarkan sepak terjangnya yang lebih banyak berlangsung di luar angkasa cukup jelas bahwa Phyla-Vell adalah superhero wanita yang dibekali dengan kekuatan kosmik, entah sebagai Captain Marvel, Quasar, maupun Martyr. Faktanya di dalam tubuh Phyla-Vell terdapat DNA Mar-Vell yang dikenal sebagi pejuang terbaik Kree dan Elysius yang merupakan keturunan Eternal dari Planet Titan. Dua elemen tersebut sudah cukup untuk menyebut Phyla-Vell sebagai salah satu superhero kosmik terkuat, yang kebal terhadap sebagian besar serangan dan memiliki kekuatan fisik alami yang sangat luar biasa.

Selain itu, Phyla-Vell juga dikenal sangat mahir dalam pertarungan tangan kosong, mampu terbang lebih cepat dari kecepatan cahaya, serta meningkatkan seluruh kekuatannya dengan menyerap energi kosmik yang ada di sekitarnya. Makin besar energi kosmik yang diserapnya maka akan makin besar juga kekuatannya. Belum lagi dia sering diceritakan memiliki sejumlah artefak kosmik, seperti Quantum Band, Oblivion Sword, dan Quantum Sword. Dengan semua ini jika Phyla-Vell benar-benar muncul sebagai Captain Marvel baru di film GOTG 3 nanti, cepat atau lambat dia akan menjadi karakter terkuat di MCU.

Teori Kemunculan Phyla-Vell di GOTG 3

Untuk sekarang masih belum diketahui secara pasti sebesar apa peran karakter Phyla versi live action yang diperankan oleh aktris Zen Kai. Namun jika benar dia adalah Captain Marvel baru yang dimaksukan untuk debut di film GOTG 3 nanti, ada cukup banyak dampak yang kemungkinan besar akan terjadi di MCU. Yang pertama dia mungkin akan menjadi salah satu calon penerus Captain Marvel’ Carol Danvers. Dan dampak yang kedua, Phyla bisa saja menjadi salah satu anggota Guardians seperti di komik, yang nantinya akan meneruskan bahkan mungkin membentuk tim generasi baru di MCU.

Selain menjadi Captain Marvel, Phyla juga bisa saja diperkenalkan sebagai Quasar pertama MCU yang memang belum pernah diperkenalkan sebelumnya. Dengan begitu kisahnya akan lebi mudah dipisahkan dari Carol Danvers, sebagai gantinya Phyla bisa lebih difokuskan sebagai calon penerus Guardians bersama roster lainnya yang tersisa pasca film GOTG 3 mendatang.

Sekian pembahasan tentang karakter Phyla yang diduga kuat sebagai Phyla-Vell versi MCU. Baik sebagai Captain Marvel, Quasar, ataupun karakter yang sepenuhnya baru, kemunculan Phyla nanti dapat dimanfaatkan oleh Marvel Studios untuk memperkenalkan superhero muda baru layaknya tayangan MCU di Multiverse Saga. Mengingat usia aktris Kai Zen yang masih belia, bukan tidak mungkin juga nantinya dia menjadi anggota Young Avengers. Kita lihat saja nanti seperti apa kisah Phyla di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang akan tayang perdana pada tanggal 3 Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.