Film parodi horor, atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘horor komedi’, adalah sebuah genre film yang biasanya menggabungkan sejumlah elemen dari berbagai film horor mainstream dengan unsur komedi untuk menghasilkan sebuah film yang menghibur. Genre yang satu ini sering kali dijadikan alternatif bagi yang ingin melihat film horor, tetapi tetap menggelitik secara bersamaan. Sejauh ini ada sejumlah film parodi horor yang telah diproduksi di Hollywood, di mana beberapa di antaranya bahkan terbilang cukup sukses. Berikut ini sepuluh film parodi horor yang layak untuk kalian tonton, Geeks!

Shriek if You Know What I Did Last Friday the 13th (2000)

Shriek if You Know What I Did Last Friday the 13th adalah film parodi horor yang menggabungkan elemen dari berbagai film tentang pembunuh berantai yang sangat populer di Hollywood dengan komedi yang absurd sekaligus kocak. Film yang dibintangi oleh aktor sekaligus komedian seperti Tiffani-Amber Thiessen dan Tom Arnold ini pada dasarnya mempunyai plot seperti film Scream, di mana ada seorang pembunuh berantai bernama The Attacker yang memburu para remaja. Selain Scream, film horor komedi ini juga banyak menghadirkan elemen dari film slasher lain, termasuk Friday the 13th, A Nightmare on Elm Street, dan Halloween.

Shaun of the Dead (2004)

Film horor komedi selanjutnya yang wajib untuk kalian tonton jika menyukai film parodi horor Hollywood adalah Shaun of the Dead yang mengambil premis tentang pandemi zombie. Film yang memarodikan cerita zombie seperti House of the Dead dan Dawn of the Dead ini berfokus pada petualangan Shaun (Simon Pegg) dan sahabatnya Ed (Nick Frost) dalam menghadapi segerombolan zombie yang tiba-tiba menyerang kota mereka. Dalam prosesnya mereka harus mencari cara untuk bertahan hidup dengan pengalaman dan alat-alat seadanya, hal inilah yang membuat petualangan mereka kocak sekaligus menegangkan.

Tucker & Dale vs. Evil (2010)

Tucker & Dale vs Evil adalah film parodi horor Hollywood yang menggabungkan elemen film horor slasher dengan komedi. Semuanya bermula ketika dua sahabat bernama Tucker (Alan Tudyk) dan Dale (Tyler Labine) memutuskan untuk pergi ke sebuah pondok pribadi di tengah hutan agar bisa menjauh dari keramaian kota. Ketenangan mereka mulai berubah setelah Tucker dan Dale dicurigai sebagai duo pembunuh berantai a la film horor slasher oleh para remaja yang tengah berjalan-jalan di hutan. Karena hal inilah kedua kelompok tersebut akhirnya tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan malah menyajikan plot yang bikin jengkel sekaligus kocak.

Scary Movie (2000-2013)

Dari sekian banyak film Hollywood bergenre parodi horor Scary Movie bisa dibilang adalah yang paling konsisten, di mana sejak tahun 2010 sampai dengan 2013 waralabanya telah melahirkan lima film yang masing-masing cukup sukses untuk sebuah film komedi. Ciri khas dari Scary Movie sendiri adalah menghadirkan sejumlah elemen dari film horor yang populer pada masanya, seperti Scream, The Exorcist, The Ring, The Grudge, Saw, The Haunting, dan lain sebagainya. Contoh kekonyolan adegannya adalah ketika salah satu karakter berbicara dengan hantu Jepang Toshio menggunakan merek-merek produk populer dari Jepang.

A Haunted House (2013-2014)

Tidak jauh berbeda dari Scary Movie, A Haunted House adalah waralaba film parodi horor Hollywood yang menghadirkan elemen film horor dengan bumbu-bumbu komedi konyol sekaligus lebay. Baik film pertama maupun film kedua, pada dasarnya A Haunted House sama-sama berfokus pada kisah Malcolm (Marlon Wayans) yang pindah ke rumah berhantu. Meskipun bintang film sekaligus penulis skenario Marlon Wayans mengatakan bahwa A Haunted House “bukan film parodi,” tetapi banyak adegan di filmnya yang memarodikan film horor found footage seperti Paranormal Activity dan The Devil Inside.

What We Do in the Shadows (2014)

Jika kita mendengar kata vampir mungkin kita akan langsung ingat dengan berbagai adegan horor mengerikan, di mana seorang vampir bernama Dracula menghisap darah dari para korbannya yang merupakan manusia. Nah bedanya di film mockumentary berjudul What We Do in the Shadows yang disutradarai oleh Taika Waititi dan Jemaine Clement, kita justru disuguhkan pada adegan parodi horor Hollywood dari para vampir konyol yang hidup pada era modern. Di mana mereka mencoba berbaur dengan manusia sekaligus tetap menghisap darah mereka. Kesuksesan filmnya bahkan sampai melahirkan serial berjudul sama yang saat ini sudah berjalan empat season di saluran streaming FX.

Freaky (2020)

Film parodi horor Hollywood terakhir yang layak untuk kita tonton adalah Freaky yang dibintangi oleh Vince Vaughn dan Kathryn Newton. Fokus ceritanya sendiri mengikuti perjalanan seorang anak SMA bernama Millie Kessler (Newton) yang jiwanya tiba-tiba tertukar dengan seorang pria paruh baya sekaligus pembunuh berantai bernama Blissfield Butcher. Dari plotnya kita sudah bisa menebak bahwa film Freaky banyak menggabungkan elemen film horor slasher dengan komedi yang relate dengan kehidupan anak remaja. Mengingat Kessler adalah seorang wanita, hal ini sempat membuat Blissfield mengalami krisis identitas di tubuh barunya. Itulah yang membuat film ini terasa fresh sekaligus lucu.

Itulah sepuluh film parodi horor Hollywood paling kocak yang layak untuk kalian tonton, Geeks. Semua film ini bisa dibilang telah berhasil menggabungkan elemen horor dengan komedi yang cerdas dan segar, sehingga membuat para penontonnya merasa terhibur. Di sisi lain berbagai adegan yang ada di dalam semua film ini juga secara tidak langsung mungkin dimaksudkan untuk mengejek film-film horor yang terkesan berlebihan dan tidak masuk akal. Itulah mengapa bagi yang tidak suka film horor, film bergenre parodi horor ini dapat menjadi alternatif yang sangat menyenangkan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.