Dalam sejarah perfilman dunia banyak sekali aktor atau aktris populer yang dapat meraup miliaran bahkan triliunan rupiah hanya dengan membintangi sebuah film. Walaupun begitu ternyata uang bukan berarti segalanya, karena bagi beberapa aktor ada juga yang tidak mementingkan bayaran asalkan proyek film impiannya bisa terwujud. Sebagai gantinya tidak jarang idealisme tersebut bahkan membuat para aktor dan aktris yang dimaksud sampai tidak mendapatkan bayaran sama sekali. Seperti lima aktor berikut ini yang rela tidak dibayar untuk membintangi sebuah film karena alasan yang beragam.

Brad Pitt

Siapa sangka aktor Hollywood ternama sekelas Brad Pitt ternyata pernah rela tidak dibayar untuk melakukan cameo di film Deadpool 2 (2018). Dalam penampilan singkatnya selama tiga detik sebagai metahuman yang tak terlihat bernama Vanisher, karakter Brad Pitt langsung diceritakan mati karena tersetrum. Menurut pemeran Deadpool’ Ryan Reynolds, pengorbanan Pitt yang rela dibayar hanya dengan secangkir kopi untuk tampil di filmnya adalah hal paling baik hati yang bisa dilakukan oleh seseorang.

Di sisi lain Brad Pitt sendiri pernah menjelaskan kepada BBC Radio 1 bahwa selain karena Reynolds sendiri yang meneleponnya, alasan lain dia mau melakukan hal tersebut adalah karena Deadpool 2 merupakan salah satu film debut David Leitch sebagai sutradara. Bagi Pitt, Leitch adalah kasus langka di Hollywood di mana seorang pemeran pengganti akhirnya bisa menjadi seorang sutradara terkenal yang sangat layak untuk didukung.

Jennifer Lopez

Sebagian besar dari kita mungkin lebih mengenal Jennifer Lopez alias J.Lo sebagai seorang pop star Amerika yang berhasil merilis lagu-lagu hits, termasuk “On the Floor”, “Ain’t Your Mama”, dan “Let’s Get Loud”. Jarang orang yang tahu bahwa selain penyanyi dan penari, J.Lo juga merupakan seorang aktris terkenal yang pernah membintangi film populer, seperti Anaconda (1997) dan waralaba animasi Ice Age. Menariknya ketika membintangi film drama kriminal berjudul Hustlers (2019), ternyata dia menjadi salah satu aktor yang rela tidak dibayar. “Saya melakukannya secara gratis karena melakukan hal yang saya suka,” ungkap J.Lo pada GQ.

Adam Levine

Satu lagi penyanyi Amerika yang pernah mengeluti dunia seni peran dan bersedia melakukannya secara gratis adalah vokalis Maroon 5, Adam Levine. Saat melakukan debut aktingnya di film drama musikal Begin Again (2014), bersama aktor ternama seperti Kiera Knightley dan Mark Rufallo, ternyata Levine rela tidak dibayar sama sekali. Dalam sesi wawancaranya dengan USA Today, dia mengaku merasa sangat beruntung mendapatkan kesempatan tersebut. Itulah mengapa pada saat itu Levine ingin berakting sebaik mungkin, karena baginya itu adalah kemewahan yang tidak bisa tergantikan dengan uang.

Amitabh Bachchan

Penggemar setia film Bollywood pasti mengenal siapa Amitabh Bachchan. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak film sukses Bollywood yang telah dibintangi oleh aktor veteran India yang satu ini, sebut saja Mohabbatein (2000) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001). Meskipun punya pengalaman segudang ternyata aktor berusia 80 tahun ini pernah rela tidak dibayar ketika membintangi film box office berjudul Black (2005) yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Sanjay Leela Bhansali. Menurut Amitabh Bachchan, bisa berakting di film Sanjay merupakan mimpi yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Christopher Lee

Christopher Lee adalah aktor veteran Hollywood yang telah membintangi banyak sekali film sukses. Termasuk berperan sebagai villain Francisco Scaramanga di film James Bond’ The Man with the Golden Gun (1974), seorang Sith bernama Count Dooku di waralaba Star Wars (2002–2008), dan penyihir jahat Saruman di trilogi Lord of the Rings (2001–2003) serta trilogi The Hobbit (2012–2014).

Di balik semua kesuksesannya siapa sangka ternyata Lee pernah rela tidak dibayar juga ketika berakting sebagai antagonis utama bernama Lord Summerisle di film horor klasik The Wicker Man (1974). Pada saat itu banyak yang memuji kualitas akting Lee terlepas dari dia melakukannya secara gratis. Lee sendiri bahkan sampai mengaku bahwa Summerisle adalah salah satu karakter villain terbaik yang pernah dia perankan.

Itulah lima aktor yang pernah membintangi sebuah film secara gratis alias tidak dibayar. Dari semua pengalaman para aktor ini bisa kita simpulkan bahwa ternyata uang tidak selalu menjadi tolak ukur untuk menentukan kualitas dan totalitas mereka dalam berakting. Baik sebagai cameo maupun pemeran utama, para aktor ini berhasil membuktikan bahwa ada beberapa passion mereka yang tidak bisa dinilai dengan materi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.