Ada beberapa dampak besar yang kemungkinan muncul pasca kekalahan Trafalgar Law dari Blackbeard dalam alur cerita manga One Piece. Chapter 1081 kemarin memberikan gambaran mengenai apa yang terjadi di luar pulau Egghead saat ini. Sebelumnya, diketahui jika ada beberapa pertarungan yang terjadi di luar Egghead yaitu Kid vs Shanks dan Law vs Blackbeard.

Kedua bajak laut Worst Generation tersebut nampaknya masih belum berada di level yang sama dengan para Yonko. Buktinya, mereka berdua berhasil dikalahkan dengan mudah. Bahkan, kelompok mereka sekarang harus tercerai-berai. Namun, yang menarik adalah ada beberapa dampak besar yang kemudian muncul pasca kekalahan Trafalgar Law dari Blackbeard. Apa saja?

Kandidat Raja Bajak Laut Berkurang

Mungkin, banyak dari Geeks yang ragu jika Trafalgar D. Law akan mampu menuju Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut. Meskipun begitu, Law adalah salah satu karakter yang cukup diperhitungkan. Hal ini karena buah iblis Ope Ope no Mi yang dia miliki, di mana ini adalah sumber kekuatan yang dahsyat. Dan kita sudah melihat kedahsyatan tersebut dalam pertarungan melawan Big Mom.

Namun, memang harus diakui jika level kekuatan personal dari Law masih jauh dari kuat. Dia bahkan tidak berada di level yang sama dengan Luffy. Kekalahan Law dari Blackbeard tentunya akan membuat persaingan menuju Laugh Tale semakin berkurang. Dan jika melihat perkembangan kekuatan Law saat ini rasanya cukup masuk akal jika Law kalah apalagi jika kemudian membandingkannya dengan Blackbeard atau bahkan Luffy.

Law Gabung Topi Jerami

Sudah sejak lama ketika Law berhasil menyelamatkan Luffy dalam pertempuran di Marineford, hubungan kedua karakter tersebut seolah mulai terbentuk. Apalagi, pasca timeskip mereka mulai sering bersama dan bahkan menjalin aliansi sejak Punk Hazard sampai kemudian di arc Wano. Tidak sedikit dan tidak jarang para fans berharap jika Law kemudian bergabung dengan kru Topi Jerami.

Hal itu rasanya memang masuk akal, apalagi jika melihat level kekuatan dari kelompok bajak laut Law. Seperti yang diketahui, jumlah kru Heart Pirates tidak banyak dan level kekuatan mereka bisa dibilang di bawah rata-rata. Dengan bergabung bersama kru Topi Jerami, mereka mungkin akan bisa setidaknya bertahan di lautan. Di sisi lain, bergabungnya Law tentu akan membuat kelompok Topi Jerami semakin kuat dan diperhitungkan.

Heart Pirates Bubar

Satu hal menyedihkan yang berpeluang terjadi ketika kemudian sebuah kelompok bajak laut kalah dari kelompok bajak laut lainnya adalah mereka akan memutuskan untuk pergi atau membubarkan diri. Dalam cerita One Piece yang dihadirkan sejauh ini, mereka yang kalah dari musuhnya cenderung memutuskan untuk membubarkan kelompoknya. Ada beberapa contoh nyata dari hal ini.

Pertama, kelompok bajak laut Whitebeard. Pasca Whitebeard tewas dalam peristiwa Marineford dan mereka kalah dalam Payback War, Marco sendiri memutuskan untuk membebaskan krunya. Kemudian, kelompok bajak laut Rocks yang bubar setelah berhasil dikalahkan oleh gabungan Garp dan juga Roger. Heart Pirates juga bisa mengalami hal yang sama saat ini.

Blackbeard Selangkah Lebih Maju

Satu dampak besar yang pasti akan sangat berpengaruh adalah Blackbeard akan selangkah lebih maju untuk menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece. Mengapa? Karena, tidak lain dia akan berhasil untuk mencuri salinan Road Poneglyph milik Law. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, alasan besar mengapa kemudian Blackbeard menyerang Law adalah demi mengincar salinan Road Poneglyph.

Di chapter 1081 sendiri memang tidak diperlihatkan apakah Blackbeard sudah berhasil mengambil salinan Road Poneglyph tersebut. Dalam chapternya, hanya diperlihatkan bagaimana dia berusaha untuk mencuri kekuatan buah iblis milik Law. Namun, besar kemungkinan Blackbeard sudah memiliki salinan tersebut di tangannya. Jika memang demikian maka, Yonko tersebut hanya tinggal selangkah lagi menuju Laugh Tale.

Blackbeard Incar Luffy dan Shanks

Selain pihak World Government dan angkatan laut, ancaman lain bagi Blackbeard untuk menjegalnya menuju Laugh Tale dan mendapatkan One Piece adalah dua Yonko lainnya; Shanks dan Monkey D. Luffy. Blackbeard tentunya sudah memperhitungkan resiko dan hal lainnya mengapa kemudian dia memutuskan menyerang Law. Dan bisa jadi rencana yang sudah dia buat sudah sesuai dengan prediksinya.

Dengan asumsi semuanya berjalan sesuai yang Blackbeard inginkan, artinya hanya ada dua pihak yang akan menjegalnya yaitu Shanks dan Luffy. Salah satu dari mereka – atau bahkan keduanya – akan jadi target selanjutnya dari Blackbeard dalam perlombaan menuju Laugh Tale. Namun, yang menarik adalah sudah sedari lama para fans berasumsi jika Shanks akan terlebih dahulu menghadapi Shanks sebelum kemudian pertempuran puncaknya terjadi antara Luffy vs Blackbeard.

Kekalahan Trafalgar Law dari tangan Blackbeard seperti diperlihatkan di chapter 1081 kemarin, nyatanya memberikan dampak yang cukup besar terutama bagi keberlangsungan ceritanya. Beberapa contoh di atas adalah hal yang mungkin akan terjadi selanjutnya dalam cerita One Piece. Kita nantikan saja ya Geeks apa langkah Blackbeard selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.