Film bergenre sci-fi atau fiksi ilmiah, khususnya yang diproduksi di Hollywood, sering kali menjadi sarana bagi sineas dan jajaran pemerannya untuk membawa para penonton ke dunia yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Beberapa film bergenre sci-fi ini bahkan ada juga yang sampai memperkenalkan hal-hal yang tidak masuk akal. Menariknya, hal yang awalnya dianggap imajinatif tersebut pada akhirnya justru menjadi elemen yang diakui oleh ilmuwan dan dinilai cukup sesuai dengan sains. Berikut ini lima film sci-fi populer yang dianggap paling akurat dengan sains di dunia nyata!

Contact (1997)

Diadaptasi dari novel karya Carl Sagan, Contact adalah film sci-fi tahun 1990-an yang sampai hari ini dianggap paling akurat secara sains. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang ahli astronomi bernama Ellie Arroway (Jodie Foster) yang menemukan sinyal radio dari kehidupan cerdas di luar angkasa. Hal tersebut lantas membuat pemerintah dan organisasi keagamaan di filmnya terkesan menentang. Selain karena respons masyarakatnya yang terasa cukup relate, Contact juga dianggap akurat karena berhasil menampilkan penggunaan teknologi radio teleskop dengan cukup baik, mirip seperti yang dilakukan Institut Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) di dunia nyata.

Gattaca (1997)

Satu lagi film sci-fi Hollywood dari tahun 1997 yang dianggap sangat akurat dengan sains modern adalah Gattaca. Film yang dibintangi oleh Ethan Hawke ini bercerita tentang seorang ‘in-valid’ bernama Vincent Freeman (Ethan Hawke) yang baru diperbolehkan mengikuti program luar angkasa Gattaca setelah mendapatkan DNA yang lebih ‘valid’ dengan cara membelinya. Film tentang genetik dan DNA yang saat ini sudah berusia sekitar tiga dekade ini ternyata sesuai dengan pembahasan para ilmuwan yang menyatakan bahwa ke depannya pengaturan genetik sangat mungkin dilakukan di dunia nyata, di mana nantinya manusia bisa memilih sendiri mana DNA yang mereka mau.

Interstellar (2014)

Penggemar film Hollywood bergenre sci-fi pasti sudah tahu bahwa Interstellar yang digarap oleh sutradara Christopher Nolan adalah film yang sering disebut akurat secara sains oleh banyak ilmuwan dunia. Film yang dibintangi oleh Matthew McConaughey ini mengisahkan tentang sekelompok astronaut yang melakukan perjalanan melintasi ruang angkasa untuk mencari planet baru yang dapat dihuni manusia. Menariknya walaupun berawal dari imajinasi Nolan, tetapi penggambaran black hole di film ini sering dipakai dalam jurnal-jurnal ilmiah dan dianggap sebagai bentuk yang paling realistis untuk saat ini.

The Martian (2015)

The Martian adalah film adaptasi dari novel karya Andy Weir yang menceritakan tentang perjuangan seorang astronot bernama Mark Watney (Matt Damon) yang terdampar di Planet Mars setelah timnya meninggalkannya karena mengira dia telah tewas. Film sci-fi ini dianggap sangat akurat dalam menampilkan teknologi dan ilmu sains yang diperlukan untuk melakukan misi ke Mars pada masa mendatang. Termasuk perhitungan matematis yang rumit serta penggunaan teknologi terbaru yang nantinya dapat mendukung kehidupan manusia di planet merah tersebut.

Arrival (2016)

Tayang di saluran streaming Netflix, Arrival adalah salah satu film sci-fi tentang alien yang berhasil mengejutkan banyak penggemar karena dianggap akurat secara sains. Filmnya sendiri bercerita tentang pendaratan pesawat alien di dua belas tempat yang berbeda, yang pada akhirnya mendorong pemerintah untuk menugaskan seorang profesor bahasa Louise Banks (Amy Adams) untuk menginvestigasinya. Meskipun tidak semua elemen alien di filmnya berdasarkan kejadian nyata, tetapi bahasa dan tulisan yang dipakai alien di filmnya dianggap cukup akurat karena jika memang benar ada kehidupan di luar angkasa pasti cara komunikasinya sangat berbeda dengan manusia.

Itulah lima film sci-fi Hollywood yang dianggap paling akurat dengan ilmu sains di dunia nyata. Berdasarkan semua cerita yang disuguhkan di lima film ini bisa kita simpulkan bahwa sains terkadang muncul dari ide atau elemen yang ada di dalam sebuah film fiksi sekalipun. Di sisi lain dengan menggabungkan elemen drama dan emosi yang sangat kuat dari cerita dan pemerannya, pada akhirnya film-film ini tetap bisa menarik dan menghibur untuk disaksikan. Dari semua film ini mana yang menurut kalian paling seru, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.