Sebagai penggemar tayangan Hollywood kita pasti sudah tahu betapa pentingnya trailer untuk film yang akan segera rilis. Karena hal tersebut sangat menentukan apakah akhirnya penggemar akan menonton filmnya karena tertarik dan penasaran, atau justru membuat mereka ragu untuk melakukannya. Mirisnya terkadang ada juga trailer yang tidak memberikan gambaran jelas tentang filmnya, atau malah menampilkan adegan-adegan yang justru menyesatkan dan tidak merepresentasikan keseruan filmnya. Dalam artikel ini mari kita bahas sepuluh film yang akhirnya merugi karena menampilkan trailer jelek!

The Love Guru (2008)

Disutradarai oleh Marco Schnabel dengan anggaran yang mencapai 62 miliar, The Love Guru tadinya digadang-gadang akan menjadi film komedi yang mengundang banyak orang ke bioskop. Faktanya walaupun di dalamnya memang ada banyak sekali adegan komedi yang menggelitik, khususnya dari aktor Mike Myers yang berperan sebagai guru spiritual ahli cinta, trailer film The Love Guru justru dianggap sangat jelek karena malah tidak memperlihatkan sisi komedinya. Itulah mengapa pada akhirnya banyak orang awam yang justru tidak tahu bahwa filmnya mempunyai genre komedi romantis.

Observe and Report (2009)

Observe and Report adalah film bergenre dark komedi yang disutradarai oleh Jody Hill serta dibintangi oleh Seth Rogan, Ray Liotta, dan Anna Faris. Meskipun dimeriahkan oleh sejumlah aktor berbakat, tetapi sayangnya film yang berfokus pada seorang security yang menderita gangguan mental ini tidak berhasil seperti yang diharapkan oleh banyak orang. Banyak yang percaya salah satu penyebabnya adalah karena promosinya telalu jelek, di mana trailer film Observe and Report hanya menampilkan security bernama Ronnie yang mengejar kriminal tanpa mengisyaratkan premis tentang ‘dark komedi’ yang sangat vital.

Terminator Salvation (2009)

Pasca trilogi aslinya, waralaba Terminator memang masih belum pernah lagi berhasil memuaskan para penggemar setianya. Termasuk ketika Terminator Salvation mencoba menceritakan kisah epik tentang perang masa depan antara mesin Skynet dan umat manusia yang tersisa. Padahal filmnya sendiri sampai dibintangi oleh aktor papan atas, seperti Christian Bale dan Sam Worthington. Namun film keempat Terminator ini justru gagal karena penggemar sudah tidak lagi penasaran dengan plotnya, setelah melihat trailer jelek yang justru mengungkap peran Worthington sebagai terminator ‘rahasia’ sejak awal.

The Amazing Spider-Man 2 (2014)

Sebagai sekuel dari film tentang superhero yang sangat populer di seluruh dunia, seharusnya The Amazing Spider-Man 2 bisa jauh lebih berhasil dari pendahulunya. Sayangnya harapan tersebut justru digagalkan oleh trailer jelek yang secara tidak langsung telah mengungkap semua yang ada di dalam film The Amazing Spider-Man 2, mulai dari plot, perubahan villain, pertarungan klimaks, sampai ketika Gwen Stacy jatuh dari ketinggian. Para penggemar komik Spider-Man yang sudah tahu bahwa Gwen meninggal karena terjatuh, pasti menjadi kurang bersemangat untuk menonton filmnya di layar lebar.

Terminator Genisys (2015)

Seakan tidak belajar dari kesalahan sebelumnya, film kelima Terminator yang berjudul Genisys juga lagi-lagi sudah mengungkapkan elemen kejutannya di trailer perdana yang akhirnya dianggap jelek oleh para penggemar. Di mana trailernya sudah mengisyaratkan sejak awal bahwa penyelamat umat manusia John Connor akhirnya akan diubah menjadi Terminator. Jika saja hal ini belum diketahui oleh penggemar sebelum melihat filmnya secara utuh, mungkin kejutan ini dapat membuat filmnya lebih berhasil dan disukai banyak penggemar.

Warcraft (2016)

Film Hollywood selanjutnya yang merugi karena punya trailer yang jelek adalah Warcraft. Meskipun film adaptasi yang sangat ambisius ini tidak berhasil menyampaikan cerita yang sesuai dengan materi aslinya, tetapi secara visual bisa dibilang film Warcraft yang disutradarai oleh Duncan Jones ini terbilang sangat fenomenal. Sayangnya, sejak trailernya dirilis, sudah banyak penggemar veteran yang menyatakan bahwa mereka tidak akan menonton versi live action-nya. Alasannya karena film bertema medieval ini malah menghadirkan trailer dengan lagu dubstep yang membuat orang malas menontonnya.

Ghostbuster (2016)

Film remake Ghostbuster yang dibintangi oleh Melissa McCarthy, Kristen Wiig, Kate McKinnon, Leslie Jones, dan Chris Hemsworth ini pada dasarnya sudah cukup menjual jika saja trailer filmnya lebih konsisten dan tidak jelek. Di mana pada awal trailernya kita sudah disuguhkan pada teks dan narasi bahwa film yang seharusnya reboot ini berlangsung 30 tahun setelah film Ghostbuster versi klasik. Dari sinilah para penggemar mulai bingung apakah kisah para Ghostbuster versi wanita ini merupakan versi reboot atau sekuel. Yang pada akhirnya membuat orang malas menonton bahkan sebelum filmnya tayang.

The Mummy (2017)

Saat pertama kali waralaba The Mummy akan di-reboot, banyak sekali penggemar yang berharap filmnya bisa berhasil. Apalagi pada saat itu film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini dimaksudkan untuk memulai jagat sinematik horor Dark Universe. Sayangnya ketika trailer film reboot ini dirilis, banyak penggemar yang justru menilai kualitas suaranya sangat jelek. Faktanya trailer penuh aksi yang memperlihatkan adegan epik Cruise dan juga berbagai elemen menarik di filmnya ini justru memang sengaja dihilangkan sebagian suaranya. Hal inilah yang lantas membuat orang kurang tertarik untuk menontonnya.

Cats (2019)

Cats sebenarnya adalah salah satu film bergenre drama musikal yang cukup ambisius jika dilihat dari anggaran dan juga efek visualnya. Di mana jajaran aktor dan aktrisnya dibuat seakan-akan terlihat seperti kucing sungguhan lengkap dengan bulu-bulu halusnya. Namun, saat trailer film Cats dirilis yang ada dipikiran para penggemar justru bukan tentang bagusnya efek visual yang dihadirkan, melainkan betapa jelek dan mengerikannya tampilan para aktor yang dibuat menyerupai kucing. Hal ini lantas membuat filmnya tidak berhasil, apalagi di luar negeri yang menganggapnya sebagai film horor.

Hellboy (2019)

Setelah lebih dari satu dekade berlalu dari film Hellboy garapan sutradara Guillermo del Toro, para sineas Hollywood termasuk sutradara Neil Marshall bersama Lionsgate pernah berusaha me-remake waralabanya dengan bintang Stranger Things David Harbour. Sayangnya saat trailer perdana dari film remake ini menampilkan adegan yang jelek, para penggemar langsung bisa menebak bahwa ada yang salah di dalamnya. Tidak sedikit di antara mereka yang justru malah berharap Ron Perlman bisa kembali mengulang perannya sebagai Hellboy, jauh sebelum film versi Harbour ini dirilis dan akhirnya gagal di bioskop.

Itulah sepuluh film yang pada akhirnya merugi karena disebabkan oleh trailer yang dianggap jelek dan tidak berhasil menarik perhatian banyak penonton. Dari semua pengalaman yang dialami oleh deretan film ini cukup jelas bahwa kualitas dari sebuah trailer adalah hal yang perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh jika ingin filmnya berhasil. Karena jika sembarangan atau ceroboh dalam membuat trailer, hal tersebut justru dapat membuat orang langsung kecewa bahkan ilfil sebelum melihat keseluruhan filmnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.