Ada banyak karakter anime populer yang muncul saat ini, namun ternyata para karakter tersebut ternyata terinspirasi dari sosok nyata. Karakter yang hadir dalam cerita anime merupakan salah satu hal yang penting, selain juga plot dan elemen lainnya. Semuanya saling berpadu satu sama lain dan yang mana kemudian akan menghasilkan sebuah anime yang menarik dan bahkan fenomenal.

Menciptakan sebuah karakter terkadang tidak kalah sulitnya dengan menciptakan sebuah cerita. Perlu dasar dan informasi yang kuat untuk kemudian menghadirkan sebuah karakter yang menarik. Namun, yang menarik adalah terkadang kreator anime tidak jarang terinspirasi dari sosok di dunia nyata untuk menciptakan sebuah karakter. Berikut adalah beberapa contoh karakter anime yang terinspirasi dari dunia nyata.

Viktor Nikoforov

Viktor merupakan salah satu karakter populer dalam cerita Yuri on Ice dan merupakan sebuah karakter yang kompleks. Dia adalah bentuk dari penggabungan dua karakter nyata yaitu seorang atlet sepatu es asal Russia, Evgeni Plushenko, dan juga seorang aktor John Cameron Mitchell. Tidak heran jika karakternya sangat populer dan jadi salah satu favorit para fans.

Kreator dari series animenya, Sayo Yamamoto Mitsurou Kubo, pernah menjelaskan jika karakter Viktor diadaptasi dari sosok Evgeni Plushenko untuk pencapaian dan juga perilaku dan sifat karakternya. Sedangkan, untuk penampilan dan kondisi fisiknya diadaptasi dari sang aktor. Dan hasil gabungan dari kedua karakter ini benar-benar sangat luar biasa.

Armored Titan

Siapa yang menyangka jika terdapat karakter dalam cerita Attack on Titan yang ternyata terinspirasi dari petarung gaya bebas. Ini merupakan series yang berkisah tentang perjuangan manusia yang bertahan dari serangan Titan. Namun, ada juga ternyata Titan yang bisa dikendalikan dan bahkan jadi senjata untuk menguasai dunia dan kelompok lainnya.

Ada total sembilan jenis Titan yang bisa dijadikan senjata atau dikendalikan oleh manusia, di mana salah satunya adalah Armored Titan. Yang menarik adalah Armored Titan ternyata terinspirasi dari sosok pegulat WWE dan sekaligus juga petarung UFC, yaitu Brock Lesnar. Kemiripannya bisa dilihat dari bentuk fisik seperti rambut, bagian perut, dan bentuk tubuh dan ototnya.

Gordon Agrippa

Dia adalah salah satu anggota dari kelompok Black Bull yang sangat ramah dalam cerita Black Clover. Agrippa diketahui memiliki cerita masa lalu yang cukup menyedihkan. Keluarganya mendapatkan kutukan di mana di dalam tubuhnya terdapat racun. Inilah alasan mengapa dia jarang berteman atau sangat jarang mengeluarkan suara keras. Hal tersebut dilakukan agar tidak meracuni yang lain.

Jika Geeks perhatikan secara penampilan, sosok Gordon Agrippa memiliki kemiripan dengan seorang penyanyi populer yaitu Maryln Manson. Hal ini bisa dilihat dari riasan di wajahnya, kemudian di kukunya, dan bahkan dia mengenakan lipstick serta perilakunya sangat mirip dengan Marlyn Manson. Hal ini karena karakternya memang terinspirasi dari sang penyanyi.

Coffee

Dalam salah satu episode yang berjudul ‘Mushroom Sambo’ di anime Cowboy Bebop, para fans kemudian diperkenalkan dengan sosok bounty hunter wanita bernama Coffee. Dalam episodenya, dia diperlihatkan sedang berburu targetnya, seorang petani jamur yang terlibat dalam urusan obat-obatan langka. Coffee kemudian tidak sengaja bertemu dengan Edward.

Awalnya, Coffee sendiri tidak tahu jika Edward juga adalah seorang bounty hunter. Namun, pada akhirnya, mereka pun kemudian sama-sama saling menyadari bahwa mereka adalah bounty hunter dan memutuskan untuk bekerja sama. Karakter Coffee sendiri terinspirasi dari karakter bernama Coffy, yang muncul dalam film dengan judul yang sama. Karakter ini diperankan oleh aktris Pam Grier.

Yoshikage Kira

Yoshikage Kira adalah salah satu karakter antagonis dalam bagian keempat dari anime Jojo’s Bizzare Adventure. Pada awalnya, Kira merupakan seorang pria biasa yang kemudian berubah menjadi seorang pembunuh berantai karena fantasi yang ada dalam dirinya. Meskipun begitu, hal berbeda diperlihatkan dalam kehidupannya di mana justru tidak ada konfrontasi atau resiko yang muncul dalam hidupnya.

Selain dari segi kehidupan dan cerita karakternya, Yoshikage Kira memiliki hal menarik lain dari penampilannya. Karakternya ternyata terinspirasi dari sosok pemusik legendaris yaitu David Bowie. Hal ini bisa dilihat dari gaya rambutnya dan juga tatapan mengerikannya yang mirip dengan sosok David Bowie. Kreatornya sendiri menegaskan jika hanya penampilannya saja dari Yoshikage Kira yang terinspirasi dari sosok David Bowie.

Rurouni Kenshin

Mungkin, sudah banyak dari Geeks yang tahu tentang fakta ini. Sosok karakter Rurouni Kenshin dalam cerita anime Samurai X karya Nobuhiro Watsuki ternyata terinspirasi dari sosok samurai dalam kisah nyata. Namanya adalah Kawakami Gensai, seorang samurai yang hidup di abad ke 19. Dia adalah sosok yang tetap berpegang teguh terhadap tugasnya sebagai samurai dan semua rekan-rekannya.

Cerita dari sosok Kawakami Gensai yang kemudian menginspiasi Watsuki untuk kemudian mengembangkan karakter Rurouni Kenshin dan menghadirkannya dalam berbagai cerita anime, film, dan manganya. Namun, cerita dari sosok Kenshin sendiri tidak dan bukan diadaptasi dari alur cerita Kawaki. Meskipun begitu, Kawakami dan Kenshin sama-sama memiliki latar belakang yang sama di mana mereka lebih setia terhadap rekan-rekannya dan “dibuang” oleh pihak Shogun setelah tugas mereka selesai.

Jiro Horikoshi

Jiro Horikoshi merupakan karakter utama yang muncul dalam salah satu film karya Hayao Miyazaki dari studio Ghibli yaitu The Wind Rises. Dalam film tersebut dijelaskan jika karakter fiksional ini merupakan kepala insinyur dari perusahaan pesawat tempur Jepang selama perang dunia kedua terjadi. Yang menarik adalah Hayao Miyazaki benar-benar “menghidupkan” karakternya.

Diketahui jika Jiro Horikoshi terinspirasi dari sosok nyata. Selain dari namanya yang sama, Hayao Miyazaki juga menghadirkan penampilan yang mirip dengan Jiro Horikoshi di dunia nyata. Misalnya, mereka sama-sama menggunakan kacamata berbentuk bundar. Meskipun nampak sangat mirip, berbagai elemen lainnya dari karakter di animenya merupakan hasil imajinasi dari Hayao Miyazaki sendiri.

Tentunya sangat menarik ketika kemudian mengetahui fakta jika beberapa karakter populer di dunia anime ternyata terinspirasi dari sosok nyata. Memang, bukan hal yang aneh jika kemudian anime terinspirasi dari dunia nyata. Namun, bagaimana kemudian beberapa karakternya terinspirasi dari sosok populer tentunya akan sangat berbeda dan luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.