Saat ini, banyak film-film besar yang mengandalkan CGI untuk menyempurnakan visual di dalamnya. Jika filmnya menggunakan CGI yang halus, maka itu akan membuat filmnya semakin baik. Tetapi bayangkan jika CGI yang ditampilkan kasar, yang membuat filmnya menampilkan visual yang buruk. Dan untuk mencegah CGI yang buruk, ada beberapa film yang justru menampilkan adegan yang dibuat tanpa CGI. Adegan-adegan ini dibuat menggunakan pratical effects sehingga membuatnya tampak natural. Apa saja adegan epik yang dibuat tanpa CGI? Simak berikut ini!

Truck yang Melayang – Thor – The Dark World

Mayoritas dari film-film superhero memang menggunakan CGI demi memaksimal visual yang ada. Dan itupun yang coba dilakukan oleh Marvel Studios dalam banyak filmnya. Tetapi ada sutradara MCU yang mencoba mengambil pendekatan praktis dan menghindari penggunaan CGI. Misalnya dengan apa yang dilakukan Alan Taylor dalam film Thor: The Dark World. Meski filmnya masih menggunakan banyak CGI, tetapi ada juga adegan yang dibuat menggunakan efek praktis. Misalnya adegan epik yang memperlihatkan sebuah truk semen berputar perlahan di udara. Ternyata adegan itu dibuat tanpa CGI. Truknya memang diputar secara mekanis menggunakan sebuah alat yang dikendalikan jarak jauh.

Batmobile vs Truk Sampah – The Dark Knight

The Dark Knight memang sangat fenomenal ketika filmnya dirilis. Disutradarai Christopher Nolan, film itu menampilkan Batman yang harus menghadapi Joker. Nah menariknya dalam salah satu adegan, kita melihat bagaimana truk sampah yang merupakan bagian dari konvoi Joker dihancurkan sepenuhnya oleh Batmobile. Adegan itu sama sekali tidak dibuat dengan menggunakan CGI, melainkan menggunakan mainan remote control yang didesain sedemikian rupa agar mirip seperti aslinya. Yap, Nolan menyuruh timnya membuat mainan remote control versi Batmobile dan truk sampah berukuran kecil. Dan tak lupa mereka juga membuat miniatur jalan Chicago, yang dijadikan setting lokasinya. Kedua mainan itu kemudian ditabrakan dengan kecepatan penuh, dan hasilnya bisa kalian lihat di filmnya.

Ledakan di New York – Independence Day

Film Independence Day menawarkan visual CGI yang luar biasa meski rilis di tahun 1996, meski di tahun tersebut teknologinya masih sangat terbatas. Bahkan visual film itu masih terasa relevan ketika disaksikan sekarang. Tetapi ternyata ada sebuah adegan ikonik dalam filmnya yang tidak menggunakan CGI sama sekali. Adegan itu memperlihatkan ketika pesawat alien yang melayang di atas Amerika Serikat mengirimkan semacam bola api yang terbang melewati jalan-jalan di New York, dan bola itu terus bergulir dan menelan semua yang ada di jalurnya. Ternyata untuk membuat adegan itu, tim efek berusaha membuat miniatur kota, dan mereka menggunakan kembang api sungguhan dan memanfaatkan teknik pengambilan gambar khusus, agar terlihat seperti nyata. Pengambilan itu kabarnya membutuhkan usaha selama berbulan-bulan.

Dinosaurus Raptors – Jurassic Park

Meski rilis di tahun 1993, tetapi Jurassic Park menawarkan visual yang luar biasa di tahun tersebut. Menariknya, sebagian besar adegan di film itu dibuat tanpa CGI. Sebuah studio bernama Stan Winston Studio ditunjuk untuk membuat serangkaian boneka mirip Raptor (dinosaurus) seukuran manusia yang dikendalikan menggunakan kabel. Dan di dalam boneka tersebut ada seorang pria/aktor yang menggerakannya juga yaitu John Rosengrant. Mereka sangat memperhatikan detail, dan membuat dinosaurus itu bisa bergerak secara dinamis dan akurat. Rosengrant pun menghabiskan waktu bermingu-mingu untuk berlatih sebagai “pemeran” Raptor itu.

Para Hobbit – Lord of the Rings

Trilogi Lord of the Rings memang menggunakan banyak CGI untuk menyempurnakan banyak visual filmnya. Tetapi ada juga beberapa bagian dari filmnya yang justru dibuat tanpa CGI melainkan menggunakan tipuan mata. Misalnya adegan yang memperlihatkan para Hobbit yang memunggungi kamera. Ternyata adegan itu tidak menggunakan CGI melainkan timnya menyuruh anak-anak menggunakan wig dan kaki berbulu palsu untuk digunakan. Selain itu banyak adegan lainnya yang dibuat tanpa CGI, misalnya ketika Frodo dan Gandalf duduk berhadapan-hadapan di sebuah meja. Elijah Wood dan Ian McKellen sebenarnya duduk di meja yang berbeda, satu dengan makanan minuman yang disiapkan dengan ukuran biasa untuk penyihir, dan satunya lagi makanan dan minuman yang diperbesar untuk hobbit, dan mereka hanya menggunakan sudut pengambilan gambar yang sempurna agar terlihat seperti satu.

Lorong Berputar – Inception

Lagi-lagi film garapan Christopher Nolan masuk dalam daftar ini. Dalam film Inception, ada sebuah adegan yang memperlihatkan sebuah lorong hotel yang berputar, di mana para karakter dalam filmnya bertarung dan berusaha bertahan ditengah perputaran ruangan di filmnya. Ternyata Geeks, adegan itu dibuat tanpa CGI sama sekali. Nolan sendiri memerintahkan timnya untuk membuat replika lorong hotel yang dapat diputar 360 derajat. Mereka melakukan semua itu di dalam sebuah hanggar pesawat, tempat yang sama digunakan Nolan untuk membuat set untuk film Batman Begins dan The Dark Knight. Joseph Gordon-Levitt berlatih dengan pemeran lainnya selama dua minggu untuk pengambilan gambar adegan itu.

Adegan The Faun – Pan’s Labyrinth

Guillermo Del Toro juga tak ingin ketinggalan membuat sebuah adegan epik tanpa CGI. dalam film Pans Labyrinth, dia membuat adegan yang fenomenal. Untuk bisa menghidupkan karakter Faun, makhluk labirin itu diperankan oleh Doug Jones yang harus berdandan selama lima jam setiap hari ketika akan memulai syuting. Nah menariknya, setiap adegan yang memperlihatkan kemunculan Faun sama sekali tidak menggunakan CGI. Mereka hanya menggunakan busa lateks untuk menyempurnakan kostum Faun yang kompleks. Bahkan Doug Jones harus menggunakan tanduk buatan seberat sepuluh pon. Ini juga menjadi kecerdikan dari David Marti yang menjadi Effect Artist di filmnya, sehingga membuat penonton menyaksikan Faun sebagai karakter yang dibuat menggunakan CGI. Padahal tidak.

Itulah beberapa adegan epik yang sebenarnya dibuat tanpa menggunakan CGI. Dan karena tanpa menggunakan CGI itulah adegannya menjadi tampak sangat nyata dan membuat banyak penonton yang tidak menyadarinya. Di antara adegan di atas, mana yang paling berkenang Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/