Untuk menemani perjalanan mudik lebaran yang panjang, Geeks mungkin bisa mencoba memainkan beberapa game mobile terbaik agar perjalanan menjadi tidak terlalu terasa. Hanya tinggal beberapa hari kedepan momen Idul Fitri 1444 Hijriah akan dilaksanakan. Dan setiap kali tradisi lebaran dilakukan selalu ada momen mudik atau pulang ke kampung halaman atau sanak saudara.

Dengan adanya tradisi ini, tidak mengherankan jika kemudian arus lalu lintas akan menjadi sangat padat. Belum lagi durasi perjalanan yang mungkin memakan waktu yang lama akan membuat banyak Geeks bosan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan agar tidak bosan adalah dengan bermain game. Terdapat beberapa rekomendasi game mobile yang bisa menemani perjalanan mudik.

Pokemon Go

Game mobile yang bisa menemani perjalanan mudik pertama adalah Pokemon Go. Game mobile besutan Niantic ini adalah salah satu game yang populer di dunia, termasuk Indonesia. Misinya adalah menangkap para Pokemon yang ada di sekitar kalian. Game ini membutuhkan momen penggunanya untuk berjalan atau pergi ke suatu tempat tertentu. Tujuannya tentu untuk berburu dan mendapatkan Pokemon.

Selain itu, para pemain juga butuh berjalan untuk menemukan Gym dan fasilitas lain. Dengan posisi Geeks berada dalam kendaraan, tentunya ini akan lebih mudah untuk kemudian pergi tempat lain meskipun mungkin tidak sesuai dengan keinginan kita. Di sisi lain, bisa jadi di sepanjang perjalanan Geeks bisa menemukan berbagai Pokemon langka yang sulit ditemukan di tempat biasa.

eFootball

Buat Geeks yang senang dengan permainan sepak bola, khususnya game Pro Evolution Soccer, tentunya perlu untuk mencoba dan memainkan game eFootball. Pada dasarnya, game mobile ini memang seengaja didesain sama dengan versi PC atau konsol. Namun, ada beberapa fitur yang kemudian dibedakan. Misalnya, masing-masing manager memiliki formasi yang berbeda.

Kemudian, untuk membeli pemain Geeks tidak bisa mendapatkannya begitu saja. Ada sistem Gacha yang tersedia untuk mendapatkan para pemain tersebut, mulai dari pemain legendaris atau bahkan pemain biasa. Beberapa mode permainan juga bisa dicoba dan gameplay yang dihadirkan pun sangat menarik. Geeks bisa juga mengikuti turnamen atau kompetisi yang disediakan atau beradu dengan tim lain secara online.

Minecraft

Salah satu game populer di dunia yang awalnya khusus dibuat untuk platform PC. Rasanya, semua Geeks juga sudah tidak asing dengan game ini di mana pemainnya bisa menjalankan misi atau sekedar melakukan hal-hal menyenangkan seperti membangun rumah, menggali terowongan, mengeksplor sekitar, dan sebagainya. Momen untuk membangun sesuatu bisa jadi salah satu cara efektif untuk menghabiskan waktu di perjalanan sehingga semuanya jadi tidak terasa.

Racing Simulator

Para pengembang game dengan genre racing atau balapan ternyata tidak ingin juga ketinggalan tren. Ada beberapa game mobile racing atau balap yang bisa Geeks coba untuk menemani mudik misalnya Asphalt 9: Legends. Game balap ini menyuguhkan grafis yang luar biasa dan berbagai fitur-fitur menarik yang bisa dipilih dan dimainkan. Banyak juga sportscar yang bisa dimainkan dalam gamenya seperti Ferrari, Lamborghini, dan sebagainya.

Game balap lainnya yang bisa juga dicoba adalah Real Racing 3. Game besutan dari EA ini mirip seperti game Forza Motorsport atau Gran Turismo. Bahkan, game ini berhasil mendapatkan perhargaan serta memberikan perubahan besar bagi game balap. Untuk yang versi offline, mungkin bisa mencoba game Traffic Rider, Traffic Racer, CarX Highway, atau bahkan game klasik Hill Climb Racing.

Fruit Ninja

Salah satu game klasik mobile yang muncul di awal-awal kehadiran sistem gawai. Seperti yang geeks ketahui, Fruit Ninja adalah sebuah game offline yang membuat pemainnya perlu memotong buah-buahan yang terlempar ke udara. Meskipun pada awalnya nampak mudah, namun tantangan akan semakin berat seiring berjalannya waktu. Selain buah-buahan, terdapat juga bom dan benda lain yang bisa mengurangi poin jika salah memotong. Keseruan momen untuk memainkan game ini bisa mengalihkan perhatian Geeks dalam perjalanan mudik yang panjang.

Puzzle Games

Ingin mengasah otak di sela-sela perjalanan mudik lebaran? Maka, Geeks bisa mencoba jenis Puzzle Games. Terdapat dua versi Puzzle Games yang bisa dipilih yaitu online dan offline. Untuk pilihan online, Geeks bisa memainkan game Tetris. Selain bisa bermain sendiri, Geeks juga bisa berkompetisi dengan para pemain lainnya secara offline. Sedangkan, untuk pilihan offline ada banyak.

Selain Tetris, ada juga game mobile klasik lain yang populer yaitu Candy Crush. Puzzle Games ini memerlukan Geeks untuk menyamakan warna benda yang ada untuk menyelesaikan misi yang ada. Berbagai game menarik lainnya adalah Two Dots, Jewelry Blaze, TTS, Tebak Kata, dan Quiz Logo. Dengan memainkan Puzzle Games tentunya otak Geeks akan tetap terasah selama perjalanan mudik.

Player Unknown’s Battlegroud

Pasca kesuksesan di platform PC, perusahaan Tencent kemudian merilis game PUBG Mobile pada 2018. Game bertema battle royale ini benar-benar sukses di pasaran, di mana kesuksesannya sama dengan versi PC. PUBG Mobile membuat para pemain untuk bisa bertahan di sebuah map dari serangan para pemain lain. Mereka yang bertahan paling akhir adalah juaranya.

Meskipun PUBG Mobile pada awalnya hanya menghadirkan mode battle royale, namun pada beberapa tahun kemarin pihak Tencent akhirnya menambahkan beberapa mode permainan lainnya. Misalnya, mode multiplayer seperti team deathmatch. Geeks juga bisa memainkan game ini bersama teman-teman lainnya yang tentu akan menambah keseruan dalam permainannya.

Call Of Duty Mobile

Diadaptasi dari sebuah franchise populer, Call of Duty, perusahaan Timi Studios kemudian membawa apa yang dihadirkan dalam versi PC dalam versi game mobile. Berbagai mode yang jadi ciri khas gamenya, seperti bom mission, domination, hardpoint, dihadirkan juga dalam game Call of Duty Mobile. Namun, ada juga berbagai mode baru yang kemudian diperkenalkan seperti battle royale, frontline, dan free-for-all.

Bahkan, ada juga beberpa mode spesial yang dihadirkan dalam gamenya seperti mode zombies atau prop hunt. Dengan banyaknya mode permainan yang bisa dipilih tentunya membuat Geeks tidak akan bosan selama perjalanan mudik. Dalam game ini juga menyediakan sistem gacha di mana Geeks bisa mendapatkan senjata yang unik dan juga epik.

Genshin Impact

Buat Geeks penggemar game RPG mungkin tidak asing dengan game Genshin Impact. Game besutan dari Mihoyo ini masih belum tergeserkan sebagai salah satu game RPG paling populer. Dengan adanya misi harian, misi pribadi, atau hal-hal yang membuat Geeks harus berpetualang di seluruh map yang ada membuat perjalanan mudik tidak akan terasa panjang dan melelahkan.

Belum lagi, Geeks bisa melakukan berbagai hal seperti crafting atau membuat sesuatu agar status karakter kalian bisa meningkat. Hal itu tentunya memerlukan material yang juga harus dicari di berbagai sudut map yang ada. Dan yang paling utama tentunya adalah menaikan level dari karakternya. Menjalankan misi untuk menaikan level karakter atau menikan status karakter bisa jadi hal yang dilakukan selama perjalanan mudik lebaran.

Mobile Legends: Bang Bang

Game yang paling populer dan paling banyak dimainkan di Indonesia. Hampir semua kalangan memainkan game produksi Moonton ini. Mobile Legends: Bang Bang merupakan game mobile yang masuk genre multiplayer online battle arena. Dengan jumlah 10 pemain yang dibagi ke dalam dua tim, Geeks akan saling beradu satu sama lain dengan memanfaatkan hero atau karakter yang sudah dipilih.

Game MLBB ini sendiri mirip seperti game yang sudah populer sebelumnya, yaitu Dota atau League of Legends. Namun, karena gamenya dimainkan di mobile maka seluruh sistemnya dibuat sesimpel dan semudah mungkin untuk digunakan. Belum lagi, durasi permainan sendiri bisa tergantung dari seberapa intens pertempuran di gamenya. Yang jelas MLBB bisa jadi salah satu pilihan game mobile untuk menemani mudik.

Bermain game bisa jadi aktifitas yang dilakukan oleh Geeks ketika dalam perjalanan mudik lebaran. Dengan begitu, waktu perjalanan tidak akan terasa lama. Beberapa poin di atas adalah contoh game mobile terbaik yang bisa Geeks mainkan selama mudik lebaran. Apakah game tersebut sudah ada di smartphone kalian?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.