Idul Fitri atau Lebaran adalah salah satu momen yang tidak hanya berharga bagi umat Muslim di tanah air saja, tetapi juga bagi seluruh warga Indonesia. Karena pada momen ini hampir semua lini akan merasakan berkahnya, termasuk cuti bersama yang cukup panjang. Di mana momen lebaran tersebut tidak jarang diisi dengan kegiatan rekreasi atau liburan keluarga, salah satunya dengan menonton film Indonesia di bioskop.

Nah yang lebih menariknya lagi, belum lama ini banyak komunitas film termasuk Demi Film Indonesia (DFI) yang mengimbau bioskop dalam negeri untuk menayangkan lebih banyak film Indonesia selama 14 hari pada masa liburan nanti. Terlepas dari implementasinya seperti apa, berikut ini berbagai film Indonesia yang mendukung gagasan tersebut dan dipastikan akan tayang di bioskop pada masa libur Lebaran 2023!

Buya Hamka

Siapa yang tidak mengenal Buya Hamka? Tokoh ulama sekaligus sastrawan legendaris Indonesia ini terkenal juga sebagai novelis yang telah merilis judul populer termasuk Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal van der Wijck, dan Merantau ke Deli. Nah kisah perjalanan hidupnya dari kecil hingga dewasa akan diceritakan ulang melalui film drama biopik garapan sutradara Fajar Bustomi yang berjudul Buya Hamka.

Karakter Hamka sendiri akan dimainkan oleh aktor Vino G. Bastian, bersama sederet bintang papan atas lainnya, seperti Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Mawar de Jongh, Mathias Muchus, Ayudia Bing Slamet, dan Ben Kasyafani. Banyak yang merasa yakin bahwa penayangan film yang telah menelan anggaran 23 miliar ini akan sangat sukses. Jika kalian termasuk salah satunya yang ingin menyukseskan penayangannya, film Buya Hamka sudah bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai libur Lebaran besok pada tanggal 20 April.

Jin & Jun

Jika kalian anak 1990-an mungkin kalian sudah tidak asing dengan serial televisi Jin dan Jun yang dibintangi oleh Syahrul Gunawan. Sekarang setelah lebih dari dua dekade berlalu serialnya kembali dibangkitkan dengan sebuah film reboot berjudul Jin & Jun yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film Indonesia yang mengusung genre fantasi dan komedi ini akan ditayangkan mulai tanggal 20 April untuk mengisi musim Lebaran 2023.

Secara garis besar film Jin & Jun ini masih menghadirkan premis yang sama, di mana seorang pemuda korban perundungan bernama Jun (Rey Bong) tidak sengaja menemukan botol mistis yang mengeluarkan Jin (Dwi Sasono). Bedanya di film ini Jun dihadapkan pada konsekuensi yang harus dia bayar setelah semua permintaannya dikabulkan oleh Jin yang dandanannya seperti anak band metal.

Khanzab

Sama seperti pendahulunya yang berjudul Makmum 1 dan 2, Khanzab adalah film spinoff bergenre horor, yang akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada masa libur lebaran terhitung mulai tanggal 20 April besok. Film yang juga disutradarai oleh Anggy Umbara ini dibintangi oleh sejumlah aktor bebakat, seperti Tika Bravani, Yasamin Jasem, Arswendy Beningswara, Munggaran Meldrat, Fuad Idris, Vonny Anggraini, Badriyah Afiff, Sheryl Drisanna, Sabian Liza, dan masih banyak lagi.

Film Khanzab sendiri berfokus pada karakter Rahayu (Tika) dan adiknya (Yasamin) yang trauma karena melihat ayahnya sendiri dipenggal karena dituduh dukun santet. Ketika Rahayu dan keluarganya ingin hidup tenang di kampungnya, mereka justru dikucilkan karena dianggap keluarga dukun. Yang lebih parahnya lagi, ketika Rahayu mencari ketenangan lewat shalat, dia justru digoda oleh setan pengganggu ibadah yang disebut Khanzab.

Sewu Dino

Satu lagi film horor Indonesia yang tayang pada musim libur Lebaran adalah Sewu Dino. Dalam bahasa Jawa, sewu dino artinya adalah seribu hari, hal ini selaras dengan plot filmnya yang bercerita tentang ancaman santet yang harus ditebus dengan ritual selama 1.000 hari jika ingin selamat. Film garapan sutradara Kimo Stamboel ini dibintangi oleh sejumlah aktor berbakat, seperti Mikha Tambayong, Rio Dewanto, Givina, Agla Artalidia, Karina Suwandi, Gisellma Firmansyah, Marthino Lio, dan Pritt Timothy. Jika kalian pecinta horor, film ini cukup layak untuk kalian saksikan bersama keluarga dan orang terdekat.

Itulah berbagai film Indonesia yang dipastikan akan tayang pada momen libur Lebaran tahun ini. Dari semua film ini ada ragam pilihan yang bisa kalian tonton di seluruh bioskop Indonesia, baik bersama keluarga di kampung atau mengisi waktu liburan di kota bersama orang tercinta. Jika kalian suka film biopik maka Buya Hamka adalah pilihan terbaik, dan jika kalian ingin melihat film yang penuh Nostalgia, Jin & Jun bisa menjadi opsi. Sedangkan Khanzab dan Sewu Dino dapat membuat liburan kalian terasa lebih unik juga. Yang jelas semua film Indonesia ini sudah bisa kalian saksikan mulai hari Kamis besok ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.