Meskipun anime adalah satu industri besar yang banyak digandrungi, namun kenyataanya ada juga beberapa judul anime menakutkan yang dilarang tayang atau dibanned di berbagai negara. Anime merupakan salah satu industri besar yang cukup banyak menghadirkan berbagai genre. Aksi, romansa, drama, bahkan horor semua jenis genre anime bisa Geeks saksikan saat ini.

Berbicara mengenai anime horor dan mengerikan terdapat beberapa anime yang memang berhasil menyuguhkan cerita mereka. Ada juga yang menyuguhkan visual yang apik dan luar biasa yang membuat berbagai anime horor tersebut populer. Namun, dari sekian banyak judul anime horor yang ada beberapa diantaranya dianggap sangat menakutkan dan bahkan dibanned di berbagai negara. Apa saja?

Petshop Of Horror

Di sebuah wilayah pecinan terdapat sebuah toko hewan peliharaan yang aneh di mana mereka menjual berbagai hewan peliharaan langka. Pemiliknya, Count D, adalah sosok yang menarik. Dia akan menawarkan kontrak dengan para pembelinya setiap mereka membeli hewan peliharaan tersebut. Namun, tanpa disadari kontrak tersebut justru membawa petaka bagi para pembelinya.

Mereka yang menjadi pembeli di toko hewan tersebut justru diberitakan tewas secara misterius. Hal ini diketahui setelah polisi meneliti seluruh kasus kematian yang terjadi di kota tersebut. Seorang detektif pun mencoba memecahkan kasus ini. Banyak adegan-adegan kekerasan yang dihadirkan dalam animenya yang mana mungkin akan membuat Geeks sedikit terganggu.

Blue Gender

Sang protagonis, Yuji, didiagnosa mengalami penyakit serius dan harus dibekukan sejak dua puluh tahun lalu. Namun, ketika dia tersadar, kondisi bumi nampak berbeda di mana manusia kalah perang melawan pasukan alien serangga raksasa bernama Blue. Yuji kemudian dibawa ke bumi yang lain. Namun, dia kemudian menemukan fakta mengejutkan di sana.

Ternyata, Yuji menemukan ada manusia lain yang seperti dia. Dan ironisnya, orang-orang seperti Yuji tersebut yang kemudian dikorbankan untuk menghadapi para Blue. Alur cerita yang intens dan mengintimidasi menjadi suguhan utama dari animenya. Musiknya juga mendukung suasana yang kelam dan mengerikan. Beberapa adegan dianggap terlalu ekstrem yang bahkan harus disensor.

Texhnolyze

Di sebuah kota bawah tanah bernama Lux yang sistemnya sudah hancur lebur, tiga faksi coba untuk meraih kendali atas kota tersebut. Ichise adalah salah satu karakter yang coba ikut berjuang dalam pertempuran tersebut. Sayangnya, dalam pertempuran tersebut dia harus kehilangan anggota tubuhnya. Seorang ilmuwan kemudian menemukannya dan kemudian menjadikannya subyek penelitian bernama Texhnolyze.

Ilmuwan tersebut memberikan lengan dan kaki buatan terhadap Ichise yang mana sangat kuat yang membuatnya menjadi pemimpin salah satu faksi. Dan ternyata dialah yang mampu menyelamatkan Lux. Anime ini memang lebih banyak menghadirkan adegan-adegan yang memilukan atau penuh depresi. Namun, tidak jarang juga adegan kekerasan ekstrem muncul dalam anime ini.

Lily C.A.T

Di sebuah dunia masa depan, banyak perusahaan yang berusaha untuk menjadi sumber tambang baru di berbagai planet yang ada. Salah satu perusahaan kemudian mengirimkan tim untuk mengeksplorasi berbagai planet baru. Salah satu anggota di tim tersebut adalah seekor kucing bernama Lily. Dalam perjalanannya, mereka kemudian menghadapi banyak rintangan, termasuk wabah yang mematikan.

Bakteri yang menggerogoti tubuh tim tersebut kemudian berubah wujud menjadi sosok korbannya. Namun, ternyata, sosok Lily yang bertanggung jawab atas semua wabah tersebut. Anime ini dianggap sebagai salah satu anime klasik yang banyak menginspirasi film-film fiksi ilmiah besar. Adegan yang menakutkan dan mengerikan serta berbagai aksi penuh darah membuat anime ini tidak cocok untuk anak-anak dan dibanned di berbagai negara.

Perfect Blue

Mima adalah seorang penyanyi sukses di mana sang manager kemudian menyarannya untuk mencoba peruntungan di industri televisi. Namun, ketika karirnya mulai memuncak, seorang pemuja dari band tempat awal dia meniti karir mulai melayangkan ancaman. Selain itu, dia juga menemukan fakta siapa pun yang mendukungnya untuk memulai karir baru akan dihabisi nyawanya.

Selain adegan mengerikan, Perfect Blue ini menghadirkan nuansa horor yang kental serta elemen psikologis yang luar biasa. Buat Geeks yang gemar dengan genre thriller mungkin akan senang dan terhibur dengan alur ceritanya. Banyak juga adegan-adegan kontroversial yang dihadirkan di anime ini. Meskipun begitu, sebagian fans juga mengapresiasi dari anime klasik dan epik ini.

Serial Experiment Lain

Seorang gadis bernama Chisa diketahui mengakhiri hidupnya. Namun, anehnya teman sekelasnya justru mendapatkan pesan dari Chisa. Hal tersebut membuat karakter bernama Lain menjadi perbincangan seluruh sekolahnya, di mana dia berkomunikasi dengan gadis yang sudah tewas. Chisa sendiri kemudian mengatakan bahwa dia tidak lagi membutuhkan tubuhnya, karena dia berada di alam virtual.

MV5-BYWY1-MWJj-ODYt-Mjk5-Yy00-OGY3-LWFj-Njct-Mj-Jl-MDBi-Mm-I0-ODk1-Xk-Ey-Xk-Fqc-Gde-QXVy-NTAy-ODkw-O

Lain sendiri kemudian tertarik dengan apa yang Chisa lakukan. Menurutnya, dia ada di sebuah dunia bernama The Wired. Anime ini memang tidak banyak menghadirkan momen aksi atau adegan yang berdarah-darah. Namun, momen penuh depresi dan dilema yang dihadirkan dalam ceritanya seolah memberikan gambaran apa yang dihadapi oleh orang-orang kebanyakan. Ini juga jadi salah satu alasan mengapa animenya dilarang tayang di berbagai negara.

Yamishibai: Japanese Ghost Stories

Series anime horror populer ini memang menghadirkan berbagai cerita hantu dan legenda urban. Dalam ceritanya, seorang kakek tua akan muncul di sebuah taman bermain dan dia akan mulai menceritakan berbagai kisah horor berdasarkan mitos dan cerita rakyat lain. Di musim ketiganya, peran kakek tua tersebut kemudian digantikan oleh karakter lain dengan sosok yang lebih muda.

Berbagai kisah yang dihadirkan tersebut benar-benar sangat mengerikan yang mampu membuat bulu kuduk berdiri. Durasinya sendiri tidak panjang, hanya sekitar lima menit. Namun, masing-masing episode menghadirkan cerita yang berbeda. Cerita yang dihadirkan dalam series animenya bisa dikatakan benar-benar menakutkan di mana banyak adegan pembunuhan dan kekerasan yang membuat series anime ini dilarang tayang alias dibanned dan harus disensor.

Shoujo Tsubaki

Dari semua anime yang dilarang tayang dalam daftar ini, mungkin Shoujo Tsubaki adalah judul anime yang paling kontroversial dan paling masuk akal dengan pelarangannya. Bahkan, anime menakutkan ini bukan hanya dibanned di seluruh dunia melainkan juga di negara asalnya. Animenya sendiri berkisah tentang seorang anak kecil yang mengalami kesulitan hidup sehingga dia terpaksa menerima tawaran seorang pria yang bekerja di sebuah pertunjukan sirkus.

Hal mengerikan kemudian harus terjadi kepada anak perempuan tersebut. Setelah berhasil merayu sang anak, pria itu kemudian merudapaksa gadis tersebut. Dia bahkan menyiksa dan melakukan berbagai tindakan kekerasan yang mengerikan. Banyak pihak jika adegan yang dihadirkan terlalu mengerikan untuk disaksikan. Selain dibanned, orang-orang bahkan menghancurkan anime tersebut akibat trauma yang dihadirkan.

Berbagai anime horror dan mengerikan di atas memang menyuguhkan elemen-elemen yang menarik apalagi jika Geeks memang menyukai genre tersebut. Namun, beberapa judul tersebut harus dilarang tayang karena berbagai hal. Misalnya banyak adegan kekerasan, adegan ekstrem penuh darah, dan sebagainya. Mungkin, tidak semua judul anime memang cocok untuk disaksikan semua kalangan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.