The Super Mario Bros Movie adalah film teranyar dari Illumination dan Nintendo yang saat ini tengah tayang di bioskop. Selain menghadirkan gaya animasi yang ciamik, filmnya juga dimeriahkan oleh sejumlah bintang ternama, termasuk Chris Pratt, Anya Taylor-Joy, Jack Black, dan Seth Rogen. Yang lebih menariknya lagi, walaupun penayangannya belum genap satu minggu, film garapan sutradara Aaron Horvath dan Michael Jelenic ini dilaporkan telah cetak rekor baru sebagai film animasi dengan pendapatan terbesar pada saat pembukaan.

Ada banyak alasan mengapa film baru Super Mario Bros ini berhasil menjadi nomor 1 di kelasnya. Misalnya karena animasinya digarap dengan serius oleh Illumination yang sebelumnya terkenal dengan waralaba film seperti Despicable Me dan Minions. Kemudian pemasarannya juga terbilang tidak main-main, hal tersebut terbukti dari kualitas trailer dan juga deretan poster yang berhasil menarik perhatian banyak penggemar. Terlebih lagi tidak lama setelah filmnya tayang perdana, para kritikus dan penonton yang telah melihatnya sepakat untuk memberikan rating ‘segar’ di Rotten Tomatoes.

Dengan kualitas, promosi, dan respons yang baik ini cukup masuk akal jika akhirnya Super Mario Bros menjadi film animasi dengan pembukaan terbesar sepanjang sejarah Hollywood. Dilansir dari People, hanya dengan waktu kurang dari satu minggu pendapatan filmnya sudah mencapai 377 juta dolar Amerika atau sekitar 5,6 triliun rupiah dari seluruh dunia. Rekor ini bahkan telah menyalip film adaptasi game lainnya seperti Sonic the Hedgehog 2 dan film sebesar Ant-Man and the Wasp Quantumania.

Sebagai pembanding, sebelumnya Variety sempat melaporkan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk membuat film animasi yang cukup ambisius ini adalah sebesar 100 juta dolar Amerika. Artinya sekarang pendapatannya sudah hampir empat kali lipat dari anggaran dan masih akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Bukan tidak mungkin perndapatan pada minggu pertama penayangannya bisa mencapai 500 juta dolar.

Dengan rekor seperti ini biasanya sebuah waralaba film Hollywood akan memanfaatkan momentum untuk melahirkan film lainnya, entah itu sekuel atau spinoff. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari Nintendo dan Illumination, bukan tidak mungkin ke depannya kita akan mendapatkan sekuel film Super Mario Bros dan bahkan spinoff yang berfokus pada karakter lain di filmnya. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan kabarnya ya, Geeks. Bagi yang belum nonton, saat ini filmnya bisa kalian saksikan di bioskop terdekat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.