Dalam beberapa judul film terdapat momen atau adegan yang sangat ikonik yang mana ternyata adegan tersebut di luar naskah atau tidak tercatat dalam naskah adegan. Membuat atau menghasilkan sebuah film yang luar biasa merupakan sesuatu yang tercipta karena kerja keras, akting yang luar biasa, editing, pemilihan musik, dan tentunya penulisan naskah yang rapih dan baik.

Banyak film yang memiliki adegan-adegan epik yang dikenang oleh para penontonnya. Hal ini karena adegan tersebut memang sudah direncanakan sedemikian rupa. Namun, ternyata, disadari atau tidak ternyata ada beberapa adegan ikonik dalam sebuah film yang faktanya hal tersebut berada di luar naskah. Dengan kata lain, adegan ikonik tersebut tidak direncanakan sebelumnya. Apa saja?

Adegan Kotak Perhiasan – Pretty Woman

Pretty Woman merupakan salah satu film fenomenal dan ikonik yang dibintangi oleh Richard Gere dan Julia Roberts. Peran mereka di film ini dianggap sebagai batu loncatan yang luar biasa bagi kedua aktor. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang pebisnis bernama Edward yang jatuh cinta terhadap seorang pekerja prostitusi di kawasan Hollywood bernama Viviene.

Banyak adegan yang tidak terlupakan dari film romantis tidak biasa ini, yang membuat banyak fans terkesima. Salah satunya adalah momen ketika Edward tiba-tiba menutup kotak perhiasan yang ada di tangan Viviene. Ternyata, adegan tersebut tidak direncanakan sebelumnya yang mana reaksi yang diperlihatkan oleh Julia Roberts benar-benar nyata dan hal tersebut akhirnya dihadirkan dalam filmnya.

Mencabut Bulu Dada – The 40-Year-Old Virgin

Nama Steve Carell memang tidak perlu lagi diragukan untuk tampil dalam berbagai film komedi. Dia dikenal sebagai salah satu aktor yang berperan di sebuah sitkom The Office serta menjadi pengisi suara dari Gru. Steve juga pernah bermain di film komedi Bruce Almighty bersama Jim Carrey dan juga bermain di film The 40-Year-Old Virgin bersama aktor lainnya, Judd Apatow dan Paul Rudd.

Dalam film tersebut terdapat sebuah momen yang benar-benar menyakitkan bagi Steve yaitu ketika adegan bulu dadanya dicabut dengan menggunakan lilin (waxing). Menurut penuturan Judd Apatow, teriakan dan rasa sakit yang diperlihatkan dalam filmnya benar-benar nyata karena bulu dada Steve saat itu benar-benar dicabut. Ternyata sosok cast wanita yang melakukan waxing tersebut berbohong tentang keahliannya yang membuat Steve akhirnya harus merasakan kesakitan yang luar biasa.

Adegan Johnny Di Kamar Mandi – The Shining

The Shining menjadi salah satu film horor terbaik yang dibuat oleh Stanley Kubrick sampai saat ini. Salah satu adegan yang diimprovisasi dalam filmnya ternyata turut membantu kesuksesan dari film tersebut. The Shining berfokus pada sebuah keluarga yang memutuskan untuk menghabiskan musim dingin mereka di sebuah hotel terpencil. Namun, hal itu membuat Johnny tiba-tiba berubah menjadi gila dan mengerikan.

Dia berubah menjadi sosok pembunuh berdarah dingin dengan banyak adegan aneh dan menyeramkan muncul di hotel tersebut. Yang menarik adalah terdapat satu momen di mana Johnny mengejar istrinya, Wendy, sampai ke kamar mandi. Dan di sana, Johnny menghancurkan pintu dengan sebuah kapak. Kemudian, wajahnya muncul dari lubang yang ada sambil mengucapkan, “Here’s Johnny” atau “Johnny Di sini.” Ternyata adegan tersebut dilakukan secara spontan oleh Jack Nicholson dan terinspirasi dari acara The Tonight Show Starring Johnny Carson. Bahkan, adegan spontan ini hampir saja tidak masuk adegan final saat editing.

Adegan Menghancurkan Gelas – Django Unchained

Bersetting di tahun 1858, film garapan Quentin Tarantino yaitu Django Unchained berfokus pada seorang budak yang berhasil dibebaskan dan dilindungi oleh pemburu bounty asal Jerman. Pemburu tersebut memiliki misi untuk menemukan istrinya yang sudah lama menghilang. Film ini sempat memunculkan kontroversi, meskipun pada akhirnya tetap banyak mendapatkan tanggapan positif.

Selain Jamie Foxx, Leonardo DiCaprio juga adalah aktor yang berperan di film ini. Dan berbicara mengenai DiCaprio terdapat sebuah kecelakaan yang pada akhirnya justru jadi salah satu adegan ikonik di filmnya. Dalam sebuah adegan makan malam, terdapat momen yang membuat DiCaprio harus menggebrak meja dan akhirnya menghancurkan gelas yang ada di meja tersebut. Efeknya, lengannya terluka sampai mengeluarkan darah. Yang menarik, bukannya menghentikan proses pengambilan gambar justru DiCaprio melanjutkan berakting yang hasilnya sangat luar biasa.

Lelucon Dwayne Johnson – Fast & Furious 6

Franchise Fast and Furious dikenal sebagai sebuah franchise yang penuh dengan aksi dan kebut-kebutan. Namun, hal ini bergeser semenjak diperkenalkannya sosok Luke Hobbs di mana franchisenya mulai banyak menghadirkan adegan mata-mata, kontak senjata, dan sebagainya. Meskipun begitu, yang menarik adalah Luke Hobbs memiliki koneksi yang cukup dekat dengan keluarga dan kru Dom. Saking dekatnya, dia menghadirkan sebuah lelucon yang ditujukan kepada salah satu krunya yaitu Roman Pearce.

Di akhir film Fast & Furious 6, kru dari Dom diperlihatkan berkumpul untuk makan bersama. Luke dan Elena pun nampak hadir dalam momen tersebut. Roman sempat berkelakar untuk menyembunyikan minyak bayi miliknya agar tidak digunakan oleh Luke. Namun, tanpa diduga Luke membalas lelucon tersebut dengan menghadirkan lelucon jidat Roman Pearce yang besar dan perlu untuk disembunyikan. Lelucon tersebut ternyata tidak ada dalam skrip dan benar-benar spontan dihadirkan saat itu terjadi. Reaksi dari Ludacris menjadi bukti nyata dari konyolnya adegan tersebut.

Adegan Tepuk Tangan Joker – The Dark Knight

Pada awalnya, banyak orang yang ragu bagaimana Christopher Nolan menunjuk Heath Ledger untuk memerankan Joker dalam film The Dark Knight. Namun, kemudian Ledger membuktikannya dengan sangat baik dan luar biasa. Dia bahkan sangat berkomitmen dengan perannya tersebut, di mana seolah Ledger benar-benar sudah menyatu dengan karakternya.

Bukti nyata dari hal ini adalah adegan tepuk tangan ketika Jim Gordon berhasil menangkap Joker. Walikota Gotham kemudian memberikan selamat bagi Jim dan menunjuknya untuk menjadi komisioner yang baru di kepolisian Gotham. Ketika seluruh isi ruangan tersebut bertepuk tangan bersuka cita, nampak Ledger sambil menatap dengan tajam sosok Gordon ikut bertepuk tangan. Ternyata ini merupakan adegan diluar naskah atau skrip yang sengaja dilakukan oleh Ledger. Meskipun sederhana, ini memberikan bukti bagaimana Joker jadi karakter yang mengerikan.

Kemunculan Mantan Instruktur Tentara – Full Metal Jacket

Full Metal Jacket merupakan film yang menghadirkan cerita tentang sekelompok rekrutan baru di Marinir Amerika Serikan. Kita dperlihatkan bagaimana mereka dilatih sebelum kemudian diterjunkan dalam operasi di Perang Vietnam. Mantan instruktur militer, R. Lee Ermey, bergabung dalam produksi filmnya sebagai penasihat teknik atas permintaan dari Kubrick sendiri.

Namun, Ermey sendiri kemudian ikut berperan dalam filmnya sebagai Sersan Hartman setelah dia memberikan kesempatan untuk mengisi peran tersebut. Yang menarik adalah karena Ermey memang pada dasarnya merupakan seorang instruktur tentara di dunia nyata, dia tidak perlu menulis atau melakukan apa pun untuk adegan melatih para rekrutan baru tersebut. Semua ucapan dan adegan yang dihadirkan ditulis dan dilakukan secara mendadak. Inilah yang kemudian membuat nama Ermey kemudian melejit.

Adegan “Perpisahan” Peter Parker – Avengers: Infinity War

Film akhir bagian pertama dari Infinity Saga, Avengers: Infinity War berhasil mencatatkan sejarah pemasukan box office terbesar dengan mengantongi nilai 2 miliar Dollar Amerika dari seluruh dunia. Filmnya sendiri menjadi awal dari pertempuran akhir antara para Avengers menghadapi Thanos, yang kemudian berhasil mengumpulkan seluruh Infinity Stones. Sayangnya, Thor gagal menghentikan Thanos.

Sang Titan Gila kemudian diperlihatkan berhasil melakukan Decimation yang membuat separuh penduduk bumi dan alam semesta menghilang. Salah satu korbannya adalah Peter Parker. Terdapat momen mengharukan di mana Peter menangis dan mengatakan bahwa dia tidak mau “menghilang.” Padahal, di naskah aslinya, Peter seharusnya mengatakan “Aku tidak merasa baik” dan “Aku minta Maaf.” Namun, adegan diluar naskah yang dihadirkan oleh Tom Holland tersebut justru semakin menambah haru dari momen emosional tersebut.

Adegan di Atas Dek Kapal – Titanic

Titanic masih jadi salah satu film ikonik dan film tersukses dalam sejarah, di mana film garapan James Cameron ini berhasil mendapatkan 11 penghargaan dan masuk 14 nominasi Academy Awards. Bahkan, pemasukan dari filmnya sendiri tidak terkalahkan selama beberapa dekade sebelum kemudian digeser oleh film James Cameron lainnya yaitu Avatar. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika terdapat adegan di luar naskah dalam film ini.

Adegan di luar naskah tersebut dilakukan oleh Leonardo DiCaprio yang memerankan karakter Jack Dawson. Dalam adegan di atas dek kapal di mana Jack dan Fabrizio melihat ke arah laut, sebenarnya Cameron sudah menyediakan skripnya. Namun, setelah beberapa kali percobaan dan pergantian naskah sang sutradara justru skripnya kurang berhasil menangkap momen tersebut. Akhirnya, Cameron meminta DiCaprio untuk meneriakan kalimat “I’m The King of the World!” yang awalnya membuat DiCaprio terkejut. Namun, akhrinya, dia melakukannya dan jadi salah satu adegan yang ikonik di film Titanic.

Adegan Menepuk Dada – The Wolf of Wall Street

Dari semua adegan di luar naskah yang ikonik dari sebuah film, mungkin adegan menepuk dada di film The Wolf of Wall Street adalah yang paling unik dan berhasil membuat para aktor terkejut serta bingung. Dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Leonardo DiCaprio, di adegan awal filmnya diperlihatkan bagaimana Jordan Belfort diundang makan siang bersama oleh seniornya, Mark Hanna.

Setelah beberapa pertanyaan yang dilakukan Mark terhadap Jordan, dia meminta Jordan untuk mengikuti gerakannya yaitu bergumam sambil menepuk dadanya mengikuti irama. Ternyata ini merupakan “ritual” yang dilakukan McConaughey selama bertahun-tahun sebelum dia memulai adegan di sebuah film. Reaksi kebingungan yang diperlihatkan oleh DiCaprio di filmnya benar-benar nyata. Bahkan, jika Geeks perhatikan, dia sempat melirik ke arah sang sutradara, Martin Scorsese, untuk menentukan apa yang harus dia lakukan. Namun, pada akhirnya, DiCaprio mau mengikuti improvisasi yang dilakukan oleh McConaughey tersebut dan jadi salah satu adegan ikonik di luar naskah dari filmnya.

Terkadang, melakukan improvisasi di luar naskah perlu dilakukan oleh para aktor di sebuah film dengan tujuan untuk membuat adegannya terasa semakin nyata. Bahkan, tidak jarang adegan yang terjadi di luar naskah tersebut jadi momen ikonik dari filmnya. Contohnya adalah seperti beberapa momen di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.