Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak film biopic yang dibuat. Memang banyak studio besar yang berlomba-lomba membuat film biopic, mengingat film bergenre ini juga banyak digemari. Apalagi jika pihak studio mengembangkan film biopic dengan serius, bukan tidak mungkin film tersebut masuk dalam nominasi Oscar. Tetapi belakangan, banyak film biopic yang tidak mementingkan akurasi ceritanya dan bahkan banyak cerita baru yang ditambahkan dalam film biopic. Lantas apa saja film biopic yang menyimpang dari kisah nyatanya? Simak berikut ini Geeks!

Pain & Gain

Pain & Gain menjadi film biopic yang terkenal sangat menyimpang dari kisah aslinya. Misalnya, pembunuhan dalam filmnya yang diceritakan terjadi secara tidak sengaja dengan tambahan bumbu komedi. Padahal sebenarnya, pembunuhan itu sudah direncanakan sebelumnya. Selain itu, ada perbedaan karakter yang dihadirkan seperti karakter Daniel Lugo (Mark Wahlberg) yang merupakan keturunan Puerto Rico dalam kehidupan nyata, dan tidak pernah berteman korbannya yaitu Victor Kershaw (Tony Shalhoub). Selain itu banyak penyimpangan lainnya di film ini. Wajar saja karena film ini digarap oleh Michael Bay, yang dianggap “lebay” oleh banyak orang.

The Greatest Showman

Film ini dibintangi oleh Hugh Jackman yang saat itu mulai menjauh dari perannya sebagai Wolverine. Filmnya menampilkan banyak hal, seperti musik, kisah romantis, dan perjuangan seorang pria untuk mengubah nasibnya. Meski diadaptasi dari kisah nyata, tetapi ada beberapa hal yang diceritakan berbeda dari aslinya. Misalnya adalah karakter yang diperankan Zac Efron sebenernya tidak pernah ada di dunia nyata. Selain itu, karakter Barnum (yang diperankan Hugh Jackman) faktanya adalah seorang yang rasis dan terkenal sangat jahat. Diketahui bahwa Barnum telah membeli seorang wanita Afrika-Amerika dan mencabut semua giginya agar dia tidak terlihat terlalu muda.

The Social Media

Film biopic berikutnya yang menyimpang dari kisah nyatanya adalah The Media Sosial. Film ini menceritakan pengalaman Mark Zuckerberg dalam membuat Facebook. Tetapi banyak cerita menyimpang yang dihadirkan dalam film ini. Contohnya adalah bagaimana Mark mencoba mendapatkan kembali cinta dari sang mantan pacarnya, dan itulah alasan dia membuat Facebook. Namun pada kenyataannya, Mark sudah berpacaran sejak awal hingga terbentuknya Facebook. Jika Geeks bertanya kepada Mark Zuckerberg bagian mana dari filmnya yang sesuai dengan kisah nyata adalah cara Mark berpakaian. Meskipun sangat jauh dari kisah nyatanya, tetapi The Social Media menjadi salah satu film terbaik di tahun 2010.

The King’s Speech

The King’s Speech menceritakan tentang Raja George VI yang gagap. Karena masalah itu, dia sering tidak bisa mengatakan apa yang diinginkannya. Namun, filmnya sangat mendramatisir kemampuan Raja George VI untuk mengatasi gagapnya. Alih-alih berhasil menghentikan gagapnya tepat pada waktunya untuk membantu Perang Dunia II, pada kenyataannya Raja George VI sebenarnya belajar mengendalikan gagapnya 12 tahun sebelum keterlibatan Inggris dalam Perang Dunia II. Dan meski ada beberapa perbedaan kisah nyata yang dihadirkan, tetapi The King’s Speech sukses besar berkat tangan dingin Tom Hooper dan akting memukau Colin Firth.

The Imitation Game

The Imitation Game menjadi film yang diadaptasi dari sebuah buku berjudul Alan Turing: The Enigma, yang merupakan buku biografi Alan Turing. Meskipun filmnya menampilkan para pemeran yang hebat, dan sebagian besar ceritanya akurat, tetapi ada perubahan mencolok yang tidak bisa dilupakan para penontonnya. Dalam filmnya, Turing adalah pria yang sangat disukai. Dia tidak canggung dalam bersosialiasi. Sutradara filmnya, Morten Tyldum memang berpikir akan lebih baik untuk mengubah kepribadiannya, sehingga kepribadiannya dalam film ditampilkan secara berbeda.

300

Sutradara 300, Zack Snyder, memang mengklaim bahwa film itu 90 persen sangat akurat dengan kisah nyatanya. Tetapi penonton umum mungkin tahu bahwa filmnya memang tidak terlalu realistis. Faktanya banyak hal yang menyimpang dari film ini. Misalnya ada ribuan tentara dalam pertempuran besar yang terjadi di kisah nyatanya, bukan hanya 300 tentara saja (pada kubu Spartan). Selain itu, Spartan juga berjuang untuk mempertahankan budak, bukan untuk mempertahankan demokrasi mereka. Bahkan pakaian yang digunakan Spartan di filmnya sangat jauh dari pakaian Spartan di dunia nyata.

American Sniper

American Sniper mengadaptasi kisah hidup dari Chris Kyle, yang dianggap sebagai salah satu penembak jitu terbaik di Amerika Serikat, sekaligus paling mematikan dalam sejarah. Filmnya memang cukup mendebarkan dan banyak kisah Kyle yang ditampilkan. Tetapi ada beberapa perubahan cerita yang dihadirkan. Misalnya Kyle di dunia aslinya mengatakan bahwa dia tidak menyesali setiap kematian yang dia sebabkan. Tetapi dalam film, hal itu diceritakan secara berbeda di mana dia sangat teringat dengan semua kematian dari orang-orang yang dibunuhnya, dan tampak merasa bersalah. Selain itu, ada beberapa perbedaan lainnya yang ditampilkan dalam film ini.

Itulah dia Geeks beberapa film biopic yang ternyata menyimpang dari kisah aslinya. Tetapi tentu saja hal itu dilakukan untuk membuat filmnya semakin menarik, meski ujung-ujungnya harus mengorbankan keaslian dari kisah nyatanya. Di antara film-film tersebut, mana yang kalian pernah saksikan Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/