Apa yang kemudian jadi alasan Silvers Rayleigh tidak selamatkan Ace saat eksekusi mati yang dilakukan oleh pihak angkatan laut? Kematian dari sosok Portgas D. Ace merupakan salah satu kematian yang fenomenal dan menyentuh bagi para fans One Piece. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Ace diperlihatkan tewas demi melindungi Luffy dari serangan Akainu.

Sebelumnya, dia diperlihatkan bertarung melawan Blackbeard setelah mengkhianati krunya sendiri dengan menghabisi nyawanya. Sayangnya, dia harus kalah karena Blackbeard ternyata terlalu kuat bagi Ace. Blackbeard kemudian menyerahkan Ace kepada angkatan laut untuk dieksekusi mati. Yang kemudian membuat para fans bertanya-tanya adalah mengapa kemudian Silvers Rayleigh tidak selamatkan Ace dari eksekusi mati?

Berbagai Aksi Rayleigh

Sosok Silvers Rayleigh pertama kali muncul dalam arc Sabaody. Saat itu, karakternya diperlihatkan sebagai seorang tukang cat kapal bagi para bajak laut yang hendak pergi menuju pulau duyung. Namun, kemudian terungkap jika sebenarnya Rayleigh bukanlah seorang tukang cat kapal biasa. Dia adalah mantan kru bajak laut Gol D. Roger sebelum kemudian memutuskan untuk pensiun.

Roger sendiri memutuskan untuk membubarkan krunya setelah dia berhasil menuju Laugh Tale dan Rayleigh sendiri memutuskan untuk pensiun menjadi bajak laut dan bersembunyi di pulau Sabaody. Selama ini, Rayleigh lebih sering berdiam diri dan memutuskan untuk berada di bawah radar angkatan laut dan World Government sampai kemudian Luffy dan para Worst Generation lain muncul di pulau Sabaody.

Yang menarik adalah semenjak kemunculannya tersebut Rayleigh kemudian diperlihatkan mulai banyak terlibat dalam cerita. Misalnya, dia menghentikan sosok Kizaru untuk mengejar dan melukai sosok Luffy. Rayleigh bahkan rela berenang menuju pulau Rusukaina untuk kemudian melatih kemampuan Haki dari Luffy yang sangat dahsyat dan terus berkembang hingga sekarang.

Terakhir kali Rayleigh muncul dalam cerita adalah ketika dia pergi ke Amazon Lilly untuk membantu melindungi pulau tersebut dari serangan pihak angkatan laut. Namun, tanpa diduga Rayleigh juga ternyata ikut membantu untuk melindungi pulau Amazon Lily dari serangan Blackbeard yang mengincar buah iblis milik Hancock. Beruntung, reputasi Blackbeard saat itu membuat Blackbeard memutuskan untuk pergi.

Hubungan Rayleigh dan Roger

Lalu, seperti apa sebenarnya hubungan Rayleigh dan Gol D. Roger? Dalam cerita kilas balik Rayleigh pasca timeskip, diperlihatkan jika Roger dan Rayleigh pertama kali bertemu di pelabuhan di wilayah Loguetown. Saat itu, Roger yang menyapa Rayleigh terlebih dahulu dan mengajaknya untuk berlayar bersama dengan kapal curian yang digunakan oleh Rayleigh.

Meskipun pada awalnya Rayleigh menolak, namun kemudian akhirnya mereka berdua menjalani petualangan bersama hingga menuju Laugh Tale. Banyak hal yang kemudian terjadi di sepanjang petualangan menuju Laugh Tale, seperti pertemuan mereka dengan sosok Kozuki Oden atau ketika mereka bertarung dan mengenal sosok Whitebeard. Setelah akhirnya Oden bergabung mereka pun berhasil menuju Laugh Tale.

Sayangnya, perjalanan tersebut dirasa terlalu cepat yang mana Roger sendiri meyakini bahwa ada sosok pada masa depan yang akan melanjutkan misi besarnya. Berbicara mengenai hubungan Rayleigh dan Roger, bisa dibilang hubungan mereka sangat dekat. Pasalnya, Rayleigh adalah wakil kapten dari Roger yang mana hal ini mirip seperti hubungan Zoro dan juga Luffy.

Keduanya saling percaya akan satu sama lain yang mana membuat mereka menjadi pasangan kapten dan wakil kapten yang tidak terkalahkan. Bahkan, Rayleigh juga mengetahui tentang rencana Roger yang hendak memiliki anak laki-laki untuk meneruskan misinya. Termasuk dia juga tahu tentang sosok Ace. Namun, jika kemudian Rayleigh mengenal Ace yang merupakan anak dari kaptennya mengapa kemudian dia tidak menyelamatkannya saat eksekusi mati di Marineford?

Mengapa Rayleigh Tidak Selamatkan Ace

Kematian Ace memang jadi salah satu kematian yang paling menyedihkan dalam cerita One Piece. Namun, para fans sendiri meyakini jika kematian tersebut mungkin bisa saja dihindari. Salah satunya adalah dengan Rayleigh yang membantu mencegah atau menghentikan eksekusi mati dari Ace. Mengapa kemudian Rayleigh tidak selamatkan Ace saat itu?

Memang, sejauh ini tidak ada jawaban pasti terkait dengan pertanyaannya. Namun, ada beberapa kemungkinan alasan mengapa Rayleigh tidak selamatkan Ace. Pertama, Rayleigh merasa bahwa itu bukan pertempurannya. Seperti yang dilakukan oleh Kozuki Oden di mana dia menolak tawaran bantuan dari Rayleigh dan juga Shanks serta Buggy untuk mengalahkan Kaido dan mengembalikan kekuasaan Wano, ini juga yang dilakukan oleh Rayleigh.

Saat itu, Oden menganggap bahwa itu bukanlah pertarungan mereka dan juga bukan tanggung jawab mereka. Rayleigh pun kemungkinan berpikir demikian di mana menyelamatkan Ace bukanlah tanggung jawabnya. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan kemungkinan lain yaitu Rayleigh menghargai kekuatan dari Whitebeard. Rayleigh sadar jika Ace menjadi bagian dari kru Whitebeard.

Itu artinya Ace sudah menjadi “anak” dari Whitebeard. Rayleigh jelas mengenal sekuat apa sosok Whitebeard yang mana mungkin inilah alasan dia tidak ikut selamatkan Ace. Rayleigh sadar bahwa kekuatan yang dimiliki oleh Whitebeard dianggap cukup dan mampu untuk menyelamatkan Ace dari eksekusi mati. Hal ini berbeda dengan apa yang diperlihatkan ketika dia membantu melindungi Amazon Lily.

Karena tidak ada lagi kekuatan kuat yang melindungi para penduduk di pulau itu dari serangan angkatan laut, maka Rayleigh memutuskan untuk membantu Hancock. Kemungkinan lainnya adalah dia merasa bahwa sekarang sudah bukan masanya dia bertarung. Seperti disebutkan di atas, Rayleigh memutuskan untuk pensiun sebagai bajak laut dan bersembunyi di pulau Sabaody.

Jika kemudian dia terlibat dalam pertempuran tersebut, maka artinya dia seolah memperlihatkan dirinya masih aktif dan kembali jadi ancaman yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh Rayleigh. Karena itulah, dia memutuskan untuk diam dan hanya melihat apa yang terjadi. Kemungkinan terakhir adalah Rayleigh percaya terhadap kekuatan para generasi baru.

Apa yang dia lihat dari Luffy dan kru Topi Jerami dan juga para Worst Generation bisa jadi membuka kepercayaan diri Rayleigh bahwa para generasi baru juga memiliki kekuatan dahsyat. Dan yang dia lihat di Marineford saat itu merupakan para generasi baru yang siap memberikan perubahan. Karea itulah, dia memutuskan untuk mempercayakan upaya penyelamatan Ace kepada mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.