Tema tentang special agent alias agen mata-mata memang masih menjadi primadona. Banyak studio yang berlomba-lomba membuat cerita menarik tentang agen mata-mata, dan Marvel Comics pun tidak ketinggalan untuk menghadirkan tema serupa. Ada banyak sekali agen mata-mata yang lahir dari Marvel Comics, dan sebagian dari mereka sudah sering kita lihat. Lantas siapa saja agen mata-mata terhebat dari Marvel Comics? Simak pembahasannya berikut ini Geeks!

Agent 13

Agen 13 mungkin lebih dikenal sebagai Sharon Carter. Dia adalah salah satu anggota SHIELD yang paling penting sekaligus ikonik. Buat Geeks yang belum tahu, Sharon Carter bergabung dengan SHIELD setelah dia terinpirasi dengan cerita bibinya, Peggy Carter, saat melakukan sebuah aksi di Prancis. Tetapi Sharon tidak hanya bergabung dengan SHIELD saja, tetapi dia juga bergabung dengan tim lainnya seperti Daughters of Liberty dan Secret Avengers. Selain itu, Sharon juga menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai pemimpin SHIELD dan membentuk sub tim SHIELD yang berisikan para wanita bernama Femme Force.

Mockingbird

Bernama asli Bobbi Morse, Mockingbird adalah karakter yang direkrut SHIELD setelah bekerja dengan mereka di Project Gladiator, sebuah proyek yang dimaksudkan untuk membuat ulang serum Super Soldier. Mockingbird juga menjadi mitra Hawkeye dan sempat bergabung dengan Agent of Wakanda, Secret Avengers, West Coast Avengers, dan Force Worlds. Saat ini, dia menjadi mentor untuk Agents of GIRL. Menariknya nih Geeks, selain jago dalam bela diri, Mockingbird juga sangat pintar karena bergelar PhD di bidang biologi. Dan di komik, dia juga pernah disuntik serum Super Soldier, yang membuat kekuatan fisiknya luar biasa dan lincah.

Natasha Romanoff

Natasha Romanoff alias Black Widow adalah mata-mata paling terkenal di Marvel Universe. Di MCU, Natasha bergabung dengan SHIELD di awal kariernya sebagai pahlawan, sementara di komik hal itu terjadi lebih jauh. Di komik, Natasha Romanoff justru mencoba bergabung dengan Avengers lebih dulu, bersolo karier, dan kemudian bermitra dengan Daredevil, sebelum akhirnya memutuskan bekerja dengan SHIELD. Dia bekerja dengan SHIELD selama beberapa tahun, sebelum akhirnya memutuskan hengkang. Kekuatan bertarung Natasha Romanoff memang sangat ditakuti, sehingga banyak yang menghindari berurusan dengannya.

Quake

Daisy John alias Quake mungkin sangat beruntung setelah memutuskan menjadi mata-mata. Dia menjadi anggota SHIELD level 10, yang berarti dia sejajar dengan karakter lainnya seperti Nick Fury dan Black Widow. Padahal ketika itu, usianya baru menginjak tujuh belas tahun. Dan bahkan setelah itu, Quake kemudian ditunjuk sebagai pemimpin SHIELD. Quake memang menjadi tangan kanan Nick Fury, dan menjadi orang yang paling Fury percayai ketika peristiwa Secret Invasion terjadi. Selain SHIELD, Quake juga bergabung dengan Avengers, dan merupakan inhuman yang memiliki kemampuan memanipulasi getaran.

Dum Dum Dugan

Dum Dum dugan adalah salah satu agent SHIELD pertama. Dia teman dekat dari Nick Fury dan pernah menjadi bagian dari STRIKE dan CRADLE, sebuah tim yang dibentuk untuk mengatur para pahlawan super. Dan ketika dia menjadi pemimpin CRADLE, ada beberapa pahlawan kuat yang dia tangkap seperti Spider-Man. Tetapi beruntung karena Spider-Man bisa melarikan diri. Dum Dum Dugan pertama kali tampil dalam komik Sgt. Fury and his Howling Commandos #1 yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby di tahun 1963, sebelum akhirnya lebih banyak tampil di komik Marvel lainnya.

Nick Fury

Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini. Tanpa tangan dingin Nick Fury, SHIELD tidak akan seperti sekarang. Dialah yang pertama ditunjuk sebagai pemimpin SHIELD, dan memimpin organisasi tersebut dengan waktu yang sangat panjang. Semasa kepemimpinannya, Nick Fury merekrut banyak anggota hebat untuk SHIELD. Nick bahkan membentuk timnya sendiri bernama Secret Warriors dalam peristiwa Secret Invasion. Dan setelah masa kepemimpinan di SHIELD hampir berakhir, Nick Fury mengajak putranya, Nick Fury Junior untuk mengikuti jejaknya di SHIELD. Sebagai pemimpin SHIELD, tentu saja kemampuan Nick Fury tidak diragukan lagi.

Tony Stark

Mungkin Geeks tidak menyangka bahwa Tony Stark adalah seorang agen mata-mata di Marvel Universe. Yap, sebenarnya dia pernah berprofesi menjadi seperti itu. Meskipun Tony Stark tidak terlalu terlibat dengan SHIELD, tetapi dia memiliki sejarah dengan organisasi tersebut. Tony Stark pertama kali berinteraksi dengan SHIELD sebelum menjadi Iron Man. Selama Civil War berlangsung, Tony Stark alias Iron Man menjadi pemimpin SHIELD menggantikan Maria Hill. Dan saat menjadi pemimpin, dia menyelidiki virus Extremis dan menangkap seorang villain bernama Maya Hansen. Kemudian Tony Stark melepaskan jabatan itu setelah peristiwa Secret Invasion, sejak SHIELD runtuh.

Jimmy Woo

Jimmy Woo adalah salah satu karakter tertua di Marvel, karena dia memulai debutnya dalam komik Yellow Claw #1 yang rilis tahun 1956. Woo juga beberapa waktu lalu tampil di MCU dalam film Ant-Man and the Wasp dan series WandaVision. Nah dalam komiknya, Woo diceritakan sebagai seorang FBI. Namun setelah tak lagi menjadi FBI, Woo kemudian memutuskan bergabung dengan SHIELD. Nah menariknya, Jimmy Woo juga tergabung dengan Agent of Atlas, sebuah tim mirip SHIELD, di mana Jimmy Woo menjadi pendirinya, dan sekarang dia pun menjadi CEO Atlans Foundation.

Contessa Valentina Allegra de Fontaine

Beberapa waktu lalu, kita diperlihatkan dengan penampilan Valentina alias Val yang muncul dalam film Black Panther: Wakanda Forever. Dalam komik, Val memulai kariernya sebagai Agent 14 dan dia juga pasangan Nick Fury. Selain bergabung dengan SHIELD, Val juga bergabung organisasi lainnya seperti Femme Force dan lulusan SHIELD Akademi. Setelah meninggalkan SHIELD, dia kemudian memilih menjadi Madame Hydra. Yap, sebenarnya dia masuk HYDRA untuk memanfaatkan organisasi itu, karena dia lebih setia terhadap organisasi Leviathan yang merupakan organisasi kriminal yang mirip dengan Hydra, namun lebih modern.

Maria Hill

Maria Hill memang menjadi karakter favorit penggemar setelah dia muncul di film The Avengers MCU. Karakternya sendiri pertama kali dikenalkan dalam komik New Avengers #4 yang digarap oleh Brian Michael Bendis dan David Finch. Meskipun tidak sebaik Black Widow, tetapi Maria Hill jelas merupakan mata-mata dan pemimpin yang sangat berbakat. Jika tidak, mungkin Nick Fury tidak akan memilihnya sebagai tangan kanannya. Maria Hill pun pernah menjadi pemimpin SHIELD, berafiliasi dengan Secret Avengers, Force Works, dan Avengers. Dia juga secara langsung bertanggung jawab atas pembuatan Pleasant Hill, sebuah tempat yang diciptakan oleh kubus kosmik untuk memenjarakan villain.

Itulah dia Geeks beberapa agent spesial atau agen mata-mata terbaik yang pernah diperkenalkan di Marvel Comics. Dengan kemampuan yang dimiliki, mereka menjelma menjadi sosok yang ditakuti dan tidak mudah terdeteksi. Di antara para agen Marvel di atas, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/