Knowhere adalah salah satu lokasi penting di Marvel Cinematic Universe yang telah menghubungkan banyak elemen di jagat sinemanya. Pertama kali disinggung di credit scene Thor: The Dark World, penampakan penuh Knowhere akhirnya terungkap di film Guardians of the Galaxy, dan sempat kembali diceritakan di Avengers: Infinity Wars saat Thanos datang untuk mengambil Reality Stone. Menariknya, ternyata sekarang Knowhere telah menjadi markas baru bagi tim Guardians versi MCU yang akan segera kembali di film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Berikut adalah lima fakta menarik tentang Knowhere!

Asal-Usul Mengejutkan di Komik

Secara garis besar penggambaran Knowhere di MCU dan Marvel Comics sebenarnya kurang lebih sama, di mana tengkorak raksasa ini merupakan kepala Celestial yang tewas miliaran tahun lalu. Bedanya di Marvel Comics dijelaskan bahwa Knowhere adalah kepala dari Celestial yang dipenggal oleh Dewa Symbiote Knull. Dia kemudian menjadikan tengkorak Celestial ini sebagai markas sementara sambil membuat pedang symbiote All-Black yang dapat membunuh para dewa. Masih belum diketahui apakah di MCU sendiri Knowhere punya asal-usul yang sama atau tidak, yang jelas pedang All-Black sendiri sempat digunakan Gorr the God-Butcher di film Thor: Love and Thunder yang dirilis tahun lalu.

Markas Awal Taneleer Tivan

Terlepas dari asal-usulnya yang masih menjadi misteri di MCU, ketika pertama kali terlihat di film The Dark World dan GOTG, Knowhere sudah menjadi markas bagi Taneleer Tivan alias Collector. Selama ribuan tahun, dia mengerahkan kekuatan, koneksi, dan semua sumber daya miliknya untuk membangun Knowhere dari kumpulan reruntuhan dan sampah luar angkasa. Hal itu sengaja dilakukan agar selanjutnya Collector bisa menambang tulang, jaringan otak, dan cairan tulang belakang Celestial yang sangat berharga. Di bawah kendali Collector, karena tidak adanya hukum yang berlaku akhirnya Knowhere menjadi tempat singgah favorit bagi penjahat dan orang-orang buangan di galaksi, seperti para Guardians.

Pernah Menampung Dua Infinity StoneĀ 

Di awal sudah sempat kita singgung bahwa Knowhere versi MCU pernah menjadi tempat Reality Stone disimpan, itulah mengapa Thanos datang untuk mengambilnya. Hal ini bisa terjadi karena di credit scene The Dark World, Sif dan Volstagg sempat menyuruh Collector untuk menjaga Aether alias Reality Stone yang sempat memorak-porandakan Asgard. Mirisnya, karena Collector memang ingin mengumpulkan Infinity Stone, dia lantas membeli Orb yang berisi Power Stone dari Guardians di film pertama GOTG. Hal inilah yang membuat Knowhere tercata pernah menjadi tempat untuk menampung dua Infinity Stone, sebelum Ronan the Accuser datang dan lebih dahulu merebut Power Stone dari Knowhere.

Berkali-Kali Hancur

Baik di MCU maupun di Marvel Comics, Knowhere terbilang cukup sering diceritakan hancur dan kembali diperbaiki. Di komik sendiri Knowhere pernah diceritakan terserap ke dalam blackhole, tetapi masih tetap utuh, hanya saja lokasinya berpindah ke luar ruang dan waktu. Sedangkan di MCU, kita setidaknya bisa melihat Knowhere dihancurkan sebanyak dua kali. Yang pertama saat Ronan dan pasukannya menyerang Knowhere untuk mengambil Power Stone, dan kehancuran yang kedua terjadi secara off-screen ketika Thanos datang untuk merebut Reality Stone.

Jadi Markas Baru Guardians

Terakhir kali terlihat di MCU, tepatnya di tayangan The Guardians of the Galaxy Holiday SpecialĀ terungkap bahwa Knowhere sudah dibeli oleh Guardians dari Collector. Setelah hancur oleh Thanos, pada tahun 2025 Guardians membeli Knowhere dan bahkan menjadikan Cosmo the Space Dog sebagai anggota baru. Di komiknya Cosmo adalah anjing super yang menjaga Knowhere. Setelah melakukan sejumlah perbaikan, kini Knowhere sudah dapat dihuni kembali seperti sebelumnya. Ada banyak alien dari berbagai planet yang akhirnya menjadi warga Knowhere bersama para Guardians.

Itu dia lima fakta menarik dari Knowhere yang kini sudah menjadi markas baru bagi Guardians of the Galaxy dan sejumlah alien di MCU. Jika dilihat dari hubungannya dengan tim Guardians bisa kita simpulkan bahwa Knowhere adalah lokasi ikonis yang punya peran besar di galaksi MCU. Bukan tidak mungkin ke depannya Knowhere akan jadi tempat yang sering dikunjungi oleh para karakter kosmik. Namun sebelum itu, Knowhere akan kembali terlebih dahulu di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 pada tanggal 5 Mei nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.