Marvel Cinematic Universe merupakan salah satu waralaba film superhero yang basis penggemarnya terbilang sangat banyak di seluruh dunia. Namun ternyata tidak semua orang menyukai MCU, selain sutradara Martin Scorsese yang pertama kali menyatakan ketidaksukaannya, ada juga sejumlah aktor terkenal yang secara terang-terangan mengaku tidak menyukai tayangan superhero MCU. Mulai dari yang ditujukan langsung ke jagat sinema Marvel, sampai yang menggeneralisir tayangan superhero live action, berikut ini sepuluh aktor yang pernah mengaku tidak suka bahkan benci dengan MCU!

Stephen Dorff

Stephen Dorff adalah aktor serial True Detective yang secara terang-terangan mengaku benci dengan MCU. Ketidaksukaannya ini secara spesifik dia tujukan pada film solo Black Widow, yang dibintangi oleh Scarlet Johansson, Florence Pugh, dan David Harbour, pada tahun 2021 lalu. Menurutnya dia merasa malu sekaligus kasihan kepada Johansson yang harus membintangi film Black Widow. Dalam sesi wawancaranya dengan Independent, Dorff mengatakan “Saya tidak ingin berada di film-film itu (MCU). Benar-benar tidak mau. Saya lebih baik bekerja untuk sutradara muda yang akan menjadi Kubrick selanjutnya [daripada menjadi bintang Black Widow].”

Simon Pegg

Jika kalian penggemar waralaba film Star Trek atau Mission: Impossible, mungkin kalian tahu siapa Simon Pegg. Aktor Inggris ini telah lama diharapkan oleh para penggemar untuk bergabung dengan MCU sebagai pemeran superhero, sayangnya Pegg justru benci ide tersebut. “Dahulu film adalah sesuatu yang menantang, perjalanan yang emosional yang mungkin mendorong kita untuk mengevaluasi perasaan dan moral [setelah menontonnya]. Sekarang kita keluar dari bioskop sama sekali tidak memikirkan apa apam selain Hulk yang baru saja berkelahi dengan robot,” ungkapnya kepada Radio Times. Lebih lanjut lagi Pegg bahkan berani mengatakan bahwa film adaptasi buku komik adalah pembodohan.

Sean Penn

Untuk penggemar Hollywood muda mungkin tidak terlalu mengenal siapa Sean Penn, tetapi di kalangan penggemar veteran dia justru cukup disukai karena perannya dalam film laga seperti The Gunman, The Interpreter, dan Fair Game. Belakangan ini Penn cukup vokal dalam menyampaikan perasaan benci dirinya pada MCU dan dia merasa kasihan kepada para aktor yang terlibat di dalamnya. Menurutnya MCU seperti kumpulan film murahan, di mana banyak aktor bertalenta dipaksa menyediakan ruang dan meluangkan waktu yang lama sehingga menghabiskan umur karier mereka dengan sia-sia.

Rose McGowan

Rose McGowan dikenal sebagai aktris yang sering membintangi film tentang wanita tangguh di dunia yang mencekam, seperti Scream, Planet Terror, Death Proof, Conan the Barbarian, dan lain sebagainya. Di sisi lain ternyata dia menaruh rasa benci pada MCU walaupun di dalamnya ada aktor wanita yang memerankan superheroin tangguh. Melalui akun Instagram pribadinya, McGowan pernah menyampaikan bahwa “Yang salah dengan film superhero adalah kurangnya kompleksitas, pengembangan cerita, pengembangan karakter, serta kebebasan berpikir. Itu hanya sekadar film garapan laki-laki yang malas dan cenderung biasa saja.”

Mel Gibson

Ketika melakukan promosi film garapannya yang berjudul Hacksaw Ridge, Mel Gibson pernah mengatakan bahwa MCU adalah kumpulan film ‘kejam tanpa hati nurani’. Aktor Braveheart ini mengatakan “Ada banyak hal kejam [di MCU] dibandingkan dengan semua film saya. Terlebih lagi saya selalu memerhatikan setiap karakter di film saya, itulah yang membuatnya terasa begitu penting.” Gibson juga sebenarnya pernah ditawari untuk memerankan karakter Odin di MCU, tetapi dia menolaknya. Dari situlah kita bisa tahu bahwa aktor veteran Hollywood ini ternyata benci dengan MCU untuk beberapa aspeknya.

Jodie Foster

Di industri perfilman Hollywood, Jodie Foster adalah salah satu aktor wanita yang cukup dihormati. Salah satu alasannya adalah karena dia terbilang selalu berhasil dalam memerankan karakter wanita tangguh nan ekspresif di berbagai film sukses, seperti Panic Room, The Silence of the Lambs, dan Contact. Merasa bertanggung jawab sebagai aktor yang harus memajukan industri perfilman Hollywood di mata dunia, Foster pernah mengungkapkan bahwa dia benci dengan MCU yang “membuat konten buruk hanya untuk menarik massa dan pemegang saham.” Menurutnya hal tersebut hanya menghancurkan Bumi sekaligus membuat Hollywood seperti taman bermain.

Jennifer Aniston

Terkenal dalam perannya di serial komedi Friends dan film Murder Mistery, aktor Hollywood’ Jennifer Aniston ternyata pernah mengungkapkan bahwa dia benci waralaba superhero seperti MCU. Dalam sesi wawancaranya dengan Variety, Aniston merasa bahwa film-film sebesar Marvel telah menurunkan kualitas perfilman Hollywood. Lebih lanjut lagi dia mengatakan “Saya pikir kita akan sangat senang jika bisa kembali ke era aktris Meg Ryan. Sepertinya akan sangat menyenangkan bisa pergi ke bioskop kemudian duduk dengan nyaman. Saya pikir kita harus bangkit kembali [dari keterpurukan].”

Jason Statham

Jason Statham adalah salah satu aktor laga paling underrated sekaligus paling idealis jika menyangkut perannya dalam sebuah film. Ketika mendapatkan pertanyaan apakah dia mau bergabung dengan waralaba superhero seperti MCU, Statham mengatakan bahwa semua orang bisa melakukan itu, sehingga dia tidak terlalu tertarik. Perasaan benci atau ketidaksukaan aktor Fast & Furious ini dia sampaikan dengan mengatakan bahwa neneknya juga bisa membintangi MCU jika mau mengenakan jubah. Kurangnya ambisi, banyaknya adegan yang membutuhkan green scene serta pemeran pengganti, menjadi alasan mengapa sampai hari ini dia tidak pernah membintangi film superhero.

George Takei

Dikenal sebagai aktor veteran yang membintangi film Star Trek pertama, George Takei ternyata secara terang-terangan mengaku bahwa dia benci dengan MCU. Semuanya bermula ketika film Doctor Strange pertama menampilkan aktris Tilda Swinton sebagai pemeran Ancient One, penyihir mystic art sekaligus mentor Strange di MCU. Hal inilah yang kemudian membuat Takei merasa marah karena Marvel telah mengganti karakter yang seharusnya orang Asia di komik dengan aktris Amerika di MCU. Sejak saat itu Takei tampaknya tidak henti-hentinya mengatakan bahwa MCU adalah contoh stereotip rasisme.

Cillian Murphy

Terakhir aktor yang pernah mengatakan bahwa dia benci atau sekadar tidak suka dengan MCU adalah Cillian Murphy. Kolaborator setia sutradara Christopher Nolan ini sebenarnya pernah memerankan villain Jonathan Crane alias Scarecrow di film superhero DC The Dark Knight. Namun dalam salah satu sesi wawancaranya, pemeran Tommy Shelby di serial Peaky Blinders ini mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Marvel beda dengan upaya Nolan untuk menghidupkan trilogi superhero yang justru tidak punya kekuatan super. “Anak-anak saya suka film Marvel, tetapi saya tidak menontonnya,” ungkap Murphy untuk menegaskan posisinya yang bersebrangan dengan MCU.

Dari kesepuluh aktor ini dapat kita simpulkan bahwa tidak semua orang menyukai MCU. Di mana para aktor ini punya alasan yang berbeda-beda mengapa mereka benci dengan tayangan superhero Marvel. Tentunya kita juga harus menghargai cara pandang dan keputusan mereka, karena sejak awal mungkin Marvel Studios juga sadar bahwa MCU memang tidak untuk semua orang. Di sisi lain terlepas dari perasaan para aktor ini, MCU masih terus berkembang dengan caranya sendiri bersama para penggemarnya yang kini tersebar di seluruh dunia bukan hanya di Hollywood saja.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.