Sutradara berperan penting dalam memvisualisasikan kreatifitas dalam sebuah film. Sutradara harus memiliki pengetahuan artistik yang mendalam terhadap seni perfilman dan sinematografi. Dari situlah kita mengetahui bahwa menjadi seorang sutradara tidaklah mudah. Mereka mengemban tugas besar, memastikan seluruh filmnya berjalan baik. Banyak sutradara hebat di Hollywood saat ini, mulai dari Christopher Nolan yang kerap menggap film mind blowing, hingga Ridley Scott sang spesialis sci-fi. Tetapi nih Geeks, ada beberapa sutradara yang justru terkenal bukan dari hasil karyanya, tetapi karena para sutradara ini dibenci. Siapa saja sutradara paling dibenci sepanjang masa?

Roman Polanski

Roman Polanski adalah sutradara film asal Prancis-Polandia. Film-film arahannya yang paling terkenal adalah Repulsion (1965), Rosemary’s Baby (1968), dan Chinatown (1974). Meski hasil karyanya patut diacungi jempol, tetapi tidak dengan perilakunya. Polanski adalah buronan yang sempat meninggalkan Amerika Serikat atas kasus pelecehan kepada anak di bawah umur. Bahkan karena kasus itulah Roman Polanski sempat dibanned dari Academy Award dan tidak diijinkan tampil selama beberapa waktu. Karena aksi tercelanya itu, banyak yang mengecam dan membenci Polanski. Meski begitu, dia masih beberapa kali aktif sebagai sutradara, meski film-filmnya tak lagi bersinar.

Stanley Kubrick

Selain menjadi sutradara, Kubrick juga pandai sebagai penulis skenario, produser, dan sinematografer. Dia memang dianggap sebagai salah sutradara terbesar dan paling berpegaruh dalam dunia sinematik. Sayangnya, karier Kubrick harus berakhir karena dia meninggal dunia pada usia 71 tahun. Kubrick sebenarnya dibenci oleh banyak orang karena cara dia memperlakukan Shelley Duvall di film The Shining dengan cukup kejam. Selain itu ada banyak kasus Kubrick yang dianggap semena-mena di lokasi syuting sehingga dia dibenci. Banyak yang menganggap bahwa Stanley Kubrick adalah sutradara hebat, tapi orang yang buruk. Dia hanya menginginkan kesempurnaan.

Uwe Boll

Uwe Boll adalah suradara film sekaligus pemilik restoran yang tinggal di Kanada. Tetapi sebenarnya, dia berasal dari Jerman. Uwe Boll sendiri kerap membuat film adaptasi video game. Namun film-film yang dia sutradara berujung dengan kegagalan. Boll dibenci banyak pihak karena dia tidak mau menerima kritik atas film-filmnya yang buruk. Dia terus membela diri, dan “kekeuh” bahwa filmnya sangat bagus. Parahnya lagi, Boll juga memiliki fanboy yang selalu membelanya. Banyak penggemar yang mengatakan bahwa Boll adalah Donald Trump yang menggarap sebuah film. Dan menariknya lagi, dia juga seorang pendukung Trump yang fantatik. Meski filmnya sangat dibenci, tetapi dia masih aktif hingga saat ini.

Quentin Tarantino

Mungkin Geeks tidak pernah tahu bahwa dibalik nama besar Tarantino, dia sangat dibenci banyak orang. Tingkah lakunya yang sombong dan angkuh dalam sebuah wawancara membuatnya sangat tidak disukai. Dia juga dibenci oleh polisi karena dia pernah memberikan pernyataan kontroversial bahwa semua polisi adalah pembunuh di acara Black Lives Matter. Padahal tidak semua polisi demikian. Selain itu, ada banyak hal yang membuat Tarantino dibenci. Meski begitu, Tarantino juga mendapat banyak pujian karena film-film yang dia buat selalu berbuah manis dan sukses besar.

Joss Whedon

Justice League (2017) mungkin dianggap sebagai salah satu film paling bermasalah. Setelah Zack Snyder hengkang dari Justice League, Joss Whedon pun menggantikan Snyder sebagai suradara. Tetapi setelah menggarap film Justice League, banyak yang membenci Whedon. Misalnya pemeran Cyborg yang mengungkap perilaku buruk Whedon saat syuting ulang. Pernyataan itu juga turut diiyakan oleh Gal Gadot, Jason Momoa, dan Ben Affleck yang ikut menyerukan perilaku buruk Whedon. Selain itu, banyak pemeran dari film lainnya yang juga turut mengutarakan keburukan Whedon. Pengakuan itulah yang sontak membuat Joss Whedon sangat dibenci. Dan penggemar pun menganggap bahwa Whedon adalah sumber kegagalan Justice League yang sudah lama dinantikan.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara yang paling dibenci sepanjang masa. Ada banyak faktor yang membuat mereka sangat dibenci, tetapi mayoritas sutradara tersebut memang berperilaku buruk di lokasi syuting sehingga sangat dibenci. Di antara para sutradara tersebut, mana yang paling kalian benci Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/