Untuk membuat sebuah film besar tentunya bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus dilakukan mulai dari membuat naskah, melakukan produksi, hingga melakukan proses editing. Selain itu, ada juga masalah lain yang harus dihadapi kru yang terlibat, yang membuat filmnya semakin sulit untuk dibuat. Ternyata, ada beberapa film Hollywood yang dianggap sebagai film paling sulit yang pernah dibuat. Apa saja film paling sulit yang pernah dibuat? Simak berikut ini Geeks!

Apocalypse Now

Apocalypse Now adalah film sejarah yang menceritakan peperangan antara Amerika Serikat dan Vietnam. Di sini, seorang letnan bernama Wilard ditugaskan untuk mencari tahu keberadaan kolonel Kurtz dan membunuhnya. Disutradarai oleh Francis Ford Coppola, film ini sukses menyabet beberapa penghargaan Oscar. Ketika menggarap film ini, Coppola memang sangat serius. Demi filmnya senyata mungkin, Coppola harus melakukan syuting di Filipina. Awalnya pembuatan film ini hanya memakan waktu lima bulan. Tetapi akhirnya film ini baru selesai diproduksi selama satu tahun. Sebuah badai besar juga sempat menghancurkan lokasi syuting, dan aktor Martin Sheen juga mengalami serangan jantung saat syuting.

Titanic

Film tersulit berikutnya yang pernah dibuat adalah Titanic. Selama pembuatan film Titanic, seorang anggota kru yang marah memberikan racun ke dalam sup yang para kru konsumsi, sehingga lebih dari 50 orang harus dilarikan ke rumah sakit. Syuting filmnya pun harus ditunda ketika para pemeran utama terserang pilek dan infeksi ginjal. Ternyata menghabiskan waktu selama berjam-jam di air dingin tidaklah baik untuk kesehatan, sehingga banyak pemain yang tumbang. Dan karena James Cameron adalah seorang yang perfectionist, dia membuat filmnya mengalami beberapa kali syuting ulang, yang otomatis berdampak pada anggaran pembuatannya semakin membengkak.

Fitzcarraldo

Pada tahun 1982, sutradara asal Jerman, Werner Herzog mendapat kesempatan untuk menyutradarai film Fitzcarraldo. Produksi film ini mengalami banyak hambatan, mulai dari penundaan produksi karena adanya pergantian aktor, hingga medan berat yang harus dilalui para kru untuk melakukan syuting filmnya. Dan lagi ada bagian yang paling sulit yang harus dilakukan Werner Herzog. Dalam filmnya, mereka harus memindahkan kapal uap besar yang diseret ke atas bukit. Mungkin sebagain Geeks mengira bahwa itu adalah miniatur kapal yang digunakan untuk melengkapi filmnya. Tetapi itu bukanlah miniatur karena ternyata kapal nyata seberat 320 ton yang di angkat ke atas bukit tanpa efek khusus.

Jaws

Ketika membuat film Jaws, Steven Spielberg membuat hiu mekanik yang dia beri nama Bruce. Sayangnya, Bruce mengalami beberapa kali malfungsi. Dibutuhkan 14 orang untuk mengoperasikannya kembali. Ada beberapa masalah yang terjadi, mulai dari selang bagian mesin yang retak karena tekanan air, terjerat rumput laut, dan berbagai hal lainnya. Nah agar membuat filmnya lebih mudah untuk dibuat, pada akhirnya Spielberg merevisi naskahnya, sehingga hiu itu hanya muncul sesekali. Menariknya justru keputusan itu sangat tepat dan membuat film Jaws semakin menegangkan. Spielberg bahkan pernah mengatakan bahwa semua malfungsi yang terjadi kepada hiu itu adalah anugrah.

Ben-Hur

Semakin besar film, maka akan semakin banyak masalah yang terjadi dalam pembuatannya. Untuk membuat film Ben-Hur, dibutuhkan anggaran yang masif. Bahkan ketika itu, Ben-Hur menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi karena menghabiskan anggaran lebih dari $15 juta. Untuk membuat film inipun sangat sulit, karena ada banyak masalah yang terjadi. Pertama pembuatan film ini sangat memakan waktu yang panjang, lebih lama dari yang diharapkan, sehingga para pemain dan kru harus melakukan suntik vitamin agar tetap fit. Masalah kedua semakin pelik karena produser Sam Zimbalist tiba-tiba meninggal dunia selama produksi, dan memaksa Wyler mengambil alih sebagai produser. Selain itu, ada banyak rintangan lainnya yang terjadi. Namun beruntung mereka bisa melaluinya.

The Wizard of Oz

Ketika melakukan syuting The Wizard of Oz, aktor Buddy Ebsen harus dirawat di rumah sakit karena bubuk riasan yang terhisap ke dalam paru-parunya sehingga Ebsen harus memulihkan kesehatannya terlebih dahulu. Selain itu, ketika melakukan syuting bersama seekor anjing bernama Toto, anjing tersebut sangat sulit untuk mengikuti perintah, sehingga dibutuhkan lebih dari 12 kali pengambilan gambar agar dia mengikuti perintah dan sesuai dengan adegannya. Film ini juga mengalami setidaknya lima kali pergantian sutradara, dan terakhir Margaret Hamilton menderita luka bakar parah di tangan dan wajahnya akibat terbakar.

Cleopatra

Cleopatra adalah film besar yang dirilis tahun 1963. Film yang dibintangi oleh Elizabeth Taylor dan Richard Burton ini awalnya memiliki anggaran sebesar $2 juta. Namun pada akhirnya anggarannya semakin membengkak menjadi $31 juta. Hal tersebut terjadi karena berbagai masalah yang terjadi saat produksi, mulai dari lokasi syuting filmnya dari London yang harus dipindahkan ke Roma, pergantian sutradara, dan banyak aktor terkenal yang meninggalkan film ini di tengah syuting berlangsung. Sepertinya para kru yang terlibat memiliki visi yang berbeda-beda sehingga produksi filmnya carut-marut. Tetapi akhirnya film ini berakhir mendapat 4 pengharagaan Oscar.

American Graffiti

American Graffiti adalah sebuah film komedi yang disutradara dan ditulis oleh George Lucas dan bintangi beberapa aktor terkenal seperti Richard Dreyfuss, Ron Howard, Paul Le Mat, Harrison Ford, dan beberapa aktor lainnya. Meski American Graffiti hanya film komedi dengan cerita yang sederhana, tetapi sangat sulit membuat film ini. Bagaimana tidak? Banyak kru dan bintang filmnya yang berulah saat berada di luar dan lokasi syuting. Misalnya Harrison Ford yang ditangkap setelah perkelahiannya di ruang bar, seorang anggota kru yang ditangkap karena membuat obat-obatan terlarang, hingga Paul Le Mat yang melukai Richard Drefuss setelah melemparkannya ke kolam renang. Dan terakhir, seseorang membakar kamar hotel George Lucas.

Star Wars

Fantasi George Lucas berhasil menelurkan franchise yang sangat sukses yaitu Star Wars. Tetapi banyak hal yang salah saat syuting film Star Wars pertama dilakukan sejak awal. Dari masalah panasnya gurun Tunisia yang menyiksa para pemain, hingga para aktor yang tidak memahami materi. Proses produksi Star Wars memang sangat sulit sehingga menyebabkan George Lucas sempat trauma dan menjauh sebagai sutradara selama lebih dari dua dekade. Dan setelah produksinya rampung, masalah juga terjadi saat pengeditan film Star Wars. Dikabarkan bahwa mengedit film Star Wars sangat sulit, sehingga tim editor baru dibawa untuk merampungkan filmnya agar menjadi sesuatu yang dapat ditonton.

The Blues Brothers

The Blues Brothers adalah salah satu film komedi termahal yang pernah dibuat kala itu. Namun pembuatan film ini menemui banyak hambatan. Ketika itu, Dan Aykroyd masih kurang berpengalaman sebagai penulis skenario sehingga dia menyerahkan lebih dari 300 halaman draft naskah. Selain itu, munculnya masalah dari John Belushi, di mana dia dikabarkan memiliki kelakuan buruk setelah menggunakan obat-obatan terlarang sehingga sering terlambat setelah berpesta sepanjang malam. Universal Pictures pun melaporkan bahwa anggaran pembuatan filmnya meroket sehingga mereka berencana mengganti beberapa pemeran agar lebih “hemat”. Untungnya, sutradara John Landis bisa memperjuangkan para pemeran yang terlibat untuk tetap tinggal.

Itulah dia Geeks 10 film yang paling sulit dibuat karena adanya berbagai masalah yang dihadapi. Beberapa film di atas bahkan ada yang dibuat selama hampir satu tahun. Di antara film-film tersebut, mana yang sudah pernah kalian saksikan Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/