Tidak lama lagi, kita akan melihat kembalinya John Wick di film keempat. Dia akan beraksi dalam menghadapi musuh yang datang silih berganti. Seperti yang kita ketahui, John Wick menjadi buruan setelah dia membunuh salah seorang petinggi High Table. Selain itu, dia juga melanggar aturan ketat yang dimiliki The Continental Hotel. Karena itulah nyawa John Wick dihargai mahal, dan siapa saja yang bisa menangkap atau membunuhnya akan mendapat hadiah masif. Lantas yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana John Wick menghentikan dalang dari semua kejadian ini, yaitu High Table?

Siapa High Table?

High Table adalah sebuah organisasi penjahat yang terinspirasi dari mafia Italia-Amerika yang ada di dunia nyata. Mereka mampu mengatur semua kejahatan secara terorganisir. Menariknya, High Table menaungi dua belas geng atau organisasi, yang masing-masing pemimpinnya juga menjadi petinggi High Table. Namun dalam franchise John Wick, baru ada 7 geng yang terungkap yaitu Bratva, Triad, Yakuza, Cartel, Camorra, Cosa Nostra, dan Ndrangheta. Dan di bawah ketujuh geng besar itu, adalagi organisasi yang lebih kecil, dan kita pun bisa melihat sebagiannya dalam franchise John Wick. Contohnya adalah organisasi Continental Hotel, yang menyediakan tempat damai bagi para penjahat.

Nah mungkin Geeks bertanya-tanya, siapa sosok yang menjadi pemimpin High Table. Sebenarnya dalam John Wick 3, terungkap bahwa The Elder adalah pemimpin tertinggi di High Table. Dia tidak tinggal di kota, melainkan di sebuah gurun yang lokasinya sangat terpencil. The Elder adalah sosok yang bisa memberikan pengampunan kepada John Wick. The Elder sempat meminta John Wick mengabdi kepadanya, agar John Wick tidak lagi diburu. Dan tentu saja ada harga yang harus dibayar John Wick agar bisa diampuni, yaitu dengan memotong jarinya dan membunuh Winston. Meski pada akhirnya John Wick gagal melaksanakan tugasnya.

High Table Miliki Pengaruh Besar

Mengingat besarnya sumber daya dan kekuatan politik yang dimiliki oleh High Table, tidak mengherankan jika hampir semua orang takut atau setidaknya menghormati mereka. Winston sendiri pernah mengatakan bahwa, “Tanpa mereka (High Table), kita hidup bersama binatang.” Masyarakat ternyata diatur oleh aturan yang ditegakkan oleh High Table, dan mereka telah melakukan itu dari generasi ke generasi. Dari berbagai bukti di filmnya, kita tidak pernah melihat satupun polisi yang berkontribusi dalam menghentikan High Table. Padahal sudah jelas High Table melakukan berbagai aksi keji secara gamblang. Itu menandakan bahwa High Table juga memiliki kontrol penuh terhadap kepolisian, atau terhadap lembaga penegak hukum lainnya.

Bahkan lebih jauh, pemerintahan di Amerika Serikat mungkin sudah berada di bawah kendali High Table. High Table mampu menggerakan negara itu, yang berarti tidak ada satu orang pun yang sepertinya mampu menghentikan mereka. Lantas dengan pengaruh besar yang mereka miliki, bagaimana seorang John Wick mampu menghentikan High Table? John Wick mungkin memiliki segudang kemampuan bertarung maupun menembak, tetapi itu tidak akan cukup menghentikan mereka.

Cara John Wick Hentikan High Table

Dalam trailer John Wick: Chapter 4, salah seorang petinggi High Table bernama Marquis de Gramont menjanjikan kebebasan bagi John Wick. Namun kebebasan tersebut bisa John Wick dapatkan dengan cara mengalahkannya. Tidak diketahui secara pasti apakah maksud Marquis adalah dengan mengalahkannya secara langsung dalam pertarungan 1 lawan 1, atau John Wick justru harus menghadapi seluruh pasukan dan jaringan yang dimiliki oleh High Table. Tetapi jika John Wick harus mengalahkan seluruh pasukan dan jaringan High Table, maka itu akan menjadi “mission impossible” bagi John Wick, mengingat dia tidak memiliki tambahan kekuatan atau pasukan yang siap membantunya.

Sebenarnya masih ada harapan bagi John Wick mendapat tambahan kekuatan, yaitu dengan menggandeng geng atau organisasi pemberontak. The Soup Kitchen, sebuah organisasi yang dipimpin The Bowery King bisa menjadi kekuatan tambahan bagi John Wick. The Soup Kitchen memiliki wilayah kekuasaan yang berbeda, di mana mereka menguasai dunia bawah alias underground. Sebagai organisasi yang tertutup, mereka memiliki banyak agen yang penampilannya tidak begitu mencolok. Dan biasanya agen mereka memiliki penampilan seperti tunawisma.

Tapi jangan anggap sepele kemampuannya karena mereka memiliki banyak akses terhadap senjata, informasi, dan berbagai teknologi canggih. Dan karena The Bowery King memiliki “hutang budi” terhadap John Wick (begitu juga sebaliknya), maka mungkin The Soup Kitchen akan membantunya. The Bowery King dan sisa pasukannya juga punya misi balas dendam, setelah The Adjudicator dari High Table menghancurkan markas mereka, dan membunuh banyak anggota. Selain The Soup Kitchen, mungkin adalagi beberapa organisasi yang menyimpan dendam terhadap High Table, dan John Wick bisa merangkul mereka sebagai tambahan kekuatan.

Namun sepertinya, John Wick dan sekutunya harus menghabisi seluruh High Table hingga ke akarnya, termasuk para petingginya yang berkuasa. Karena jika tidak, High Table bisa kembali membalas, tapi dengan skala yang lebih besar. Itulah cara ampuh yang bisa John Wick gunakan untuk mengalahkan High Table dengan segudang kekuasan yang dia miliki. Tentu saja John Wick tidak akan bisa beraksi seorang diri karena dia membutuhkan tambahan kekuatan. Dengan merangkul organisasi lain, maka kemungkinan John Wick untuk menang menjadi bertambah.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/