Siapa yang tak mengenal Oscar? Hampir semua film yang pernah dibuat memperebutkan penghargaan bergengsi satu ini. Siapapun yang mendapat Oscar, maka ia mendapat pengakuan dan pujian besar, hasil dari sebuah kerja keras. Tentu saja, film-film yang masuk nominasi Oscar adalah film-film berkualitas dengan berbagai cerita dan pernak-pernik yang dihadirkan. Tetapi Geeks, ada beberapa film yang dianggap kontroversial karena berhasil memenangkan Oscar dalam kategori Film Terbaik alias Best Pictures. Apa saja film-film tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Forrest Gump

Geeks tentu masih ingat dengan film Forrest Gump yang membintangi Tom Hanks. Film yang rilis tahun 1994 ini berhasil mendapat Oscar kategori Best Pictures. Namun, penggemar memberikan kritik setelah film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis ini berhasil menang melawan dua film besar lainnya yaitu Pulp Fiction dan Shawshank Redemption. Dua film tadi dianggap penggemar lebih layak mendapat Best Pictures ketimbang Forrest Gump. Pulp Fiction dengan cerita dua pembunuh bayaran yang diperankan Samuel L. Jackson dan John Travolta, sementara Shawshank Redemption diadaptasi dari novel Stephen King.

Green Book

Mayoritas penonton umum dan kritikus film sama-sama terkejut ketika film Green Book berhasil memenangkan Oscar kategori Best Picture. Film ini berhasil melampaui film hitam putih garapan Alfonso Cuaron berjudul Roma. Padahal sebelum film ini menyabet Oscar, banyak kritik yang diterima Green Book. Green Book menceritakan tentang pianist kulit hitam yang menyewa jasa seorang pria kulit putih untuk menjadi supir pribadi. Mereka berdua melakukan perjalanan untuk melakukan tour konser, disanalah banyak lila-liku terjadi. Saking ogahnya film Green Book menang, sutradara Spike Lee bahkan sempat memutuskan keluar dari ruang acara setelah kemenangan Green Book diumumkan. Banyak penggemar berpendapat bahwa Roma dan The Favorite lebih pantas menang.

Crash

Crash adalah film drama bertabur bintang yang disutradarai oleh Paul Haggis. Filmnya membintangi banyak aktor besar Hollywood seperti Don Cheadle, Matt Dillon, Sandra Bullock, dan Brendan Fraser. Filmnya memang dipuji karena penampilan para pemeran. Tetapi film ini juga mendapat kritik karena cara Haggis dalam memperlihatkan hubungan ras dalam ceritanya. Yap, film ini menceritakan ketegangan rasial yang meningkat dari berbagai kelompok yang tinggal di Los Angeles. Filmnya memang menghadirkan masalah sosial yang sensitif, sehingga ada kritik besar terhadap cara pembawaan Haggis. Sehingga wajar saja jika kemenangan Oscar film Crash dalam kategori Best Picture dikritik. Crash berhasil melewati beberapa judul yang dianggap lebih layak menang seperti Brokeback Mountain.

Shakespeare in Love

Dalam gelaran Academy Awards ke-71, Shakespeare in Love berhasil memenangkan Oscar kategori Best Picture. Bagian yang paling mengejutkan adalah karena film ini berhasil mengalahkan film Saving Private Ryan, sebuah film yang menceritakan Perang Dunia II yang disutradarai Stephen Spielberg. Banyak yang menganggap bahwa kemenangan Shakespeare in Love membuat banyak orang kecewa, dan tidak terduga. Saving Private Ryan bukan satu-satunya film yang dianggap lebih layak mendapat Best Picture, karena film Thin Red Line juga dianggap memiliki potensi yang lebih besar ketimbang Shakespeare in Love. Banyak yang mengganggap bahwa film ini menang karena kampanye distribusi Harvey Weinstein yang agresif.

The King’s Speech

Setelah memenangkan Best Picture dan Best Director di tahun 2012, The King’s Speech sering diperbincangkan karena dianggap tidak layak memenangkannya. Film ini berhasil mengalahkan film lain seperti The Social Network yang menceritakan tentang bagaimana jejaring sosial Facebook tercipta. Karena itulah banyak yang mempertanyakan apakah pihak Academy membuat keputusan yang tepat dengan memilih The King’s Speech. Film ini menceritakan tentang Raja George VI, yang menyewa seorang ahli terapi Australia untuk mengatasi rasa gagapnya. Filmnya dibintangi oleh Collin Firth dan beberapa aktor beken Hollywood lainnya.

Itulah dia Geeks beberapa film yang dianggap kontroversial karena berhasil memenangkan Oscar. Di antara film tersebut, mana yang kalian pernah tonton dan menurut kalian kurang pantas untuk mendapatkan Oscar?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/