Insignia atau simbol dari Autobots dan juga Decepticon sudah menjadi bagian penting bagi franchise dan merk Transformers secara universal. Seperti yang Geeks ketahui, Autobots dan juga Decepticons adalah dua kubu atau pihak yang saling bertempur satu sama lain dalam cerita Transformers. Autobots sering kali mencoba untuk menjaga kedamaian di planet Cybertron dari serangan Decepticons.

Bahkan, tidak jarang juga Autobots ikut melindungi planet lain, seperti bumi, dari serangan mereka. Yang menarik adalah untuk membedakan kedua pihak ini mereka memiliki logo atau simbol atau insignia masing-masing. Dan kedua insignia tersebut sangat populer luar biasa. Namun, apa arti dari kedua insignia tersebut dan seperti apa sejarahnya?

Apa Arti Insignia Autobots

Autobots merupakan makhluk robotic di planet Cybertron yang memiliki kemampuan untuk berubah wujud. Mereka dipimpin oleh sosok karismatik yaitu Optimus Prime. Sering kali, para Autobots ini digambarkan atau diperlihatkan sebagai pihak atau kelompok protagonis atau kelompok yang baik. Hal ini memang menjadi tujuan utama mereka untuk melindungi Cybertron dan juga kehidupan lainnya.

Autobots diketahui mampu berubah menjadi kendaraan seperti mobil, truk, dan bahkan benda mekanik lainnya. Autobots memiliki sebuah insignia atau simbol yang menjadi perwakilan darikelompok mereka. Insignia dari kelompok Autobots ini jika diperhatikan memiliki desain yang sangat mirip dengan bentuk wajah mereka. Namun, ada sosok Transformers yang dianggap jadi inspirasi dari simbol Autobots.

Sosok Transformers tersebut adalah Prowl. Dalam cerita Transformers, Prowl bukanlah sosok sembarangan. Dia adalah salah satu ahli strategi dan militer dari Autobots. Prowl diketahui adalah rekan sekaligus juga sosok yang sangat dipercaya oleh Optimus Prime. Meskipun begitu, yang menarik adalah terdapat perbedaan sejarah dari insignia Autobots yang lebih dikenal sebagai “Autobrand” ini.

Dalam cerita animasi Generation 1 (G1), insignia dari Autobrand ini awalnya dihadirkan oleh sang dewa planet Cybertron, Quintesson, untuk dipasang di robot/Transformers ciptaannya. Namun, dalam versi cerita Marvel Comics, Autobrand ini muncul setelah terinspirasi dari cerita atau kisah Last Autobot. Last Autobot sendiri merupakan 13 Transformers yang diciptakan oleh Primus untuk menjadi penerusnya.

Merekalah yang kemudian dikenal dengan nama Autonomous Maximus. Terakhi, dalam cerita di IDW Comics yang rilis pada 2005, Autobrand diciptakan oleh sosok berpengaruh di Cybertron yaitu Shockwave. Menurutnya, gambar dari Autobrand ini merupakan perwujudan dari wajah Primus. Berbicara mengenai perbedaan insignia dari Autobots atau Autobrand, ternyata insignia ini juga mengalami perkembangan setiap masanya.

Dan masing-masing insignia juga memiliki makna yang mewakili cerita atau masa. Contohnya, Autobrand yang memiliki warna metalik dan merah menjadi perwakilan dari Generation 1. Sedangkan, Autobrand yang berwarna hitam menjadi perwujudan Autobots dalam versi live-action. Autobrand ini kemudian dilanjutkan dengan warna metalik yang memiliki kesan material besi.

Dalam versi Generation 2, insignia dari Autobrand mengalami perubahan drastis di mana wajah yang dihadirkan adalah Optimus Prime. Dalam versi IDW Comics, bahkan insignia dari Autobots sangat berbeda di mana logonya tidak memperlihatkan wajah melainkan bentuk robot. Yang paling baru dan masih digunakan sekarang adalah gambarnya masih sama seperti awal, yaitu wajah Prowl. Namun, warna keseluruhannya adalah merah.

Apa Arti Insignia Decepticons

Dipimpin oleh Megatron, Decepticons merupakan kelompok antagonis yang muncul di franchise Transformers. Mereka juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi berbagai kendaraan, mulai dari mobil, truk, bahkan pesawat tempur. Decepticons diketahui terbuat dari “besi hidup” atau “living metal” dengan sebuah struktur sel yang mampu memperbanyak dirinya sendiri.

Hal tersebut yang kemudian membuat merereka bisa berubah menjadi berbagai macam objek. Sudah sejak ribuan bahkan jutaan tahun Decepticons berusaha memenangkan pertempuran menghadapi Autobots. Tujuannya untuk mengambil alih kendali kepemimpinan dari planet Cybertron. Seperti dijelaskan di atas untuk kemudian membedakan Decepticons dan Autobots terdapat insignia yang khusus dan unik.

Transformers berhasil secara cerdas memperlihatkan insignia dari Decepticons yang memberikan kesan jahat atau protagonis. Simbolnya seolah memberikan gambaran tentang kekuatan dan ancaman. Bentuk segitiga di bagian tengah insignia tersebut menjadi strategi untuk menyimbolkan rasa takut, kepanikan, dan juga kewaspadaan. Insignia ini benar-benar memberikan kesan jahat di sekitarnya.

Jika Autobrand diketahui terinspirasi dari para karakter atau tokoh epik Cybertron, seperti Primus, Prowl, dan Optimus Prime, maka insignia dari Decepticons terinspirasi dari kepala Soundwave. Dia merupakan sosok kepercayaan dari Megatron. Meskipun begitu, insignia dari Decepticons juga memiliki asal-usul yang berbeda dan perkembangan yang menarik. Misalnya, dalam cerita Generation 1, insignia ini biasanya digunakan untuk melabeli benda atau barang militer oleh Quintesson.

Sedangkan, dalam cerita versi live-action atau di berbagai cerita modern, insignia dari Decepticon terinspirasi dari sosok Transformers bernama The Fallen, sosok Transformers jahat yang muncul di era lama Cybertron. Perkembangan insignia dari Decepticons memang tidak terlalu banyak berubah setiap masanya. Hal ini jelas berbeda dari Autobrand.

Insignia Decepticons cenderung memiliki desain yang tetap, hanya mengalami beberapa perbedaan detail di setiap masanya. Warna yang digunakan juga adalah ungu, meskipun dalam versi film dan Generation 2 warnanya berubah yaitu hitam dan biru. Insignia yang digunakan sekarang pun menggunakan warna ungu.

Berbagai Insignia Transformers Lain

Selain Decepticons dan juga Autobots, franchise Transformers juga memperkenalkan insignia lainnya untuk berbagai kelompok lain. Contohnya adalah Maximals. Maximals adalah kelompok Transformers yang mirip seperti Autobots, di mana mereka adalah hewan-hewan yang didominasi oleh mamalia. Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa insignia Maximals memiliki bentuk seperti anjing atau kucing.

Sementara, Predacons adalah lawan dari para Maximals. Mereka mirip seperti Decepticons. Predacons merupakan Transformers binatang yang didominasi oleh hewan-hewan tanpa tulang belakang (inverterbrata) atau bahkan serangga Karena hal tersebut, Predacons memiliki insignia atau simbol berbentuk kepala serangga yang mengalami sedikit modifikasi. Warna yang mereka gunakan juga ungu.

Selain kedua kelompok di atas, ada juga berbagai insignia unik dan menarik di franchise Transformers. Contohnya, insignia dari Unicron yang mirip dengan kepalanya. Kemudian insignia dari gabungan Autobots dan Decepticons yang memiliki bentuk kotak dan berwarna merah. Yang jelas insignia atau simbol-simbol ini menjadi identitas dan ciri khas dari kelompok atau bahkan masing-masing Transformers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.