Hampir genap satu bulan sejak film Ant-Man and the Wasp: Quantumania tayang perdana di seluruh bioskop Indonesia. Terlepas dari sejumlah kritik yang dilayangkan penggemar, tidak bisa kita mungkiri bahwa film solo ketiga Scott Lang dan Hope Van Dyne ini mempunyai konsep yang cukup unik. Di mana Ant-Man dan keluarga supernya diceritakan terjebak di Quantum Realm dan bertemu dengan beberapa villain menarik. Selain big bad Marvel Kang the Conqueror, ada juga MODOK yang ternyata identitas aslinya adalah Darren Cross.

Pengemar setia MCU pasti tahu siapa Darren Cross, dia adalah musuh pertama Ant-Man bernama Yellowjacket  yang diceritakan terhisap ke Quantum Realm dengan cara menyakitkan dan sempat dianggap mati oleh para penggemar. Faktanya dia berhasil bertahan hidup setelah Kang menyelamatkannya dan mengubahnya menjadi Mechanized Organism Designed Only for Killing. Berdasarkan gambar konsep yang baru saja terungkap, ternyata tadinya MODOK hampir mempunyai tampilan yang sangat berbeda di Quantumania. Berikut ini desain MODOK yang ditolak Marvel:

Gambra konsep yang batal direalisasikan di film Ant-Man and the Wasp Quantumania ini baru saja dibagikan kepada publik oleh ilustratornya langsung, yaitu Aleksi Briclot, melalui akun Instagram pribadinya. Menurut Briclot konsep awal MODOK ini dimaksudkan untuk memperlihatkan versi kacau-balau Darren Cross yang kembali diperankan oleh Corey Stoll. “Versi kacau Darren Cross / Yellowjacket yang harus bertahan di lingkungan keras dan akhirnya bertransformasi di Quantum Realm, menjadi Mental Organism Designed Only for Killing,” tulisnya di caption.

Lebih lanjut lagi, Briclot juga menyebutkan bahwa karya buatannya ini terlahir dari upayanya untuk mempertahankan materi asli di Marvel Comics sekaligus membuatnya tetap relate dengan cerita Quantumania. “Sebuah tantangan bagi saya untuk menjaganya tetap terhubung dengan mater asli dari komik dan mendorongnya lebih jauh agar dapat merangkul akar konsep dalam filmnya. Beberapa ide tentang Quantum telah memunculkannya dengan lebih tua dan mengubah banyak hal. Apakah saya memikirkan [film] The Fly dari David Croneberg? Mungkin ada sedikit di konsepnya…” ungkapnya.

Jika melihat sejarah Marvel Cinematic Universe yang memang sering merilis gambar konsep pasca perilisan filmnya, mugkin baru desain MODOK inilah yang membuat penggemar merasa cukup puas dengan versi finalnya di Quantumania. Bagaimana menurut kalian? Bagi yang belum sempat menonton filmnya, saat ini aksi MODOK di Ant-Man and the Wasp Quantumania masih bisa kalian saksikan di sejumlah bioskop Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.