Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar yang menyebutkan bahwa Disney berencana mengurangi jumlah anggaran mereka untuk dua waralaba andalannya, yaitu Marvel dan Star Wars. Jika ini benar-benar direalisasikan bukan tidak mungkin ke depannya jumlah tayangan MCU akan berkurang secara drastis, baik film maupun serialnya. Hal yang sama juga berlaku untuk Star Wars, di mana kabarnya Lucasfilm baru saja menghentikan dua proyek film terpisah yang dikembangkan oleh sutradara Patty Jenkins dan Kevin Feige.

Khusus untuk proyek film Star Wars: Rogue Squadron yang dikembangkan oleh Patty Jenkins sebelumnya memang sempat dinyatakan ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. Meskipun sutradara Wonder Woman ini mengaku masih mengembangkan proyeknya, tetapi dia sendiri tidak yakin apakah proyeknya bisa terwujud atau tidak. Di sisi lain, bos Marvel Studios Kevin Feige juga pernah dilaporkan tengah mengembangkan film Star Wars, tetapi sampai hari ini sama sekali tidak ada kabar pembaruan darinya.

Setelah sempat membuat penggemar penasaran akhirnya terungkap seperti apa nasib sebenarnya dari kedua proyek Star Wars tersebut. Dilansir dari Varietyfilm Star Wars: Rogue Squadron dan film Star Wars lainnya yang digarap oleh Patty Jenkins dan Kevin Feige sudah tidak lagi aktif dikembangkan oleh Lucasfilm. Tidak dijelaskan secara detail apa yang menjadi alasan utama dari penghentian kedua proyek tersebut, tetapi kemungkinan besar disebabkan karena pengurangan anggaran dari Disney.

Berbanding terbalik dengan film Star Wars yang digarap oleh sutradara Thor Love & Thunder, Taika Waititi, Variety justru mengklaim bahwa proyeknya masih terus dilanjutkan. Bahkan Waititi dikabarkan akan turut memainkan peran karakter yang masih dirahasiakan di film Star Wars garapannya nanti. Sebelumnya dia sudah cukup sering berperan di berbagai filmnya sendiri, misalnya sebagai Korg di film Thor: Ragnarok dan Love & Thunder, atau sebagai Adolf Hitler di film Jojo Rabbit.

Melalui kabar baik dan kabar buruk terkait berbagai proyek Star Wars ini, sepertinya Lucasfilm ingin memberitahu para penggemarnya bahwa sekarang mereka mulai kembali fokus dengan film layar lebar setelah terakhir kali menyelesaikan Skywalker Saga pada tahun 2019. Meskipun proyek Star Wars Kevin Feige sudah tidak lagi aktif, setidaknya kita bisa menantikan film garapan Waititi selanjutnya. So, kita lihat saja nanti seperti apa kelanjutan kabarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.