Sukses dengan film perdananya yang rilis pada tahun 2019, waralaba Joker dari sutradara Todd Phillips dipastikan akan segera berlanjut dengan film sekuelnya yang berjudul Joker: Folie A Deux. Film yang kembali dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini akan melanjutkan kisah Arthur Fleck alias Joker yang terakhir kali terlihat dijebloskan ke rumah sakit jiwa khusus kriminal, Arkham Asylum. Meskipun detail plotnya masih dirahasiakan, tetapi sebuah bocoran video behind-the-scene terbaru mengungkapkan bahwa akan ada lebih dari satu Joker di filmnya nanti. Apakah ini pertanda kemunculan Cult of Joker? Mari kita bahas.

Sejumlah Joker Terlihat di BTS Folie A Deux

Beberapa hari yang lalu sejumlah bocoran foto dan video BTS dari lokasi syuting Joker 2 telah menyebar dengan sangat cepat di kalangan penggemar. Sebagian besar bocorannya memperlihatkan Joaquin Phoenix yang tengah melangsungkan syuting di jalanan Kota New York, di mana dia terlihat kembali dengan make up badut khasnya lengkap dengan setelan jas yang tampak sedikit lusuh. Menariknya dalam sebuah video dia terlihat dikejar oleh dua sosok lain yang berdandan seperti dirinya. Melihat upaya mereka yang sampai terjatuh-jatuh, kedua peniru tersebut tampaknya sangat terobsesi dengan Arthur.

Mengingat film sebelumnya telah melakukan banyak pendekatan kisah DC yang lebih realitis, kecil kemungkinan bahwa Joker 2 akan menghadirkan kisah tentang multiverse. Penjelasan yang lebih logis justru mengindikasikan bahwa dua Joker yang mengejar Arthur adalah bagian dari Cult of Joker yang kemunculannya sempat diisyaratkan di ending film pertamanya. Sebagai pengingat di film Joker, saat Arthur melakukan penampilan televisi dan memperlihatkan kekejamannya kepada publik, terungkap bahwa ada sejumlah orang yang sangat mendukungnya, merekalah cikal bakal dari penyembah Joker di Joker 2 nanti.

Eksistensi Cult of Joker di DC Comics

Di DC Comics sendiri bisa dibilang setiap kali Joker menampakkan dirinya di berbagai kisah Batman atau superhero lain, umumnya dia selalu diceritakan mempunyai banyak pengikut setia yang rela melakukan apa saja demi dirinya. Dari sinilah para penggemar mulai mengenal para pengikutnya dengan sebutan Cult of Joker alias sekelompok orang yang menyembah Joker. Dan dari sekian banyak penyembah Joker yang diceritakan di DC Universe, salah satunya yang paling terkenal adalah kelompok yang menamai diri mereka sebagai Joker Gang, di mana setiap anggotanya rela mengikuti gaya hidup Joker.

Joker Gang sendiri sebenarnya bisa kita bagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari sejumlah warga Gotham di kisah New 52 yang mendukung prinsip Joker karena menganggapnya sebagai juru selamat bagi kota mereka, seperti yang terjadi juga kepada Arthur di film Joker. Sampai kategori yang lebih ekstrem di kisah New Earth, di mana sekelompok kriminal mulai bergabung dengan Joker agar menjadi lebih kuat dan merasa lebih bebas melakukan apa pun yang mereka mau. Tidak sedikit dari versi ekstremnya ini yang bahkan mengklaim diri mereka sebagai Killer Clowns alias para badut pembunuh.

Dampak Kemunculan Cult of Joker di Joker 2

Jika teori tentang kemunculan kelompok penyembah Joker ini benar, artinya film Joker 2 punya potensi yang jauh lebih besar dari sekadar kisah yang berfokus di Arkham Asylum. Keterlibatan Lady Gaga sebagai pemeran Harley Quinn sendiri sebenarnya sudah cukup menjanjikan bagi para penggemar, di mana dia dipastikan akan menambah kegilaan yang ada di filmnya. Nah sekarang dengan kemunculan Cult of Joker, bisa kita bayangkan akan serusuh dan semeriah apa sekuel Joker nanti. Karena bukan tidak mungkin mereka akan bertindak layaknya Killer Clowns yang melanjutkan pembantaian di Kota Gotham.

Mengingat di film pertamanya Arthur sendiri tidak punya motif yang pasti untuk membunuh para korbannya, di mana dia hanya menghabisi orang-orang kaya yang menindas orang kecil, bukan tidak mungkin Cult of Joker juga akan mengikuti apa yang telah dilakukan Arthur walaupun dia tengah dipenjara di Arkham Asylum. Nah kembali ke bocoran video BTS terbaru Joker 2, kemungkinan dua peniru yang mengejar Arthur adalah bagian cari Cult of Joker yang ingin bertemu langsung dengan idolanya, sementara alasan Arthur lari mungkin karena dia merasa kebingungan setelah didewakan oleh para pengikutnya.

Itulah pembahasan tentang teori Cult of Joker yang berpotensi melakukan debutnya di film Joker 2 mendatang. Meskipun mungkin awalnya Arthur akan sedikit bingung dengan keberadaan sekelompok orang yang mengidolakan atau menyembahnya, tetapi seiring berjalannya waktu sepertinya akan menarik jika dia akhirnya bisa menerima mereka. Dengan begitu ke depannya dia bisa mendirikan kerajaan kriminal di semestanya sendiri, seperti yang biasa Joker lakukan di sebagian besar kisah klasik DC. Kita lihat saja nanti kebenarannya saat film Joker Folie A Deux tayang pada 4 Oktober 2024 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.