John Wick adalah salah satu waralaba film aksi yang saat ini sangat digandrungi oleh para penggemar mancanegara, tanpa terkecuali Indonesia. Sebentar lagi film keempatnya yang berjudul John Wick: Chapter 4 atau sering disebut juga sebagai JW4, akan segera menyapa para penggemarnya di bioskop. Sebelum melihat petualangan baru John Wick yang kini akan memburu organisasi kriminal terkuat di semestanya, yaitu High Table, mari kita kenali lebih jauh siapa karakter yang diperankan oleh Keanu Reeves ini. Mulai dari kehidupan masa lalunya, sampai arti tatonya, berikut ini fakta John Wick yang jarang orang tahu!

Mantan Angkatan Laut Amerika

Sebelum menjadi salah satu assassin paling legendaris di dunia, Wick tampaknya adalah seorang mantan marine corps alias angkatan laut Amerika. Fakta ini terungkap melalui berbagai petunjuk yang ada pada karakternya, termasuk dari tato ‘Fortis Fortuna Adiuvat’ di punggungnya serta keahlian John Wick saat menggunakan senjata yang biasanya hanya dimiliki oleh angkatan laut. Di film pertamanya, Wick sering terlihat menggunakan M16 sebagai senjata laras panjang andalannya, di mana cenderung menembak musuhnya dua kali di dada dan satu kali di kepala untuk memastikan kematian targetnya, seperti yang sering dilakukan dalam pelatihan khusus menembak angkatan laut Amerika.

Punya Tato Penuh Makna

Seperti yang sudah disinggung di atas, fakta berikutnya yang jarang orang tahu adalah tato John Wick yang sebenarnya penuh makna. Dalam sebuah adegan mandi di film pertama John Wick, kamera sempat menyoroti punggungnya yang penuh dengan tato. Cukup jelas bahwa pada bagian punggung atasnya terdapat tato bertuliskan kalimat latin ‘Fortis Fortuna Adiuvat’ yang artinya keberuntungan hanya untuk orang yang berani. Menariknya, arti tato favorit angkatan laut Amerika ini cukup selaras dengan kisah Wick, di mana dia tidak pernah gentar meskipun menghadapi musuh yang lebih banyak darinya, dan anehnya dia selalu beruntung bisa menjadi orang terakhir yang bertahan.

Bukan Orang Amerika Asli

Meskipun punya latar belakang angkatan laut Amerika dan sering dikira orang Amerika asli, John Wick sebenarnya adalah orang Belarusia yang dahulu sempat menjadi bagian dari Uni Soviet. Fakta ini terbukti dari asal-usulnya yang lahir sebagai anak yatim piatu bernama Jardani Jovonovich di Belarusia pada tanggal 12 September 1964. Ketika beranjak dewasa barulah dia meninggalkan Belarusia sampai akhirnya direkrut oleh organisasi kriminal Ruska Roma dan dilatih untuk menjadi assassin oleh pemimpin wanitanya The Director, yang tidak lain adalah ibu angkat Wick. Kemudian pada suatu titik, ketika mencoba berbaur dengan kehidupan Amerika, dia lantas mengganti namanya menjadi John Wick.

Hampir Punya Nama Scorn

Saat ini seluruh penggemar film aksi mungkin mengenal siapa John Wick melalui fakta keberhasilan filmnya di seluruh dunia. Menariknya ternyata sebelum waralabanya dirilis, sutradara Chad Stahelski sempat menamai film pertamanya dengan ‘Scorn’, tetapi karena Reeves menyukai nama ‘John Wick’, dia akhirnya bersedia untuk menggantinya. Bagi yang belum tahu, sejak awal nama John sendiri sebenarnya merupakan bahasa Inggris dari nama Rusianya, Jardani. Sedangkan Wick adalah pelafalan dari empat huruf terakhir dari Jovonovich. Semua permainan kata dalam nama inilah yang mungkin akhirnya membuat ‘John Wick’ terdengar sangat ikonis.

Menguasai Enam Seni Bela Diri

Baik di film pertamanya, maupun di Chapter 2 dan Parabellum, Wick memang lebih sering menggunakan senjata ketika bertarung, entah itu senjata api atau sebuah pensil. Namun ada fakta menarik dari karakternya yang perlu kita tahu, bahwa di balik semua keahliannya dalam menggunakan senjata, sebenarnya John Wick juga mahir dalam seni bela diri. Di mana setidaknya gaya bertarungnnya merupakan kombinasi antara Brazilian Jiu-Jitsu, kemudian Judo, Jujutsu, dan Aikido dari Jepang, Sambo dari Rusia, serta Krav Maga. Itulah mengapa ketika bertarung dengan karakter Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian di Parabellum, dia bisa menandingi seni bela diri Pencak Silat dari Indonesia.

Terinpirasi dari Tokoh Nyata

Fakta terakhir John Wick yang mungkin tidak pernah kalian dengan sebelumnya adalah sumber inspirasi dari karakter yang diperankan oleh Keanu Reeves tersebut. Di dunia nyata ternyata ada pensiunan angkatan laut Amerika bernama Marcus Luttrell yang kisahnya mirip seperti Wick di film pertamanya. Setelah menjadi satu-satunya orang yang selamat dari misi Operation Red Wings, Luttrell kembali ke negaranya dalam keadaan PTSD, gangguan kecemasan pasca perang. Anjing kesayangannya lah yang telah berhasil membuatnya tetap merasa aman. Sayangnya anjing tersebut dibunuh oleh dua perampok, sehingga Luttrell terpaksa memburu mereka untuk menuntut balas.

Itulah pembahasan tentang fakta menarik John Wick yang perlu kalian tahu agar bisa lebih mengenal karakternya. Dengan berbekat semua fakta ini setidaknya kita bisa mengerti mengapa Wick sangat hebat dalam setiap aksinya. Karena ternyata dia punya latar belakang, keahlian, dasar bela diri, serta motivasi yang sangat kuat sehingga bisa seperti sekarang. Dan yang lebih hebatnya lagi, setiap puncak kemampuan yang dimilikinya bahkan masih terus berkembang sampai sekarang, tanpa terkecuali di film John Wick: Chapter 4 yang akan dirilis tanggal 24 Maret besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.