Tahun ini film animasi Spider-Verse yang digarap oleh Sony akan segera merilis sekuelnya yang berjudul Spider-Man: Across the Spider-Verse. Di film keduanya nanti Miles akan diceritakan berkeliling multiverse setelah menerima ajakan dari love interestnya, Spider-Gwen. Dalam prosesnya dia akan bertemu dengan banyak sekali varian Spider-Man yang berasal dari berbagai semesta alternatif. Salah satu varian yang dirumorkan untuk muncul di Spider-Verse 2 adalah Spider-Man MCU dari Tom Holland. Yang sekarang jadi pertanyaan adalah bagaimana hal tersebut bisa terealisasi? Begini teorinya, Geeks!

Miles Masuk ke Semesta Live Action

Secara teori, kemunculan Spider-Man MCU di film Spider-Verse 2 sebenarnya bisa terjadi dengan dua cara, yang pertama Spidey Tom Holland bisa masuk ke semesta animasi untuk membantu Miles Morales, atau yang kedua Miles justru mampir ke semesta live action MCU karena sebuah peristiwa khusus. Selaras dengan kemungkinan yang kedua, baru-baru ini scooper Jeff Sneider mengklaim bahwa salah satu semesta alternatif yang berpotensi didatangi oleh Miles dalam petualangan keduanya nanti adalah versi live action Marvel Cinematic Universe, sehingga dia bisa bertemu dengan varian Spidey versi Holland.

Sneider bahkan menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa Spider-Verse 2 sempat mengalami beberapa kali penundaan tidak lain adalah karena Sony memang ingin menghadirkan Tom Holland di filmnya. Berdasarkan sinopsis resmi Spider-Verse 2, Miles memang akan diceritakan berkeliling multiverse bersama Gwen untuk meminta bantuan kepada sekelompok Spider-People yang disebut Spider-Force untuk mengatasi masalah baru yang tengah dihadapinya. Walaupun Spider-Man MCU bukan bagian dari Spider-Force, tetapi kehadirannya sudah pasti akan membuat filmnya makin menarik untuk disaksikan.

Terjadi Saat Portal Multiverse MCU Terbuka

Terlepas dari keinginan Sony yang ingin segera menghadirkan Spider-Man MCU di Spider-Verse 2, di sisi lain studio juga harus benar-benar memperhatikan batasan dan aturan multiverse yang diberlakukan oleh Marvel Studios di semesta live actionnya. Karena jika sembarang menghadirkan karakternya, bukan tidak mungkin hal tersebut justru malah akan berpotensi membuat konsep multiverse dari kedua studio saling tumpang tindih. Itulah mengapa sepertinya ‘win win solution’ untuk merealisasikan hal tersebut adalah saat peristiwa No Way Home terjadi di MCU, di mana portal multiverse tengah terbuka lebar.

Seperti yang kita tahu bersama, peristiwa No Way Home sendiri pada dasarnya bercerita tentang terbukanya portal dari semesta lain ke MCU. Di mana hal tersebut bisa terjadi karena Doctor Strange gagal merapal mantra penghapus ingatan setelah diganggu oleh Peter Parker alias Spider-Man. Hasilnya, banyak villain dan varian Spider-Man dari semesta lain, seperti Spidey Tobey Maguire dan Spidey Andrew Garfiel yang tidak sengaja masuk ke MCU. Nah, bisa saja hal tersebut sebenarnya terjadi juga secara off-screen kepada Miles Morales, bertepatan dengan peristiwa di Spider-Verse 2.

Alih-alih ikut terlibat dalam pertempuran di No Way Home, mungkin Miles hanya mampir sebentar di semesta live action MCU, sebelum kembali melanjutkan perjalanannya untuk mencari Spider-Force. Jika teori ini benar, sepertinya akan menarik juga jika Miles sempat bertemu dan berbicara sepatah dua patah kata dengan Spider-Man MCU sebelum mereka berpisah. Bagi Spidey Tom Holland sendiri hal ini seharusnya bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena dia tahu bahwa saat peristiwa No Way Home terjadi segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk bertemu dengan varian asing seperti Miles Morales.

Dampak Pertemuan Miles dan Spidey MCU

Bagaimanapun interaksi mereka nantinya, pertemuan antara Spidey Holland dan Miles di semesta live action MCU tentunya akan mempunyai dampak yang cukup besar terhadap kedua semestanya. Karena jika itu semua terjadi, artinya film Spider-Verse 2 secara tidak langsung akan mengonfirmasi bahwa semesta animasi Miles dan MCU berada di multiverse Marvel yang sama. Lebih jauh lagi ke depannya Holland juga bisa saja kembali untuk memainkan peran yang lebih besar, misalnya masuk ke semesta animasi, di film ketiga Spider-Verse yang berjudul Spider-Man: Beyond the Spider-Verse pada masa mendatang.

Itulah pembahasan tentang teori pertemuan antara Miles Morales dan Spider-Man MCU di film Spider-Verse 2. Di mana Miles dirumorkan akan mampir ke semesta live action Spidey Holland dan menandai bahwa mereka berada di multiverse Marvel yang sama. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah benar nantinya kedua Spidey ikonis dari masing-masing semesta ini akan saling bertemu? Kita lihat saja nanti seperti apa kejutan dan keseruannya, saat film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse tayang perdana di bioskop seluruh dunia pada tanggal 2 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.