Rilis perdana pada tahun 2014 silam, John Wick adalah waralaba film aksi klasik yang sejauh ini sudah merilis berbagai sekuel. Termasuk film teranyarnya yang akan tayang pada bulan Maret ini, yaitu John Wick: Chapter 4 alias JW4. Premis utama dari ceritanya adalah petulangan sekaligus perjuangan mantan assassin John Wick (Keanu Reeves) yang secara tidak sengaja harus berurusan dengan banyak organisasi kriminal di semestanya. Menjelang perilisan film keempatnya, kali ini kita akan merekap berbagai organisasi kriminal yang sejauh ini telah diperkenalkan di semesta John Wick. Let’s check this out!

Tarasov Mob

Organisasi kriminal pertama yang diperkenalkan di film perdana John Wick adalah Tarasov Mob. Sebagai mafia Rusia yang aktif di Kota New York, Tarasov Mob awalnya dipimpin oleh Viggo Tarasov, ayah dari Iosef Tarasov yang mencuri mobil dan membunuh anjing kesayangan John Wick. Dari sinilah Wick yang dahulu sempat menjadi agen Tarasov akhirnya berbalik melawan Tarasov Mob dan semua anggotanya. Singkat cerita, setelah Wick membantai Iosef, Viggo, dan para kriminal malang lainnya, saat ini kekuasaan Tarasov Mob jatuh ke tangan adik Viggo, yaitu Abram Tarasov, yang mau tidak mau terpaksa berdamai dengan Wick demi keselamatannya dan kelangsung organisasinya.

Continental Hotel

Bisa dianggap juga sebagai bagian dari organisasi kriminal underworld di semesta John Wick, Hotel Continental yang dijalankan oleh Winston dan resepsionisnya yang bernama Charon sengaja memposisikan bisnis mereka sebagai tempat singgah bagi para assassin di Kota New York. Hal itu terbukti dari berbagai ruangan khusus seperti kamar pas dan gudang persenjataan yang diperuntukkan bagi para assassin yang tengah menjalankan sebuah misi. Di film Chapter 2, ketika Wick membunuh Santino D’Antonio di dalam Continental, bisnis milik Winston ini sempat dihentikan oleh High Table. Namun, di ending Parabellum, bisnisnya kembali berjalan setelah Winston bersedia membunuh Wick.

The Soup Kitchen

Soup Kitchen adalah organisasi kriminal yang keberadaannya di semesta John Wick bisa dibilang sangat misterius, karena mereka tidak pernah sengaja menampakkan dirinya untuk melakukan tidak kriminal seperti mafia lain. Peran organisasi yang dipimpin oleh Bowery King ini hanya menyediakan jasa informan dan assassin bagi yang membutuhkannya. Para anggotanya, seperti Tick-Tock Man, Earl, dan lain sebagainya, sering terlihat menyamar sebagai tunawisma yang tersebar di Kota New York. Karena menaruh kebencian terhadap High Table, tampaknya Bowery King dan organisasinya ini akan menjadi sekutu kuat bagi Wick di film keempatnya nanti.

Camorra

Camorra adalah organisasi kriminal Italia sekaligus kelompok rahasia yang jadi musuh bagi John Wick di Chapter 2 dan Parabellum. Saat pemimpin utamanya mati secara off-screen, kekuasaan Camorra sempat dimaksudkan untuk jatuh kepada anak perempuannya yang bernama Gianna D’Antonio. Namun karena Santino D’Antonio cemburu, dia lantas menyuruh Wick untuk membunuhnya saudarinya tersebut agar bisa menduduki kursi ayahnya di High Table. Mirisnya karena Santino menyuruh orang lain untuk membunuh Wick untuk menutupi perbuatannya, dia akhirnya mati juga di tangan Wick. Hal inilah yang membuat High Table marah dan mengadakan perburuan besar-besaran terhadap Wick.

Ruska Roma

Ruska Roma adalah organisasi kriminal yang menjadi tempat asal bagi John Wick. Pemimpin wanitanya yang dikenal sebagai The Director adalah mentor sekaligus ibu angkat Wick saat dia pertama kali hijrah dari Rusia ke Amerika. Di film Parabellum, Wick sempat meminta bantuan kepada The Director agar dia bisa kabur dari perburuan yang diselenggarakan oleh Continental atas paksaan High Table. Karena merasa Wick pernah menjadi bagian dari Ruska Roma, Director terpaksa membantunya kabur, sebagai bayaran kedua tangannya akhirnya ditusuk oleh agen High Table bernama Zero. Ruska Roma sendiri adalah organisasi yang menyediakan jasa ‘Ballerina’ sebagai assassinnya.

The High Table

Terakhir organisasi kriminal yang sejauh ini telah diperkenalkan di semesta John Wick tidak lain adalah High Table. Bertindak sebagai organisasi tertinggi yang paling dihormati dan ditakuti di kalangan kriminal underworld, High Table adalah perkumpulan dua belas dewan kriminal terkuat di dunia, Santino dari Camorra adalah salah satunya. High Table sendiri dipimpin oleh sosok misterius bernama Elder yang mengklaim dirinya sebagai The Man Above the Table.

Di Parabellum, Elder adalah orang yang sempat menyuruh Wick untuk memotong jarinya dan membunuh Winston jika ingin diampuni dari semua kesalahannya. Konon selain Camorra, organisasi kriminal kuat lainnya yang bersumpah untuk setia kepada High Table di antaranya adalah Yakuza, Triad, Cosa Nostra, Ndrangheta, Bratva, dan sejumlah Cartel Meksiko, yang sejauh ini eksistensinya di semesta John Wick masih belum terungkap. Adapun agen khusus High Table yang telah menampakkan dirinya adalah The Adjudicator dan juga Zero yang tewas dibunuh John Wick di Parabellum.

Itulah berbagai organisasi kriminal yang sejauh ini telah diperkenalkan di waralaba John Wick. Di film keempatnya nanti bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak organisasi baru yang muncul, baik sebagai bagian dari High Table maupun sebagai sekutu John Wick. Mengingat kali ini Wick akan membalaskan dendamnya kepada High Table, sepertinya film John Wick Chapter 4 yang dijadwalkan untuk dirilis tanggal 24 Maret besok, akan jauh lebih besar dan lebih menegangkan dari sebelumnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.