Sebagai superhero Amerika yang digandrungi oleh para penggemar dari mancanegara, sampai hari ini bisa dibilang Clark Kent/Kal-El alias Superman adalah salah satu karakter DC yang tercatat mempunyai banyak sekali tayangan live action. Bukan hanya yang sudah tayang di layar lebar saja, tetapi juga sejumlah proyek film yang pada akhirnya terpaksa dibatalkan walaupun sempat dikembangkan, seperti Superman Lives dan Superman Flyby. Terlepas dari alasannya, hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak kostum Superman batal ditampilkan di berbagai film live action DC. Seperti 6 kostum ikonis di bawah ini.

Superman Lives

Sempat hampir tampil sebagai pemeran utama di film batal Superman Lives, yang dikembangan oleh sutradara Tim Burton pada tahun 1990-an, aktor Nicolas Cage ternyata pernah mencoba kostum ikonis sang Man of Steel yang berwarna biru terang. Kostum ini sekilas terlihat seperti terbuat dari plastik, di mana aksen ototnya tampak cukup mencolok. Pada test footage pertamanya terlihat bahwa lambang ‘S’ pada kostumnya hampir menutupi seluruh dada Cage dan tersambung langsung dengan jubah merahnya. Namun, saat versi finalnya diungkap kepada publik, ternyata lambangnya diubah menjadi lebih kecil dengan warna kuning sebagai latarnya.

Regenerative Kryptonian Suit

Selain kostum tradisional di atas, sebenarnya karakter Clark Kent dari Nicolas Cage di film batal Superman Lives tadinya hampir mempunyai kostum lain juga yang disebut regen suit, atau yang lebih dikenal sebagai Regenerative Kryptonian Suit. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, kostum ini tampak transparan dan sangat mengkilap. Meskipun terkesan berlebihan, tetapi kostum yang di dalamnya terdapat jaringan fiber optik ini mempunyai fungsi sebagai life-support system bagi Superman. Kabarnya versi final dari kostum tadinya akan diperlihatkan berubah menjadi Black Suit, mengisyaratkan bahwa Superman telah pulih dari luka-luka yang diderita sebelumnya.

Superman Flyby

Sebelum Warner Bros. merilis film Superman Returns pada tahun 2006, sebenarnya dua tahun sebelumnya sutradara J.J. Abrams sempat mengembangkan film lain yang berjudul Superman Flyby. Sayangnya karena kendala terkait casting, pada akhirnya proyek yang cukup ambisius ini terpaksa dibatalkan. Walaupun begitu sampai hari ini kita masih bisa melihat sejumlah gambar konsep terkait kostum Superman yang batal ditampilkan di filmnya. Sebagian besar desain kostumnya ini sepertinya dimaksudkan untuk menonjolkan tiga ciri khas Superman Flyby, yaitu celana pendek merah yang dihilangkan, sabuk yang menyatu dengan kostum, dan jubah yang tersambung pada lambang di dadanya.

Justice League Mortal

Jauh sebelum film Justice League dirilis sebagai bagian dari jagat sinema live action DC Extended Universe, sebenarnya pada tahun 2009 WB juga sempat mengembangkan film crossover DC berjudul Justice League Mortal. Pada saat itu bahkan jajaran pemeran dan lokasi syutingnya sudah ditentukan, begitu juga dengan sejumlah kostum yang tengah diproduksi. Sekarang, setelah lebih dari satu dekade berlalu sejak pembatalannya, hanya ada sebagain gambar konsep yang terungkap pada publik. Salah satunya adalah gambar di atas, yang menampilkan kostum batal Superman tanpa celana pendek merahnya, bersama kostum superhero lainnya yang tidak kalah menarik sekaligus membuat penasaran.

Test Costume Man of Steel

Dibandingkan dengan berbagai film Superman yang dibatalkan, Man of Steel yang dibintangi oleh Henry Cavill bisa dibilang lebih beruntung karena berhasil tayang dan menarik perhatian banyak penggemar, sehingga karakternya bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama. Menariknya, ternyata selain kostum yang bisa kita lihat di berbagai filmnya, termasuk Black Suit di Justice League, ternyata Cavill juga sempat mengenakan kostum lain yang sedikit berbeda pada test footage pertamanya. Meskipun terlihat sama seperti versi finalnya, faktanya kostum batal Superman yang tidak ditampikan di film Man of Steel ini mempunyai lambang yang lebih sederhana tanpa warna dasar kuning.

Alternate Man of Steel

Masih dengan film Man of Steel di DCEU, Henry Cavill juga tadinya hampir tampil sebagai Superman dengan kostum yang didesain oleh ilustrator Warren Manser. Berbeda dari versi final yang diperlihatkan di filmnya, desain kostum batal ini terlihat masih mempertahankan celana pendek merah sebagai ciri khas Superman. Yang lebih menariknya lagi, pada bagian kostumnya yang berwarna biru terlihat jelas bahwa ada banyak aksen garis yang menyerupai serat otot Superman. Mungkin inilah alasan mengapa sejak awal kostum Superman di DCEU disebut Kryptonian ‘skinsuit’ karena mirip seperti kulit luar bagi Clark Kent.

Itulah 6 kostum Superman yang batal ditampilkan di berbagai film live action DC. Melihat sejarah kostum dan proyek Superman yang cukup panjang ini bisa kita simpulkan bahwa meskipun karakternya populer, tetapi menggarap film live action yang berkaitan dengan karakternya adalah hal yang tidak mudah. Saat ini di bawah kepemimpinan baru DC Studios sebuah film baru berjudul Superman Legacy tengah dikembangkan dan dijadwalkan untuk tayang pada tahun 2025 mendatang. Kita lihat saja nanti seperti apa kostum baru Superman di film live action DC Universe selanjutnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.