Tidak seperti seni rupa atau seni sastra yang bisa dilakukan seorang diri, film justru merupakan seni kolaboratif yang umumnya dibutuhkan banyak orang agar bisa mewujudkan pertunjukan yang menyenangkan. Di mana dalam setiap adegannya biasanya terdapat pemeran protagonis, antagonis, bahkan figuran yang saling berinteraksi. Namun tahukah kalian bahwa di industri perfilman Hollywood sendiri sebenarnya ada sejumlah film yang mendobrak stigma tersebut dan berhasil. Berikut ini 10 film Hollywood yang ternyata sebagian besar bahkan keseluruhan adegannya hanya dimainkan oleh satu karakter!

Cast Away (2000)

Cast Away adalah salah satu film terbaik dari aktor veteran Hollywood Tom Hanks, di mana dia berperan sebagai karakter bernama Chuck Noland, seorang eksekutif FedEx yang terjebak di sebuah pulau terpencil. Semuanya bermula saat pesawat terbang yang ditumpanginya terjatuh dan membuatnya terbangun di tengah samudra tanpa ada seorang pun manusia hidup yang menemaninya. Dalam perjuangannya untuk bertahan hidup, masalah terbesar yang harus dia hadapi adalah kesendirian. Saking kesepiannya, Chuck sampai mengambar wajah pada sebuah bola voli dan menjadikannya sahabat karib.

Bronson (2008)

Diadaptasi dari kisah nyata, Bronson merupakan film Hollywood bergenre biografi yang bercerita tentang kehidupan satu karakter bernama Michael Peterson alias Charles Bronson. Di filmnya sendiri karakter Bronson yang terkenal sebagai tahanan paling brutal di Inggris ini diperankan oleh aktor Tom Hardy. Meskipun ada sedikit adegan yang menampilkan pemeran figuran, tetapi sebagian besar kisahnya hanya dimainkan oleh Hardy seorang diri. Di mana dia memainkan ekspresi, gerak tubuh, dan melakukan monolog yang seakan-akan ditujukan langsung kepada para penontonnya.

Moon (2009)

Film Hollywood berikutnya yang dimainkan oleh satu karakter manusia saja adalah Moon. Film bergenre sci-fi ini bercerita tentang misi seorang astronaut bernama Sam yang harus berkeliling bulan untuk menambang bahan bakar Helium-3. Dalam prosesnya tidak ada satu orang pun manusia yang bisa dia ajak berinteraksi, kecuali komputernya yang bernama GERTY. Dalam filmnya selama kurang lebih tiga tahun, Sam harus melawan naluri manusianya untuk bersosialisasi. Meskipun awalnya tampak biasa saja, tetapi pada akhirnya kesepian Sam perlahan-lahan dapat membuat para penonton merasa bersimpati.

Buried (2010)

Di seluruh dunia mungkin banyak yang mengenal aktor Ryan Reynolds, tetapi jarang yang mengetahui bahwa bintang Hollywood ini pernah membintangi film yang hanya punya satu karakter berjudul Buried. Faktanya film yang bergenre survival ini dapat membuat siapa pun yang menontonnya dapat merasakan ketakutan sekaligus penderitaan yang dialami oleh karakter Reynolds, yaitu seorang supir truk bernama Paul Conroy. Alasannya karena di filmnya Conroy diceritakan harus terjebak di dalam kotak kayu yang terkubur, di mana dia hanya bisa bergantung pada handphone, korek api, dan glow stick yang ada disakunya.

127 Hours (2010)

Jika film 127 Hours tidak pernah dibuat dan dirilis, mungkin tidak akan ada orang yang percaya bahwa di Amerika pernah ada seorang pendaki yang sengaja memotong tangannya karena terjepit batu. Film Hollywood yang hanya dibintangi oleh James Franco ini bercerita tentang kisah perjuangan satu karakter malang bernama Aron Ralston yang berusaha bertahan hidup di tengah pegunungan batu Canyonlands National Park. Ketika tengah mendaki, tangan kanannya diceritakan terjepit oleh batu besar yang terjatuh. Karena tidak ingin mati karena kelaparan dan dehidrasi, dia terpaksa mengorbankan tangannya sendiri.

Life of Pi (2012)

Masih tentang film terdampar, Life of Pi bercerita tentang perjuangan satu karakter anak muda bernama Pi Patel yang harus bertahan hidup di tengah lautan selama 227 hari. Diperankan oleh Suraj Sharma, Pi diceritakan terpaksa harus bertahan di sebuah perahu sekoci karena kapal laut yang ditumpanginya hancur diterjang badai. Yang mengerikan adalah fakta bahwa di perahu tersebut Pi tidak sendirian, karena ternyata dia juga harus berbagi tempat dengan seekor harimau bengal. Untungnya, karena merasakan derita yang sama, mau tidak mau pada akhirnya mereka berusaha saling menjaga satu sama lain.

Locke (2013)

Lima tahun setelah membintangi Bronson, tampaknya Tom Hardy masih ketagihan untuk bermain di film yang hanya bercerita tentang satu karakter saja. Di film Locke, Hardy berperan sebagai karakter benama Ivan Locke, yang harus berkendara seorang diri menggunakan mobilnya dari Birmingham ke London. Sepanjang film Locke diceritakan melakukan dialog dengan orang di seberang teleponnya. Meskipun dia tidak berbicara sendiri, karena kita juga bisa mendengar suara dari aktor lain, tetapi secara keseluruhan adegannya kita hanya diperlihatkan pada ekspresi Locke yang beragam.

All Is Lost (2013)

Sesuai dengan judulnya, All Is Lost adalah film Hollywood yang bercerita tentang kisah seorang pria tanpa nama yang harus kehilangan segalanya. Nasib buruk yang menimpa karakter dari Robert Redford ini dimulai setelah dia terjebak di tengah lautan dengan kapalnya, tanpa navigasi dan juga radio. Karena filmnya berusaha menggambarkan kisah suram dari protagonisnya, kita hanya melihat adegan demi adegan yang minim dialog. Dalam prosesnya ada banyak sekali rintangan yang harus dialami karakternya, mulai dari serangan hiu dan badai yang membawanya makin tersesat.

Gravity (2013)

Pada menit-menit awal film Gravity, kita memang disajikan pada dialog dua astronaut dari aktor George Clooney dan Sandra Bullock yang tengah menjalankan misi di satelit ruang angkasa. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama karena karakter Clooney diceritakan mati setelah satelit mereka hancur, sehingga mau tidak mau karakter Dr. Ryan Stone yang diperankan Bullock mau tidak mau harus berjuang seorang diri untuk bertahan hidup di luar angkasa. Karena hanya bisa menatap Bumi dari kejauhan, para penonton akhirnya mulai merasakan kesedihan dan kesepian yang dialami Dr. Ryan.

The Shallows (2016)

Film Hollywood terakhir yang hanya punya satu karakter manusia di dalamnya adalah The Shallows. Di filmnya ini karakter peselancar yang diperankan oleh Blake Lively diceritakan harus terdampar di sebuah baru karang setelah ombak besar menerjangnya. Mirisnya, meskipun jarak antara dirinya ke daratan hanya 180 meter, tetapi dia diceritakan tidak bisa berenang karena luka yang dideritanya. Lebih parahnya lagi, luka di tubuhnya ternyata mengundang hiu putih yang sangat ganas. Hal tersebut membuatnya terjebak pada dua ancaman, yaitu tewas kelaparan atau tewas dimakan hiu yang kelaparan.

Itulah 10 film Hollywood yang sukses menghibur penontonnya meskipun hanya menghadirkan kisah dari sudut pandang satu karakter saja. Tujuan utama dari sebagian besar film ini memang ingin menggambarkan betapa kesepiannya ketika seseorang hanya menjalani kehidupannya seorang diri, terlepas apakah dia melakukannya dengan sengaja atau tidak. Pada akhirnya akting yang ciamik dari satu aktornya berhasil membuat para penonton merasa relate dengan setiap ekspresi, adegan, bahkan perasaan yang berusaha ditunjukan di sepanjang filmnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.