Memasuki Fase 5 Marvel Cinematic Universe, ‘Superman Marvel’ yang bernama Sentry memang cukup santer dibicarakan oleh para penggemar. Menariknya, rumor terkait kemunculan Sentry baru-baru ini makin diperkuat dengan salah satu adegan di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang menyebutkan nama dari alter ego jahatnya, yaitu Void. Selain terkenal sebagai superhero terkuat, Sentry sendiri memang dikenal punya sisi jahat yang bernama Void. Seperti apa easter egg-nya dan apakah ini menjadi pertanda debut Sentry sebagai supervillain Void di MCU? Mari langsung saja kita bahas.

Easter Egg ‘Void’ di Quantumania

Bagi yang sudah menonton film Ant-Man and the Wasp Quantumania, mungkin kalian masih ingat dengan adegan Janet Van Dyne ketika dia mencoba menjelaskan kehidupan yang ada di Quantum Realm kepada suaminya Hank Pym dan anaknya Hope alias Wasp. Dalam pernyataan yang cukup mengejutkan tersebut, Janet mengatakan bahwa Quantum Realm bisa dibilang merupakan mini universe dalam universe utama, di mana lokasi tepatnya berada di ‘Void’ yang eksis pada tingkat subatomik. Itulah mengapa Quantum Realm tidak terpengaruh ruang dan waktu seperti universe pada umumnya.

Mendengar kata Void yang disebutkan di film Quantumania, banyak penggemar yang langsung ingat dengan Sentry, karena di komiknya dia memang terkenal mempunyai alter ego jahat bernama Void. Sebenarnya kata Void sendiri sudah pernah beberapa kali disinggung di MCU, termasuk di film Ant-Man 2 ketika Hank Pym menjelaskan bahwa sebelum Quantum Realm ada tempat yang disebut Quantum Void. Begitu juga di serial Loki season 1 di mana Void digambarkan sebagai lokasi yang berada di ujung timeline dan menjadi gerbang utama menuju markas varian Kang yang bernama He Who Remains.

Asal-Usul Sentry dan Void di Komik

Pertama kali melakukan debutnya di komik The Sentry (2000), karakter bernama asli Robert Reynolds ini awalnya hanyalah seorang pecandu obat terlarang. Kehidupannya mulai berubah setelah dia menyusup ke dalam laboratorium rahasia yang memproduksi serum super-soldier baru, yaitu Golden Sentry Serum. Karena salah mengira serumnya sebagai obat terlarang, tanpa pikir panjang Robert yang memang tengah kecanduan dan ingin ‘melayang’ langsung meminumnya. Pada titik inilah dia berubah menjadi golden superhero bernama Sentry yang kekuatannya setara dengan ledakan sejuta Matahari.

Selain memiliki kekuatan dan kecepatan super yang sangat luar biasa, Sentry juga terkenal sebagai superhero yang mampu terbang dengan jangkauan yang tidak terbatas. Efek dari Golden Sentry Serum bahkan memungkinkan dia untuk melakukan banyak hal, termasuk memanipulasi molekul dan kegelapan, melakukan teleportasi, mengeluarkan ledakan energi, kebal terhadap berbagai macam serangan, bahkan bangkit dari kematian. Dengan semua kekuatan luar biasanya ini Sentry berhasil menjadi salah satu anggota Avengers paling tangguh, bahkan konon lebih kuat dari Hulk dan sang God of Thunder Thor.

Sayangnya di balik statusnya sebagai superhero Marvel terkuat, ternyata di dalam dirinya dia juga mempunyai alter ego lain bernama Void yang terkenal sangat jahat sekaligus kejam. Void dan Sentry sendiri pada dasarnya saling berhubungan, karena sejatinya mereka memang orang yang sama, yaitu Robert Reynolds. Tidak peduli berapa banyak orang yang diselamatkan oleh Sentry, Void akan selalu membunuh dengan jumlah yang sama. Itulah mengapa pada akhirnya dia juga dicap sebagai ancaman terbesar bagi alam semesta. Dan sekarang nama Void kembali disinggung di MCU, tepatnya di Quantumania.

Masa Depan Sentry Sebagai Villain MCU

Easter egg Void di Quantumania secara tidak langsung telah membuat banyak penggemar merasa cukup yakin bahwa sebentar lagi Sentry dan alter ego jahatnya akan segera muncul di MCU. Senada dengan spekulasi tersebut, sebelumnya insider KC Walsh memang sempat membagikan rumor bahwa Sentry akan melakukan debut MCU-nya sebagai villain di film Thunderbolts mendatang. Menurutnya kemunculan Sentry di filmnya bermula dari kesalahan Val dalam menciptakan serum super-soldier baru, yang pada akhirnya malah menciptakan sosok jahat sekuat Sentry.

Itulah mengapa kabarnya di film Thunderbolts nanti Val (Julia Louis-Dreyfus) akan merekrut sejumlah manusia super ‘abu-abu’, seperti Winter Soldier (Sebastian Stan), Red Guardian (David Harbour), Yelena Belova (Florence Pugh), Ghost (Hannah John-Kamen), U.S. Agent (Wyatt Russell), dan Taskmaster (Olga Kurylenko), agar bisa mengalahkan ciptaannya yang terlampau kuat. Sejauh ini Marvel Studios sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resminya, tetapi dengan semua petunjuk yang ada bukan tidak mungkin bagi Sentry dan Void untuk segera muncul pada masa depan MCU.

Sekian pembahasan tentang easter egg Void di Quantumania yang akhirnya memperkuat rumor kemunculan Sentry sebagai villain baru di kisah MCU mendatang. Jika rumornya benar, kita hanya tinggal menunggu kabar terkait casting pemeran Sentry di Thunderbolts, di mana tidak sedikit penggemar yang berharap mantan pemeran Superman, Henry Cavill, bisa mengambil alih perannya. Film Thunderbolts sendiri akan disutradarai oleh Jake Schreier dan rencananya akan ditayangkan di bioskop pada 26 Juli 2024 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.