Meskipun sekarang Tony Stark alias Iron Man dari Robert Downey Jr. sudah diceritakan meninggal dunia, tetapi sampai saat ini bisa dibilang eksistensinya masih menggema di kalangan penggemar dan juga jagat sinema MCU sendiri. Salah satu alasannya mungkin karena Iron Man merupakan salah satu superhero Marvel yang digambarkan dengan sangat keren, mulai dari karakternya sampai dengan penampilan. Meskipun terkenal sebagai superhero yang punya banyak armor canggih, tahukah kalian bahwa ternyata ada 10 desain armor Iron Man yang sayangnya batal ditampilkan di MCU. Begini penampakannya!

Iron Man Android

Saat Iron Man pertama kali tampil dalam bentuk live action di film perdananya, banyak sekali penggemar Marvel yang merasa seperti bermimpi. Desain armor Tony Stark yang tampak cukup nyata dengan segudang senjata canggihnya bisa dibilang telah berhasil membangun antusiasme awal MCU yang akhirnya bisa sebesar sekarang. Namun tahukah kalian Geeks, terlepas dari kesuksesan filmnya ternyata tadinya Tony Stark hampir mempunyai sebuah armor yang tampak seperti android lengkap dengan tabung-tabung yang menyerupai otot. Sayang sekali gambar konsep dari Ryan Meinerding ini pada akhirnya justru batal ditampilkan di film pertamanya.

Alternate Mark III

Masih dengan film pertama Iron Man di MCU, setelah Tony berhasil menciptakan armor Mark I dari bahan-bahan seadanya, dia kemudian diceritakan mengembangkan armornya dengan bahan dan peralatan yang lebih canggih. Salah satu armor pertamanya adalah Mark III yang diberi warna favorit Tony, yaitu emas dan merah mengkilap. Selain yang bisa kita lihat di filmnya, tenyata ada desain alternatif Mark III dari Phil Saunders yang mirip sekali dengan armor Iron Man klasik di komik. Desain ini bahkan mempunyai aksen tegas pada beberapa bagiannya, termasuk komponen seperti baut besar yang berwarna abu.

Black Suitcase Armor

Sama seperti film pertamanya, ternyata film Iron Man 2 juga mempunyai sebuah gambar konsep untuk armor Tony yang akhirnya batal menjadi bagian dari MCU. Gambar konsep karya ilustrator Ryan Meinerding ini memperlihatkan desain alternatif untuk suitcase armor yang pertama kali Iron Man pakai saat berhadapan dengan Whiplash di sirkuit Monaco. Bedanya dengan versi final yang ditampilkan di film, armor alternatif ini mempunyai warna hitam dan emas, membuat penampilan Iron Man tampak lebih sangar walaupun lebih slim dari armor pada umumnya.

Knight Armor

Jika berbicara tentang koleksi armor Iron Man, di MCU sendiri Iron Man 3 adalah film yang paling banyak memperkenalkan ragam armor milik Tony Stark. Meskipun menjelang ending filmnya Tony diceritakan memanggil semua armornya untuk melawan Aldrich Killian, ternyata ada sejumlah desain armor yang justru tidak jadi ditampilkan. Salah satunya adalah armor yang didesain oleh Ryan Meinerding, di mana tampilannya mirip seperti baju kesatria zaman medieval. Dengan bagian perutnya yang berlapis, armor ini sekilas tampak sangat fleksibel dan juga kuat secara bersamaan.

Mark XL Shotgun

Lagi-lagi dari ilustrator Ryan Meinerding, armor lain Iron Man yang batal muncul di MCU tepatnya di film Iron Man 3 adalah Mark XL atau Mark 40 yang diberi nama Shotgun Suit. Alasan mengapa Meinerding memberikan nama yang cukup unik ini mungkin karena fungsinya yang dimaksudkan untuk melesat bagaikan peluru. Dari bagian helm dan dadanya saja sudah cukup jelas bahwa armor ini diperuntukan untuk mencapai kecepatan yang sangat tinggi, di mana hal tersebut tentunya hanya bisa dicapai dengan meminimalisir aksen armornya sehingga bisa lebih dinamis ketika terbang di angkasa.

Aerodynamic Suit

Berbicara tentang aerodinamis, ada satu lagi armor batal Iron Man yang desainnya tampak seperti bisa membelah udara dengan sangat baik. Armor yang juga batal ditampilkan di film Iron Man 3 ini sekilas mirip seperti pesawat terbang dengan wajah yang lebih lancip serta bahu yang membentuk sayap. Warnanya yang tidak biasa, yaitu perak, membuat armor ini terlihat sangat unik sekaligus menarik. Sebagian penggemar bahkan merasa bahwa armor Iron Man ini sekilas tampak seperti gabungan mesin dan ikan hiu, sehingga sepertinya akan sangat menarik juga jika suatu hari nanti kita bisa melihatnya beraksi lewat varian Iron Man di multiverse MCU.

Weaponry Armor

Armor Iron Man lainnya yang batal ditampilkan di MCU adalah armor yang mempunyai persenjataan tradisional, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar konsep Iron Man 3 di atas. Berdasarkan ilustrasi pada gammbarnya armor ini tadinya mungkin akan digunakan oleh Tony saat berhadapan dengan pasukan super Aldrich Killian. Namun jika benar seperti itu kasusnya hal tersebut justru membuat armor ini terkesan tidak terlalu berguna jika berhadapan dengan manusia super, karena hanya mempunyai gergaji melingkar dan tinju perisai di kedua tangannya. Mungkin itu juga yang menjadi alasan mengapa desain armor ini tidak jadi dipakai di Iron Man 3.

Hulkbuster Prototype

Dari film solo Iron Man sekarang kita beralih ke film crossover Avengers kedua yang berjudul Age of Ultron. Seperti yang kita ketahui bersama di filmnya Tony diperlihatkan memanggil Hulkbuster dari satelit Veronica saat berhadapan dengan Hulk yang hilang kendali. Ternyata selain desain final yang diperlihatkan di film, ada armor Hulkbuster versi alternatif yang justru tampak lebih garang walaupun tidak mempunyai warna khas Iron Man. Armor Iron Man yang batal ditampilkan di MCU ini mungkin tadinya dimaksudkan sebagai versi Hulkbuster yang belum sempurna, di mana bagian pelat luarnya masih belum didesain oleh Tony.

Iron Strange

Iron Strange adalah nama superhero Tony Stark saat dia menjadi Sorcerer Supreme di komik What If, di mana dia diperlihatkan mengenakan armor dengan fitur gabungan antara Iron Man dan Doctor Strange. Nah, di MCU sendiri sebenarnya armor Iron Man yang hampir mirip Iron Strange ini sempat direncanakan untuk muncul di film Avengers Infinity Wars, sebelum akhirnya dibatalkan. Seperti yang terlihat pada gambar konsepnya, desain karya Phil Suanders ini tadinya akan dipakai oleh Stephen Strange, sementara Tony mengenakan Cloak of Levitation miliknya. Menariknya pada desain Iron Strange versi MCU ini, Stephen Strange menjadikan Eye of Agamotto sebagai pengganti arc reactor Tony Stark.

Alternate Mark 85

Last but not least, armor terakhir Iron Man yang tidak jadi ditampilkan di MCU, lebih tepatnya di film terakhirnya yang berjudul Avengers: Endgame, merupakan versi alternatif Mark 85 atau yang sering disebut juga armor nanotech Mark LXXXV. Sekilas desain armor dari Phil Saunders ini mempunyai bentuk yang mirip seperti versi final Mark 85 di filmnya yang didasarkan pada gambaran Ryan Meinerding. Perbedaannya hanya terletak pada bagian garis-garis perak di sekujur tubuhnya yang membuat Iron Man tampak seperti seorang Cyborg, Meskipun gambar konsepnya tidak jadi dipakai, tetapi Saunders mengaku bahwa dia sangat senang Marvel lebih memilih desain armor Mark 85 dari Meinerding.

Itulah 10 armor Iron Man yang batal ditampilkan di MCU, mulai dari film solo pertamanya sampai Tony Stark melakukan pengorbanan heroik di Avengers Endgame. Dari sekian banyak gambar konsep yang dibatalkan ini sebenarnya ada beberapa yang sepertinya akan cukup menarik jika benar-benar diwujudkan. Semoga saja suatu hari nanti kita bisa melihat perwujudan live action dari desain sejumlah armor Iron Man ini melalui kisah varian di multiverse MCU. Dari semua desain batal ini mana armor favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.