Saat ini Marvel Cinematic Universe telah berusia kurang lebih lima belas tahun. Dimulai dengan film Iron Man yang rilis pada tahun 2008, sampai film terbaru Ant-Man and the Wasp Quantumania yang saat ini tengah tayang di bioskop, ada banyak sekali aktor yang terlibat dengan jagat sinemanya, baik untuk peran besar maupun minor. Saking banyaknya karakter atau peran di MCU, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada sejumlah aktor yang memainkan peran ganda di dalamnya. Siapa saja para aktor dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini, Geeks.

Benedict Cumberbatch

Penggemar setia MCU pasti kenal siapa Benedict Cumberbatch. Pemeran Doctor Stephen Strange alias Doctor Strange ini telah membintangi banyak sekali film MCU, termasuk yang terbaru film solo keduanya yang berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Tahukah kalian bahwa Cumberbatch sendiri sebenarnya pernah memainkan peran ganda di MCU, bahkan mungkin statusnya masih dipertahankan sampai sekarang. Di film pertama Doctor Strange, selain memainkan peran utama, ternyata dia juga mengisi suara dan melakukan adegan motion capture sebagai penguasa Dark Dimension, Dormammu.

Damion Poitier

Tidak banyak yang tahu bahwa Damion Poitier pernah memainkan peran yang cukup penting dalam sejarah MCU. Saat Marvel Studios belum menggaet Josh Brolin sebagai pemeran Thanos, sebenarnya karakter sang Mad Titan lebih dahulu diperankan oleh Poitier di credit scene The Avengers. Menariknya, meskipun perannya sebagai Thanos di MCU tergantikan, tetapi Poitier kembali mendapatkan kesempatan lain untuk memainkan peran ganda atau peran keduanya sebagai anak buah Crossbones (Frank Grillo) yang muncul sekilas di opening Captain America Civil War. 

David Dastmalchian

Jika kalian sudah menonton film baru MCU, yaitu Ant-Man and the Wasp Quantumania yang saat ini tengah tayang di bioskop, kalian mungkin tahu bahwa David Dastmalchian mempunyai peran ganda di waralaba. Setelah di film pertama dan kedua Ant-Man muncul sebagai sahabat Scott Lang (Paul Rudd) yang bernama Kurt, di Quantumania ternyata dia hadir sebagai pengisi suara karakter baru bernama Veb. Di Quantum Realm sendiri, Veb digambarkan sebagai mahluk mirip agar-agar atau slime yang sangat terobsesi dengan ‘lubang’ di tubuh.

Gemma Chan

Siapa sangka ternyata setelah memerankan karakter antagonis di film Captain Marvel, tepatnya sebagai anggota pasukan khusus Kree yang bernama Minn-Erva, Gemma Chan ternyata mendapatkan peran ganda di film Eternals yang punya dampak lebih besar terhadap MCU. Di mana dia hadir sebagai Sersi, salah satu bagian dari Eternal yang diciptakan dan dikirim oleh Celestial untuk tinggal di Bumi. Di ending film Eternals, karakternya bahkan diceritakan menjadi Prime Eternal sekaligus pemimpin terkini dari kelompok Eternal Bumi yang telah berhasil menggagalkan kelahiran Celestial Tiamut.

Joe Russo

Selain aktif sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh di MCU, Joe Russo juga ternyata pernah memainkan peran ganda di berbagai filmnya sendiri. Yang pertama di film Captain America The Winter Soldier sebagai Dr. Fine, dokter yang diceritakan mengoperasi Nick Fury (Samuel L. Jackson), kemudian menjadi Theo Broussard, psikiater sekaligus korban Baron Zemo (Daniel Bruhl) di Captain America: Civil War, dan yang terakhir di film Avengers: Endgame sebagai warga sipil bernama Bobby yang muncul sekilas dalam sesi curhat para korban Snap Thanos.

Laura Haddock

Meskipun tidak seterkenal aktris MCU lain, tetapi peran Laura Haddock sempat memicu teori yang cukup menarik di kalangan penggemar, di mana ibu Star-Lord diduga sebagai wanita yang pertama kali merebut keperjakaan Steve Rogers alias Captain America (Chris Evans). Hal tersebut bisa terjadi karena Haddock mendapatkan peran ganda di MCU, yang pertama sebagai wanita cantik yang meminta tanda tangan kepada Cap di film Captain America: The First Avenger, dan yang kedua sebagai ibu Peter Quill alias Star-Lord (Chris Pratt) yang bernama Meredith di Guardians of the Galaxy.

Michelle Yeoh

Aktor wanita selanjutnya yang mendapatkan peran ganda di MCU adalah Michelle Yeoh. Meskipun sempat melakukan penampilan cameo di film Guardians of the Galaxy Vol. 2, tepatnya sebagai salah satu kapten Ravager bernama Aleta Ogord, Yeoh ternyata kembali tampil dengan peran yang lebih berpengaruh di film Shang-Chi and Legend of the Ten Rings. Di film MCU yang pertama kali menonjolkan budaya Tiongkok tersebut Yeoh bermain sebagai Ying Nan, bibi Shang-Chi (Simu Liu) dan Xu Xialing (Meng’er Zhang) sekaligus salah satu penjaga desa gaib Ta Lo.

Paul Bettany

Sejak pertama kali Tony Stark (Robert Downey Jr.) muncul di MCU, salah satu daya tarik Iron Man yang sampai saat ini masih diingat oleh banyak penggemar adalah suara AI-nya yang disebut JARVIS. Suara khas tersebut tidak lain diisi oleh aktor Paul Bettany yang sekarang bisa dibilang sudah mempunyai peran ganda di MCU, yaitu sebagai android andalan Avengers, Vision. Film Avengers Age of Ultron sendiri secara tidak langsung telah mematikan AI JARVIS yang memang diceritakan telah ‘dimakan’ oleh kesadaran Ultron, sekaligus menandai kelahiran Bettany sebagai superhero bernama Vision.

Sean Gunn

Sean Gunn sebentar lagi akan mengulang perannya sebagai Kraglin Obfonteri di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 mendatang. Kraglin sendiri merupakan mantan tangan kanan Yondu Udonta (Michael Rooker) di bajak laut ruang angkasa Ravager yang kini menjadi anggota Guardian bersama Star-Lord dan kawan-kawan. Namun, tahukah kalian bahwa sebelum muncul sebagai Kraglin, sebenarnya adik sutradara James Gunn ini juga bertindak sebagai aktor yang melakukan motion capture untuk karakter Rocket Racoon yang suaranya diisi oleh Bradley Cooper. Hal ini dia lakukan bahkan sampai sekarang.

Peran Minor MCU Lainnya

Selain para aktor yang sudah disebutkan di atas, faktanya ada lebih banyak lagi aktor yang memainkan peran ganda minor di MCU. Termasuk yang mendapatkan peran di berbagai serial yang awalnya sempat diproduksi oleh Marvel Studios, tetapi sampai sekarang masih belum diakui status canon-nya, seperti Agents of SHIELD, Luke Cage, dan lain sebagainya. Berikut ini daftarnya:

  • Alfre Woodard: Pendukung Sokovia Accord bernama Miriam Sharpe di film Captain America Civil War dan Mariah Dillard di serial Luke Cage.
  • Clancy Brown: Pengisi suara Surtur di film Thor: Ragnarok dan pemimpin Operation Cerberus bernama Ray Schoonover alias The Blacksmith di serial Daredevil serta Punisher.
  • Enver Gjokaj: Polisi di film The Avengers dan agen Sousa di serial Agent Carter.
  • Imogen dan Isabella Poynton: Anak agen Nova Corps bernama Duranna di film Guardians of the Galaxy dan anak Hawkeye bernama Lila Barton di Avengers: Age of Ultron.
  • Kenneth Choi: Anggota Howling Commandos bernama Jim Morita di film Captain America The First Avenger dan cucunya yang menjadi Kepala Sekolah Morita di Spider-Man: Homecoming.
  • Matt Gerald: Tahanan bernama White Power Dave di film pendek MCU All Hail the King dan desainer kostum superhero Melvin Potter di serial Daredevil.
  • Patrick Brennan: Bartender di film Captain Marvel dan villain Blackout di serial Agents of SHIELD.
  • Patton Oswalt: Pip the Troll di credit scene film Eternals dan agen Koenings di serial Agents of SHIELD.
  • Peter Mensah: Jenderal Joe Greller di film The Incredible Hulk dan Qovas di serial Agents of SHIELD.
  • Seth Green: Penggemar Stark Expo di film Iron Man 2 dan Howard the Duck di serial animasi What If…?
  • Tim Guinee: Mayor Allen di film Iron Man dan Clay Wilson di serial Punisher.
  • Tony Curran: Ayah Odin yang bernama Bor di prolog film Thor: The Dark World dan mafia bernama Finn Cooley di serial Daredevil.
  • Tsai Chin: Nenek Katy bernama Waipo Chen di film Shang-Chi dan Lian May di serial Agents of SHIELD.
  • Chris Hemsworth: Thor dan juga salah satu kepala dari alien bernama Hajo di film Thor: Ragnarok.
  • Taika Waititi: Korg dan juga salah satu kepala Hajo di Thor: Ragnarok.
  • Mckenna Grace: Carol Danvers muda di film Captain Marvel dan Zoe Abel di serial Agents of SHIELD.
  • Terry Notary: Tentara di film The Incredible Hulk dan Cull Obsidian di Avengers Infinity Wars.

Itulah para aktor yang mempunyai peran ganda di MCU. Meskipun beberapa dari nama para aktor ini tidak dituliskan di credit, tetapi tidak bisa kita mungkiri bahwa mereka pernah memainkan lebih dari satu peran di jagat sinemanya. Terlepas dari niat castingnya, entah itu sebagai lelucon atau memang dimaksudkan untuk memberikan pengaruh yang lebih besar pada masa depan MCU, para aktor ini bisa dibilang telah berhasil mendapatkan hal yang mungkin hanya menjadi impian bagi banyak orang, yaitu bergabung dengan waralaba yang sekarang sangat populer di seluruh dunia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.