Saat ini Marvel Studios tengah menayangkan kisah terbaru MCU, yaitu Ant-Man and the Wasp Quantumania yang bercerita tentang perjuangan keluarga Ant-Man (Paul Rudd) melawan varian Kang the Conqueror (Jonathan Majors) di Quantum Realm. Mengingat pertarungan bersejarah tersebut terjadi di tempat yang tidak terikat ruang dan waktu, tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya, pada timeline MCU kapan tepatnya atau tahun berapa kejadian Ant-Man and the Wasp Quantumania berlangsung?

Mengingat adanya jeda Snap-Blip yang berlangsung kurang lebih lima tahun, saat ini timeline di MCU sendiri mempunyai perbedaan yang cukup besar dengan dunia nyata. Misalnya film Thor: Love and Thunder dan tayangan spesial The Guardians of the Galaxy Holiday Special yang tayang tahun lalu, ternyata berlangsung pada tahun 2025. Sama halnya dengan film Black Panther Wakanda Forever yang dilaporkan terjadi sedikit lebih awal dari Love and Thunder, tetapi masih berlangsung pada tahun 2025.

Untuk menghilangkan semua kebingungan di kalangan penggemar, dalam sesi wawancaranya dengan CinemaBlend, eksekutif Marvel Studios Nate Moore mencoba mengklarifikasi dengan menjelaskan kapan Ant-Man and the Wasp Quantumania berlangsung di timeline MCU. “Yang jelas filmnya berlangsung setelah No Way Home dan Eternals. Saya pikir itu mungkin terjadi bersamaan dengan [Thor: Love and Thunder]. New Asgard memang sudah eksis di MCU, misalnya di film ini. Jadi bisa dibilang hampir berbarengan dengan Ant-Man and the Wasp: Quantumania,” ungkap Moore.

Sebelumnya sempat dilaporkan juga oleh CNN bahwa tur bedah buku biografi Scott Lang alias Ant-Man yang berjudul ‘Look Out for the Little Guy!’ terjadi saat Talokan menyerang Wakanda di film Wakanda Forever. Tidak lama setelah tur bedah buku tersebut barulah Ant-Man bersama keluarganya yang terdiri dari Hope Van Dyne alias Wasp (Evangeline Lilly), Cassie (Kathryn Newton), Hank Pym (Michael Douglas), dan Janet Van Dyne (Michelle Pfeiffer), diceritakan terserap ke dalam Quantum Realm.

Berdasarkan semua petunjuk ini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa pada timeline MCU, kejadian Ant-Man and the Wasp Quantumania berlangsung tidak lama setelah Wakanda Forever dan sebelum Love and Thunder. Meskipun Marvel Studios tidak menjelaskan timelinenya secara detail, tetapi cukup jelas bahwa pertarungan keluarga Ant-Man melawan varian Kang yang berkuasa di Quantum Realm terjadi sekitar tahun 2025.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.