Tidak jarang para pembuat film memiliki kesulitan untuk menentukan cerita seperti apa untuk akhir film mereka, yang mana hal itu jadi momen untuk menghadirkan sebuah akhir alternatif atau alternate ending. Meracik sebuah jalan cerita yang apik dalam sebuah film tentunya tidak mudah. Selain mereka harus mempersiapkan alur cerita di awal dan juga klimaksnya, para pembuat film jelas harus memikirkan akhir ceritanya.

Karena akhir cerita di sebuah film biasanya jadi sebuah hal yang memorable, para pembuat film biasanya akan mengalami kesulitan untuk menentukan bagaimana cerita akhir yang baik. Terkadang, ada perbedaan kreatif, para produser tidak menyukai akhirnya, atau para penonton awal merasa cerita akhirnya kurang lengkap. Karena itu, para pembuat film menciptakan sebuah alternate ending atau akhir alternatif. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Titanic – 1997

Titanic merupakan salah satu film yang sangat fenomenal dan paling sukses sepanjang sejarah. Filmnya sendiri berkisah tentang sebuah kapal modern di zamannya yang harus mengalami nasib buruk di tengah lautan. Kita juga melihat cerita cinta antara Jack dan Rose. Dalam akhir cerita aslinya, Rose tua menaiki kapal pencarian dan kemudian membuang kalung Heart of the Ocean yang dia miliki.

Rose kemudian meninggal dunia dengan damai sambil mengingat waktunya dengan Jack. Dalam cerita alternate ending, Brock dan cucu Rose, Lizzy, melihat Rose yang berada di ujung kapal milik tim eksplorasi dan berpikir jika dia hendak mengakhiri hidupnya. Mereka menghentikan Rose, sampai kemudian mereka menyadari jika Rose memiliki kalung Heart of the Ocean. Rose mengatakan bahwa dia sempat ingin menjualnya, namun dia kembali ke tempat asal kalung tersebut berasal. Rose mengizinkan Brock untuk memegang kalungnya selama beberapa saat sebelum kemudian melemparnya ke laut.

Pride and Prejudice – 2005

Film drama romansa ini disutradarai oleh Joe Wright. Filmnya berkisah pada keluarga Bennet dan anaknya, Elizabeth Benneth, dalam menemukan pria yang tepat. Dalam cerita akhir filmnya, yang tayang di Inggris, ayah dari Elizabeth Bennet akhirnya menyetujui lamaran pernikahan dari Mr. Darcy. Elizabeth sendiri memutuskan untuk kabur. Namun, akhir yang berbeda diperlihatkan di Amerika.

Pasca momen yang terjadi di kantornya tersebut, Elizabeth dan Darcy kemudian duduk berdua di sebuah danau pada malam hari. Mereka kemudian berbincang-bincang sambil memuji satu sama lain. Mereka pada akhirnya saling berciuman. Darcy sendiri kemudian memanggil Elizabeth dengan nama “Mrs. Darcy” berulang-ulang sambil terus menciumnya.

The Wailing – 2016

Salah satu film horror Korea Selatan yang populer ini berkisah pada sebuah peristiwa aneh dan mengerikan di sebuah desa. Demi menyelamatkan putrinya, seorang polisi coba mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di sana. Dalam cerita akhir yang asli, Jung-goo terluka akibat putrinya yang dirasuki oleh arwah misterius. Sang dukun, Il-gwang datangdan kemudian mengambil foto dari Jung-goo setelah dia tewas.

Momen mengerikan muncul setelah terungkap jika sang dukung memiliki foto dari korban-korban sebelumnya dan dia ternyata bekerja sama dengan seorang penduduk Jepang misterius. Ternyata orang Jepang tersebut adalah iblis yang dimaksud, buka Moo-myeong yang selama ini dicurigai. Dan sebenarnya, wanita tersebut berencana membantu para penduduk di sana.

Dalam versi alternate ending, cerita masih terus berlanjut di mana kita melihat seorang pria Jepang duduk di sebuah kursi di ujung jalan. Dia kemudian melihat sebuah keluarga di sebrang jalan dan menawarkan permen kepada mereka. Sang ibu menghentikan anaknya. Il-gwang kemudian menjemput pria tersebut dengan mobil dan sambil mereka pergi Moo-myeong hanya bisa melihatnya.

The Terminator 2: Judgement Day – 1991

Film ikonik dan fenomenal karya James Cameron ini menghadirkan banyak hal menarik mulai dari pakaian sampai cerita. Film ini berfokus pada sosok John Connor dan juga pasukan pemberontak dari masa depan yang mengirimkan salah satu Terminator yaitu T-800 ke masa lalu untuk merubah masa depan. Dalam cerita akhir filmnya, diperlihatkan jika Sarah dan John berpisah dengan sang Terminator dengan menenggelamkannya ke cairan baja lebur.

Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika film ini memiliki alternate ending yang memperlihatkan apa yang terjadi pada masa depan pasca kejadian tersebut. Dalam ceritanya, terkonfirmasi jika Judgement Day tidak pernah terjadi dan kita melihat Sarah  Connor sebagai sosok wanita tua yang bahagia bersama dengan John dan juga cucunya.

Stigmata – 1999

Seorang mantan penata rambut atheis dari yang mengalami kejadian aneh, di mana dia senang untuk menyiksa dirinya. Fenomena tersebut kemudian dikenal sebagai stigmata. Hal itu terjadi setelah sang penata rambut menerima benda yang sebelumnya dimiliki oleh seorang pastur yang juga mengalami fenomena yang sama. Dalam cerita asli filmnya, setelah Pastur Andrew Kiernan berhasil menyelamatkan Frankie yang kerasukan, mereka pun duduk di sebuah kursi dan memiliki momen santai.

Frankie sendiri diduga pada akhirnya sudah sembuh dari fenomena stigmata yang dia alami. Namun, dalam versi alternate ending film ini diperlihatkan bagaimana Frankie ternyata masih memiliki gejala tersebut. Bahkan, di akhir cerita alternatif ini dia diperlihatkan tewas karena hal tersebut. Pastur Kiernan kemudian menemukan sebuah gulungan rahasia dan kemudian menempatkan foto Frankie di depan sebuah patung.

Little Shop Of Horror – 1986

Ini merupakan sebuah film horror komedi musikal yang cukup fenomenal di era 1980an. Berkisah tentang seorang penjaga toko yang menemukan tanaman alien yang memakan manusia. Dalam cerita asli filmnya, tanaman alien Audrey II akhirnya berhasil dikalahkan. Saat musiknya dimainkan, Seymour menemukan jalannya untuk keluar dari reruntuhan. Kita kemudian melihat dia dan Audrey menjadi sebuah pasangan baru.

Namun, hal mengerikan dan berbeda justru terjadi di akhir cerita alternatif. Dalam versi alternatif ini, sang tanaman alien tersebut berhasil memakanSeymour. Kemudian, muncul sebuah tayangan musikal yang memperlihatkan orang-orang membeli Baby Audrey II. Tanaman tersebut kemudian tumbuh dan memakan pemilik mereka. Mereka juga menghancurkan kota New York yang membuat pihak militer harus turun tangan.

The Butterfly Effect – 2004

Film yang dibintangi oleh Ashton Kutcher ini menceritakan tentang seorang pria yang mengalami momen luar biasa di mana dia bisa kembali ke masa lalu. Namun, ada konsekuensi yang harus dia hadapi. Dalam cerita aslinya, Evan Treborn berhasil kembali ke masa lalu dan mengubahnya sehingga teman-temannya tidak mengalami berbagai trauma masa kecil. Karena hal ini juga, Evan dan Kayleigh tidak saling mengenal.

Sedangkan, dalam alternate ending film tersebut diperlihatkan jika Evan mengaku kepada seorang psikiatris di sebuah rumah sakit tentang apa yang terjadi. Dia juga kembali ke masa lalu untuk menghabisi dirinya sendiri yang masih ada di dalam kandungan ibunya, demi menghentikan “kutukan generasi” yang dia alami. Dalam timeline yang baru tersebut, Kayleigh dan Tommy tumbuh bersama ibunya. Lenny memiliki masa kecil yang bahagia dan Kayleigh juga akhirnya menikah.

I Am Legend – 2007

Salah satu film fenomenal dari Will Smith selain Bad Boys, yang berkisah tentang perjuangannya dalam bertahan hidup dari para zombie mutan. Dalam cerita akhir filmnya, karakter Will Smith, Dr. Neville, memutuskan untuk mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Ethan dan Anna dari serangan kelompok besar para Darkseekers. Ethan dan Anna kemudian tiba di kamp para survivor di wilayah Vermont. Anna pun kemudian memberikan mereka obat penawar.

Dalam alternate ending filmnya, ketika Darkseekers menyerang mereka, sebenarnya sang “alpha” mereka sedang mencari pasangan. Dr. Neville kemudian menyadari jika dia, yang menggunakan para makhluk tersebut sebagai “subyek uji coba obatnya,” adalah villain utamanya. Dr. Neville sendiri memutuskan untuk mengembalikan pasangan dari sang alpha Darkseekers. Setelah itu, mereka pun pergi. Di hari berikutnya, Neville meninggalkan proyek yang dia kerjakan dan memutuskan untuk pergi ke Vermont bersama Ethan dan Anna.

Get Out – 2017

Salah satu film horror modern yang banyak menerima sambutan positif dari berbagai pihak. Berkisah tentang seorang pria yang menemukan rahasia besar dari keluarga sang kekasih, yang ternyata sering melakukan transplantasi otak secara misterius. Dalam cerita asli filmnya, Chris berhasil kabur dari rumah keluarga Armitage dan bertemu dengan Rose. Rose hendak menghabisi nyawa Chris, namun hal itu terhenti setelah ada sebuah mobil polisi muncul.

Ternyata, di dalam mobilnya ada teman dari Chris yaitu Rod. Mereka pun kemudian pergi dari sana. Dalam versi alternate ending, yang muncul dari mobil polisi tersebut bukanlah Rod melainkan seorang polisi yang asli. Polisi tersebut kemudian menangkap Chris. Filmnya kemudian berakhir ketika Rod mengunjungi Chris di penjara.

Clue – 1985

Yang paling epik dari film dalam daftar ini adalah Clue yang rilis pada akhir 1980an. Film komedi misteri ini memiliki keunikan dari daftar film di atas karena memiliki tiga akhir cerita yang berbeda-beda. Cerita akhir tersebut disebarkan secara acak ke berbagai bioskop. Pihak rumah produksi berharap ini jadi momen marketing yang sukses, yang mana justru sebaliknya.

Dalam cerita akhir pertama, terungkap jika Yvette yang menghabisi nyawa sang koki dan juga Mr. Boddy karena perintah dari Miss Scarlett. Dan kemudian terungkap jika Miss Scarlett menghabisi nyawa dari Yvette, sang polisi, dan juga beberapa korban lainnya. Tujuannya sendiri adalah untuk melindungi rahasia dan juga memeras para korbannya.

Dalam cerita akhir kedua diperlihatkan jika Mrs. Peacock yang menghabisi nyawa sang koki, Yvette, dan yang lain. Tujuan dia melakukan hal tersebut adalah untuk menutupi sogokan yang sudah dia terima dari pihak asing. Dan cerita akhir ketiga, dan dianggap sebagai cerita akhir yang “sebenarnya” dari film ini memperlihatkan jika Professor Plum yang menghabisi Mr. Boddy.

Mrs. Peacock adalah orang yang membunuh sang koki, Colonel Mustard adalah pembunuh sang pengendara motor, Mrs. White pelaku pembunuh Yvette, Miss Scarlett adalah yang menghabisi polisi, dan Wadsworth menghabisi telegram bernyanyi. Mereka semua memiliki motivasinya masing-masing. Mr. Green sendiri kemudian menghabisi Wadsworth dan diketahui dia adalah agen FBI yang menyamar.

Berbagai cerita akhir alternatif ini, sesuai namanya, memang memberikan perspektif baru yang tidak terduga dari akhir sebuah film. Meskipun ada alur cerita yang justru lebih baik dari versi aslinya, namun ada juga alur cerita alternate ending yang untungnya tidak dihadirkan dalam filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.