Setelah penantian yang cukup panjang, Marvel Studios akhirnya menayangkan film pertama Fase 5 MCU, Ant-Man and the Wasp Quantumania, yang sebelumnya digadang-gadang akan jadi salah satu film terpenting di Multiverse Saga. Di mana Kang ‘the Warrior’ muncul sebagai penjahat utama di Quantum Realm yang harus dihadapi oleh keluarga ‘semut super’ Ant-Man. Terlepas dari kemunculan varian Kang yang cukup mengintimidasi, kali ini kita akan membahas secara khusus arti dari credit scene kedua Ant-Man 3, di mana ada lebih banyak lagi varian Kang the Conqueror yang muncul pada satu tempat sekaligus!

Kemunculan Kelompok Varian Kang

Di ending petulangan solo Ant-Man ketiga ini kita diperlihatkan bagaimana akhirnya Ant-Man yang dibantu oleh Wasp, Cassie, Hank Pym, Janet Van Dyne, dan kelompok pejuang kemerdekaan, akhirnya bisa menggulingkan dinasti Kang yang telah eksis selama puluhan tahun di Quantum Realm. Sebelum kekalahannya, Kang the Warrior sendiri sempat mengatakan bahwa dialah varian Kang yang telah memulai perang multiverse di antara para varian Kang lainnya. Sehingga pada akhirnya dia dikirim oleh ‘mereka’ ke Quantum Realm’, mini universe yang berada di luar ruang dan waktu.

Setelah petualangan Ant-Man selesai, melalui credit scene pertama Ant-Man 3 akhirnya kita tahu bahwa ‘mereka’ yang dimaksud oleh Kang the Warrior tidak lain adalah sekumpulan varian Kang yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan bahkan ribuan. Para varian yang berada di sebuah tempat khusus untuk memantau multiverse Marvel ini memang mengakui bahwa merekalah yang telah mengasingkan Kang the Warrior ke Quantum Realm. Dalam adegan credit scene ini setidaknya ada tiga varian tertinggi Kang yang sengaja mengumpulkan mereka semua untuk menjadi ancaman MCU selanjutnya.

Tidak dijelaskan secara detail siapa saja para varian Kang yang muncul di credit scene Ant-Man 3 tersebut. Namun satu dari tiga varian tertinggi, yang penampilannya sekilas mirip seperti versi tua Kang bernama Immortus, mengatakan bahwa dia telah memanggil semua Kang yang eksis di multiverse. Selain untuk merayakan kekalahan Kang the Warrior, Kang yang mirip Immortus juga mengatakan kepada dua varian tertinggi lain yang mirip dengan Rama-Tut dan Kid Immortus, bahwa sekarang sejumlah superhero sudah ‘menyentuh’ multiverse, sehingga para varian Kang harus segera menghentikan mereka.

Adakah Kelompok Sejenis di Marvel Comics?

Berbicara tentang Nathaniel Richards alias Kang yang mempunyai banyak sekali varian, tentunya berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Di Marvel Comics sendiri memang ada lebih dari satu kelompok varian Kang yang kurang lebih sama seperti sekumpulan varian Kang di credit scene Ant-Man 3. Misalnya Council of Kangs, yang sengaja dibentuk oleh Kang utama alias Prime Kang atas manipulasi Immortus untuk memusnahkan para variannya. Kemudian ada juga Kang Collective yang secara tidak langsung dibentuk untuk memusnahkan para varian Kang yang berpotensi melawan kelompoknya sendiri.

Selain mereka, kelompok varian Kang yang paling terkenal dan juga mungkin terbesar di antara semuanya adalah Council of Cross-Time Kangs yang pertama kali diperkenalkan di komik Avengers #292 (1988). Anggota Council of Cross-Time Kangs sendiri terdiri dari manusia, alien, hewan humanoid, dan makhluk lainnya yang mengklaim diri mereka sebagai varian Kang yang eksis di multiverse. Mirisnya, terakhir kali Council of Cross-Time Kangs terlihat adalah ketika Prime Kang membunuh mereka semua dengan merilis monster kabut Alioth, yang versi live action-nya sempat diperkenalkan juga di serial Loki season 1.

Eksistensi Council Kangs Pada Masa Depan MCU

Terlepas dari apa pun nama kelompok varian Kang yang muncul di credit scene Ant-Man 3, mungkin Council Kangs versi MCU, saat ini setidaknya kita bisa mengetahui bahwa tujuan utama mereka adalah mengalahkan siapa pun yang mengetahui multiverse selain varian Kang, termasuk Ant-Man di semesta utama MCU. Meskipun sulit untuk mengetahui kapan mereka akan kembali menampakan diri, tetapi yang jelas dengan banyaknya varian Kang yang telah diperlihatkan di credit scene, sekarang mereka bisa muncul di film atau serial mana pun pada masa depan MCU.

Pada saat yang bersamaan kelompok varian Kang ini juga mungkin akan bertindak layaknya Council of Kangs, Kang Collective, dan Council of Cross-Time Kangs di komik. Di mana mereka akan mengasingkan bahkan memusnahkan varian Kang lain yang tidak sejalan dengan mereka. Bukan tidak mungkin juga pada akhirnya kita akan melihat siapa sebenarnya sosok Prime Kang di MCU, yang berpotensi memusnahkan kelompok varian Kang. Karena sudah bisa dipastikan bahwa di akhir Multiverse Saga nanti Kang yang sesungguhnya pasti akan muncul sebagai big bad villain seperti yang dijanjikan.

Itulah penjelasan tentang arti credit scene pertama Ant-Man 3 yang memperkenalkan Council Kangs alias kelompok varian Kang di MCU. Pengungkapan ini sebenarnya secara tidak langsung malah memicu lebih banyak lagi pertanyaan terkait Kang, misalnya sejak kapan kelompok mereka dibentuk, apa yang akan mereka lakukan selanjutnya, dan tentu saja siapa Prime Kang yang digadang-gadang sebagai big bad villain di Multiverse Saga? Hanya waktu yang bisa menjawab semua pertanyaan tersebut. Yang jelas cepat atau lambat Kang pasti akan kembali mengancam di berbagai film dan serial MCU selanjutnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.