Batman adalah salah satu karakter ikonik dari DC Comics. Dia memulai debutnya di tahun 1939, dan sejak itulah Batman mendapat kesempatan tampil lebih banyak di komiknya. Bahkan tak hanya komik, Batman juga muncul dalam versi live action-nya. Sudah ada beberapa film yang menjadikan Batman sebagai karakter utama. Tetapi menariknya nih Geeks, ada beberapa film Batman yang ternyata dibatalkan karena berbagai alasan. Apa saja film Batman yang pernah dibatalkan? Simak berikut ini Geeks!

Batman vs Godzilla

Batman vs Godzilla adalah sebuah film yang digagas pada tahun 60-an oleh penulis Godzilla, Shinichi Sekizawa. Tadinya film ini bakal dibuat oleh kolaborasi studio Toho dan studio Amerika. Namun karena film tersebut dianggap terlalu aneh untuk terealisasi, pada akhirnya proyek film tersebut dibatalkan. Apalagi ketika itu, teknologi CGI masih sangat terbatas. Mungkin film ini masih terasa aneh jika dibuat di jaman modern, dengan menggunakan teknologi yang memumpuni. Sebenarnya saat ini, Warner Bros masih memiliki hak atas Godzilla dan Batman, sehingga mereka bisa membuat kedua jagoan tersebut tampil di satu film yang sama. Tetapi sepertinya hal tersebut tidak akan pernah terwujud di bawah tangan dingin James Gunn.

Batman 3 Garapan Tim Burton

Pada tahun 80-an sampai 90-an, Tim Burton menggarap dua film Batman yang dibintangi oleh Michael Keaton berjudul Batman (1989) dan Batman Returns (1992). Kedua film tersebut sangat sukses sampai-sampai Tim Burton berencana membuat film ketiganya. Dalam film ketiganya, Tim Burton berencana menghadirkan Riddler dan Harvey Dent yang diperankan oleh Billy Dee Williams. Selain itu, filmnya bakal menghadirkan Robin yang diperankan Marlon Wayans. Tetapi ternyata film ini dibatalkan setelah Tim Burton memutuskan hengkang. Dan tanpa Tim Burton, Michael Keaton enggan kembali memerankan Batman sehingga akhirnya film ini dibatalkan.

Film Ketiga Batman Garapan Joel Schumacher

Joel Schumacher adalah sutradara untuk dua film Batman yang rilis tahun 90-an yaitu Batman Forever dan Batman & Robin. Kedua film garapa Joel memang berakhir dengan review negatif, tetapi yang paling parah dialami oleh Batman & Robin. Meski berakhir dengan kegagalan, Joel Schumacher tak ingin menyerah dan berencana membuat film ketiga berjudul Batman Unchained. Film tersebut tadinya akan menampilkan Harley Quinn dan Scarecrow. Tetapi karena kegagalan film Batman & Robin yang terus membayang-bayangi proyek ini, pada akhirnya Joel Schumacher membatalkannya. Bahkan setelah bertahun-tahun setelah film ini dibatalkan, tidak ada yang berani lagi membuat film Batman, hingga akhirnya Christopher Nolan menggarap Batman Begins.

Batman v Superman

Mungkin Geeks bingung mengapa ada film Batman v Superman dalam daftar ini. Tetapi yang harus dicatat bahwa ini berbeda dengan film Batman v Superman yang digarap oleh Zack Snyder. Sebenarnya ide untuk membuat film ini sudah ada sejak tahun 2001. Ketika itu, Akiva Goldsman akan menggarap filmnya dengan Jude Law yang ditunjuk sebagai pemeran Superman dan Colin Farrell sebagai Batman. Dengan kehebatan akting Farrell dan Jude Law, semua orang pun sangat yakin dengan proyek ini yang digadang-gadang bakal menjadi kisah tergelap DC yang pernah ada. Tetapi pada akhirnya film ini dibatalkan. Beruntung karena di tahun 2016, kita bisa melihat versi lain dari Batman v Superman.

Batman: Dark Knight Returns

Percaya atau tidak, Zack Snyder pernah mencoba mengadaptasi cerita komik The Dark Knight Returns garapan Frank Miller, jauh sebelum dia membuat film Batman v Superman: Dawn of Justice. Film tersebut tadinya akan menampilkan Man-Bat dan Scarecrow sebagai villain. Namun alih-alih menampilkan Batman yang lebih tua seperti yang akan dilakukan oleh Snyder, Warner Bros justru menghadirkan Batman yang lebih muda dengan Christian Bale yang ditunjuk sebagai pemerannya di film Batman Begins. Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat film Batman: Dark Knight Returns dibatalkan.

Film Batman Garapan Ben Affleck

Sebelum Matt Reeves ditunjuk sebagai sutradara film The Batman, sebenarnya Ben Affleck pernah ditunjuk oleh Warner Bros untuk menyutradarai film Batman versinya. Ketika itu, Ben Affleck tengah menyelesaikan naskah filmnya. Namun Ben Affleck harus bersusah payah mengembangkan film tersebut dibawah bayang-bayang kegagalan Justice League. Dalam film ini, Deathstroke akan menjadi villain utamanya, dengan aktor Joe Manganiello yang akan memerankannya. Bahkan Manganiello menggambarkan bahwa naskah film ini menampilkan cerita Batman terbaik yang pernah ada. Filmnya juga akan menampilkan Batgirl. Namun sayangnya, Affleck tidak dapat menyelesaikan naskahnya, dan meninggalkan proyek tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa film Batman yang batal dibuat. Beberapa filmnya memang memiliki cerita yang menjanjikan, tetapi pada akhirnya filmnya dibatalkan karena banyak faktor. Menurut Geeks, mana film Batman di atas yang paling potensial?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/