Diadaptasi dari peristiwa Marvel Comics karya Brian Michael Bendis dan Leinil Francis Yu, Secret Invasion adalah serial MCU yang rencananya akan tayang di saluran streaming Disney+ pada awal tahun ini. Sesuai dengan judulnya, serial ini akan bercerita tentang invasi Bumi yang dilakukan secara diam-diam oleh bangsa alien jahat yang bisa berubah bentuk, yaitu skrull. Meskipun Nick Fury sudah dipastikan akan berhadapan dengan skrull jahat bernama Gravik, tetapi tidak sedikit penggemar yang merasa yakin bahwa nantinya akan ada villain rahasia di serial Secret Invasion. Siapakah dia? Mari kita bahas, Geeks!

Senjata Rahasia dari Bangsa Skrull Jahat

Meskipun proyek serialnya sudah diumumkan sejak tahun 2020, tetapi sampai sekarang masih belum diketahui akan seperti apa plot Secret Invasion di MCU. Yang jelas di serial ini karakter Nick Fury dari Samuel L. Jackson akan berurusan dengan sejumlah skrull jahat yang diam-diam sudah menyusup ke dalam pemerintahan dunia. Pada bulan September tahun lalu, Disney sendiri sudah sebenarnya mengumumkan bahwa aktor Kingsley Ben-Adir akan berperan sebagai seorang skrull jahat bernama Gravik, pemimpin kelompok pemberontak skrull sekaligus antagonis utama di serial Secret Invasion nanti.

Walaupun begitu, mengingat konsep cerita komiknya yang penuh dengan intrik, banyak penggemar yang percaya bahwa Gravik bukan satu-satunya villain yang harus dihadapi oleh Nick di serialnya nanti. Dan salah satu kandidat villain yang kemungkinan besar akan mengiringi Gravik di Secret Invasion nanti adalah Kl’rt alias Super-Skrull yang sering digambarkan sebagai senjata rahasia bangsa skrull di Marvel Universe. Kehadiran Super-Skrull sendiri digadang-gadang dapat membuat serial berjumlah enam episode ini menjadi lebih menarik lagi untuk disaksikan, karena dia adalah skrull terkuat dari bangsanya.

Sepak Terjang Super Skrull di Marvel Universe

Pertama kali melakukan debutnya di komik Fantastic Four #18 (1963), Kl’rt awalnya hanya skrull biasa yang eksistensinya tidak begitu diperhatikan oleh para pemimpin skrull. Kehidupannya mulai berubah setelah dia bergabung dengan militer skrull dan menjadi bagian dari program pasukan elite yang disiapkan untuk menaklukan planet lain, yaitu ‘Super Skrulls’. Di bawah kepemimpinan Emperor Dorrek VII, Kl’rt menjadi Super Skrull pertama dari bangsanya. Di mana dia diberkahi semua kekuatan anggota Fantastic Four dan dikirim ke Bumi untuk mengalahkan keluarga superhero tersebut.

Adapun kemampuan super yang dimiliki oleh Super Skrull di antaranya adalah berubah bentuk seperti skrull lain, kekuatan fisik super (The Thing), mampu memanipulasi api (Human Torch), menghilang serta menciptakan perisai energi (Invisible Woman), dan elastisitas (Mister Fantastic). Dengan gabungan kekuatan ini Super Skrull terbukti mampu menandingi para anggota Fantastic Four sekaligus. Dia baru bisa dikalahkan setelah Mister Fantastic membuat perangkat yang dapat memutus sumber kekuatannya, sehingga Super Skrull yang kembali menjadi skrull biasa mau tidak mau harus mengakui kekalahkannya.

Bertahun-tahun kemudian, Super Skrull juga sempat kembali sebagai villain rahasia di peristiwa komik Secret Invasion, di mana dia terbukti mampu mengalahkan superheroin kuat sekelas She-Hulk. Menariknya, di kisah ini dia justru malah mengampuni She-Hulk dan menyuruhnya untuk mengaku kepada yang orang lain bahwa yang mengalahkannya adalah skrull jahat bernama Nogor. Hal ini sengaja Super Skrull lakukan agar dia bisa tetap tinggal di Bumi tanpa ada yang mengetahui keberadaannya, termasuk bangsanya sendiri.

Dampak Kemunculan Super Skrull di MCU

Jika benar Super Skrull menjadi villain rahasia di serial Secret Invasion nanti, ada kemungkinan kisahnya akan jauh lebih panjang dari skrull lainnya, bahkan dari Gravik sekalipun. Mengingat asal-usulnya yang cukup erat dengan keluarga super pertama Marvel, bukan tidak mungkin ke depannya Super Skrull akan kembali di film Fantastic Four yang saat ini sudah mulai dikembangkan oleh Marvel Studios. Berdasarkan rumor sebelumnya film Fantastic Four sendiri dikabarkan akan berlangsung pada masa lampau, hal ini dapat menjadi alasan mengapa Super Skrull memiliki semua kekuatan super mereka.

Mungkin saja Super Skrull sebenarnya adalah bagian dari militer skrull yang dikirim pertama kali untuk menginvasi Bumi. Dan superhero pertama yang dihadapinya di Bumi tidak lain adalah Fantastic Four, seperti kisah di komiknya. Pada titik inilah dia menyimpan data tentang para anggota Fantastic Four dan kemudian meniru semua kekuatan super mereka melalui program Super-Skrulls. Itulah mengapa pada akhirnya dia muncul sebagai villain rahasia yang mempunyai kekuatan Fantastic Four di serial Secret Invasion yang berlangsung pada masa sekarang.

Itulah pembahasan tentang villain rahasia Secret Invasion yang tidak lain adalah Kl’rt alias Super Skrull. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Terlepas dari kebenarannya, kehadiran skrull setangguh Super Skrull sangatlah dibutuhkan di Secret Invasion, karena hanya dengan begitu serialnya bisa memberikan kejutan menarik kepada para penontonnya nanti. Sayangnya untuk saat ini masih belum diketahui secara pasti kapan serialnya akan ditayangkan di Disney+, yang jelas Marvel Studios sudah menjadwalkan Secret Invasion untuk tayang sebagai serial perdana MCU pada tahun 2023. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.