Pertama kali diperkenalkan pada tahun 60-an, Ultraman adalah superhero Jepang yang sangat populer di negaranya. Meskipun popularitasnya di seluruh dunia masih berada dibawah Godzilla, tetapi di Asia sendiri khususnya di Indonesia, Ultraman mempunyai banyak sekali penggemar yang berasal dari berbagai kalangan. Pada artikel kali ini kita akan membahas kaiju atau musuh paling kuat yang ada di semesta Ultraman, dia adalah Belyudra. Selain terkenal sangat kuat, Belyudra juga tercatat sebagai salah satu kaiju terbesar yang pernah dihadapi oleh banyak Ultraman sekaligus, begini kisahnya!

Musuh Terkuat Para Ultraman

Debut di film Mega Monster Battle: Ultra Galaxy LegendsĀ (2009), Belyudra adalah senjata terakhir dari Ultraman jahat yang bernama Belial. Kemunculannya sendiri bermula saat Belial ingin mencuri Plasma Spark, sumber kekuatan para Ultraman di Land of Light. Dalam prosesnya dia berhasil dikalahkan oleh Ultraman Zero, hal ini lantas membuat Belial langsung menggunakan kartu as-nya yang tidak lain adalah Belyudra. Dengan senjata ikonisnya yang disebut Giga Battlenizer, Belial berhasil membangkitkan Belyudra dari semua jasad para kaiju yang sebelumnya sudah pernah dikalahkan.

Tidak lama setelah Belyudra muncul dari Monster Graveyard, Belial langsung ikut bergabung dengan kaiju kolosal tersebut dan bertindak sebagai otaknya. Para superhero yang hadir dalam pertempuran epik tersebut, termasuk sejumlah Ultraman, tim pilot manusia ZAP SPACY, dan Rei yang bisa mengendalikan sejumlah kaiju, awalnya sama sekali tidak bisa memberikan perlawanan kepada Belyudra. Karena hampir semua serangan yang mereka lancarkan dapat langsung disapu dengan mudah oleh Belyudra.

Keadaan mulai berbalik setelah Rei menemukan ide untuk mengendalikan sejumlah kaiju yang ada di tubuh Belyudra menggunakan Battlenizernya. Pada titik inilah Belial mulai kehilangan kendali atas Belyudra, sehingga tim ZAP SPACY bisa menyerangnya dengan Pedanium Launcher. Melihat kesempatan tersebut, para Ultraman seperti Leo, Astra, Dyna, dan Mebius juga langsung ikut menembakan jurus andalan mereka. Para superhero akhirnya menang setelah Ultraman Zero menggunakan Zero Twin Sword-nya untuk memisahkan Belial dari Belyudra, sehingga tubuhnya hancur bersama Giga Battlenizer.

Punya Banyak Kekuatan Kaiju

Berdasarkan deskripsi di filmnya, Belyudra sendiri adalah kaiju yang lahir dari gabungan 100 kaiju yang ada di Monster Graveyard. Karena hal tersebut lah ukuran terbesar Belyudra bisa mencapai 4.000 meter dengan berat yang tidak bisa diukur. Dengan ukurannya ini cukup masuk akal jika Belyudra menjadi kaiju terkuat yang pernah dihadapi oleh para Ultraman. Ditambah lagi dia juga bisa menggunakan sejumlah kekuatan yang dimiliki oleh para kaiju di tubuhnya untuk menyerang para Ultraman, ZAP SPACY, dan Rei yang terlibat dalam pertempuran.

Yang lebih hebatnya lagi, Belyudra juga mempunyai serangan khasnya sendiri yang jauh lebih mematikan dari serangan kaiju mana pun. Seperti menembakan laser Belyudra Inferno dari semua kepala kaiju yang ada di tubuhnya, melontarkan tinju raksasa kepada musuhnya, dan juga menembakan ledakan energi Belyudra Death Buster dari kepalanya. Jika saja Rei tidak mempunyai Battlenizer yang bisa mengendalikan kaiju, mungkin dengan semua kekuatannya ini Belyudra bisa memusnahkan para superhero, dan Belial sendiri akhirnya bisa mendapatkan kekuatan Plasma Spark seperti tujuan awalnya.

Apakah Belyudra Benar-Benar Mati?

Meskipun Belial telah kalah dan Giga Battlenizernya hancur di Ultra Galaxy Legends, seharusnya Belyudra belum benar-benar mati di semesta Ultraman. Ada dua alasan yang mendukung teori tersebut, yang pertama adalah karena sejak awal Belyudra lahir dari para kaiju yang sudah mati, dan yang kedua karena masih ada Battlenizer milik Rei yang masih bisa mengendalikan sejumlah kaiju. Kemungkinan terburuknya jika ada sosok sekuat dan sejahat Belial pada masa depan Ultraman, dia bisa saja merebut Battlenizer dari Rei dan menggunakannya untuk kembali membangkitkan Belyudra atau ancaman sejenisnya.

Itulah pembahasan tentang musuh terkuat Ultraman yang bernama Belyudra. Sejauh ini mungkin belum ada kaiju sebesar dan sekuat Belyudra yang dapat membuat banyak Ultraman kewalahan. Meskipun sepak terjangnya singkat, tetapi kemunculan Belyudra di tangan Belial bisa dibilang sangat berdampak pada cara pandang Ultraman. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun banyak kaiju yang telah mereka kalahkan, hal itu justru malah memperbesar ancaman Belyudra pada masa yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.