Eiichiro Oda memperkenalkan jenis Pacifista terbaru dalam chapter baru manga One Piece, di mana jenis Pacifista ini berbeda dari yang sudah muncul sebelumnya yaitu Mark III. Pacifista adalah salah satu senjata terkuat yang dimiliki oleh pihak angkatan laut. Biasanya, mereka akan menerjunkan Pacifista untuk menghadapi lawan yang kuat. Misalnya, bajak laut dari Worst Generation.

Pacifista juga seolah sudah jadi salah satu elemen penting dalam ceritanya, karena terkoneksi dengan salah satu karakter yaitu Bartholomew Kuma. Masih banyak teka-teki yang belum terjawab terkait koneksi Kuma dan juga para Pacifista tersebut. Namun, chapter 1074 ini memperlihatkan jenis Pacifista terbaru yaitu Mark III. Ada beberapa hal menarik yang sudah terungkap dari Pacifista tersebut. Apa saja?

Jenis Pacifista Terkuat

Dibandingkan dengan jenis Pacifista yang sudah muncul sebelumnya, Mark III merupakan yang paling kuat dan paling canggih. Hal ini diakui sendiri oleh para CP0 yang bertempur melawan Pacifista Mark III di pulau Egghead. Menurut salah satu anggota CP0, Pacifista Mark III merupakan jenis Pacifista yang level kekuatannya jauh melebihi jenis Pacifista yang diterjunkan saat pertempuran di Marineford.

Seperti yang Geeks ketahui, ketika pihak angkatan laut bertempur menghadapi kelompok Whitebeard mereka mengerahkan semua kekuatan yang ada. Pacifista adalah salah satunya. Namun, jenis yang diterjunkan pada pertempuran tersebut merupakan jenis awal seperti PX-2 atau bahkan PX-7. Sedangkan, seperti yang tertulis di tubuhnya, Pacifista jenis baru ini tertulis PX-III.

Punya Sistem Pertahanan Terbaik

Selain menjadi yang terkuat, Mark III juga diketahui memiliki sistem pertahanan terkuat yang pernah ada. Mereka dibekali sebuah sistem pertahanan yang disebut sebagai ‘Buble Shield.’ Pacifista tersebut akan mengeluarkan semacam gelembung dari tangannya, di mana gelembung tersebut mampu menahan serangan apa pun. Hal ini terlihat dari pasukan CP0 yang tidak mampu menembus gelembung tersebut.

Menurut informasi dari pihak CP0, ‘Buble Shield’ merupakan sistem pertahanan terkuat yang pernah diciptakan oleh Vegapunk. Hal ini menarik karena artinya Mark III akan sangat sulit untuk dikalahkan atau dihancurkan. Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apakah sistem pertahanan ini juga diterapkan oleh Vegapunk ke tubuh Seraphim?

Sistem Persenjataan yang Lebih kuat

Dan fakta terakhir yang muncul dari Pacifista Mark III adalah mereka memiliki sistem persenjataan yang lebih kuat dari jenis sebelumnya. Persenjataan yang dimiliki oleh Mark III memang tidak diperlihatkan di chapter 1074 ini, namun di awal chapternya kita melihat bagaimana banyaknya pasukan CP0 yang tumbang serta gedung yang hancur memperlihatkan bahwa kekuatan persenjataan mereka tidak main-main.

Pacifista sendiri diketahui memiliki sistem persenjataan yang monoton. Mereka mampu menembakan laser yang dahsyat dari tangan atau pun dari mulut. Hal ini terlihat dari jenis-jenis lama seperti PX-0 atau jenis lainnya yang sudah muncul dalam cerita. Namun, Mark III kemungkinan memiliki persenjataan yang lebih dahsyat yang membuat pasukan CP0 memutuskan untuk menyerah daripada berhadapan dengan Pacifista tersebut.

Sebagai salah satu senjata manusia terkuat, Pacifista memang sengaja didesain untuk menjadi ‘mesin pembunuh’ yang mengerikan. Mereka dilengkapi oleh sistem pertahanan dan juga persenjataan yang sangat dahsyat. Namun, ternyata, Vegapunk juga membuat jenis lainnya dari Pacifista tersebut. Dan di chapter 1074 ini kita kemudian melihat bagaimana jenis terbaru ini merupakan yang paling mutakhir dari jenis sebelumnya. Menarik untuk melihat bagaimana kelanjutan dari Pacifista ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.