Avengers adalah tim pahlawan super yang bertugas melindungi dunia dari segala macam bahaya. Tim ini terakhir kali terlihat dalam film Avengers: Endgame, di mana Avengers turun langsung menghentikan Thanos dan pasukannya. Tetapi setelah itu, kita masih belum melihatnya kembali. Mereka sendiri sudah dipastikan akan kembali dalam film Avengers: The Kang Dynasty dan Avengers: Secret Wars. Sebelum melihat mereka beraksi, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara Avengers versi MCU dan komik. Apa saja?

Pendiri Avengers yang Berbeda

Seperti yang kita ketahui di MCU, Avengers didirikan oleh Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Iron Man, dan Hawkeye, atas inisiasi dari Nick Fury. Dalam film The Avengers (2012) kita bisa melihat bagaimana tim Avengers diresmikan. Mereka beraksi untuk mengalahkan Loki dan antek-anteknya yang mulai menginvasi New York. Sejak itulah Avengers juga merekrut beberapa anggota lainnya seperti Doctor Strange dan Black Panther. Namun hal berbeda terjadi di komik. Dalam komik, pendiri Avengers adalah Ant-Man (versi Hank Pym), Hulk, Iron Man, Thor, dan Wasp. Untuk Ant-Man dan Wasp di MCU, mereka baru muncul setelah Avengers terbentuk.

Anggota yang Masif

Seperti yang disebutkan di atas, Doctor Strange dan Black Panther adalah anggota baru Avengers di MCU. Tetapi sebenarnya bukan hanya mereka saja yang kemudian bergabung dengan Avengers, karena karakter seperti Ant-Man (Scott Lang), Falcon, Captain Marvel, War Machine, dan Vision juga ikut bergabung. Tetapi menariknya, jumlah anggota Avengers di komik jauh lebih masif.

Di komik, Fantastic Four dan beberapa anggota X-Men juga pernah bergabung dalam Avengers. Contohnya adalah Wolverine dan The Beast, di mana mereka sudah sering beraksi bersama Avengers. Selain itu, adalagi beberapa karakter lainnya selain dari Fantastic Four dan X-Men yang pernah bergabung, seperti Sentry, Hercules dan Blue Marvel.

Lebih Banyak Markas

Sepanjang kisah MCU berjalan, Avengers diperlihatkan memiliki 3 markas yang pernah mereka gunakan. Pertama adalah Avengers Tower, yang tadinya dimiliki oleh Tony Stark. Kemudian mereka sempat pindah sesaat di helicarrier milik S.H.I.E.L.D.. Dan terakhir, Avengers bermarkas di Avengers Compound. Namun setelah Avengers Compound hancur dalam Avengers: Endgame, sepertinya tidak adalagi markas Avengers yang tersisa. Nah di komik, Avengers memiliki markas yang jauh lebih banyak. Selain Avengers Towers, adalagi markas lainnya seperti Triskelion, Lighthouse, Avengers Mansion, Avengers Mountain, dan masih banyak lagi.

Sub Tim Avengers

Dalam komik, Avengers memiliki beberapa sub tim. Misalnya adalah Secret Avengers, West Coasts Avengers, dan Avengers Unity Squad. Pada dasarnya, fungsi sub tim tersebut sama seperti tim utama, yaitu untuk melindungi dunia. Tetapi biasanya ada misi yang lebih spesifik lagi untuk dilakukan. Dan siapapun yang bertugas dalam sub tim Avengers tentu saja harus melapor kembali ke pusat.

Sementara di MCU, Avengers belum diperlihatkan memiliki sub tim. Memang anggota Avengers pernah dipecah menjadi beberapa bagian, contohnya saat film Avengers: Endgame, di mana beberapa Avengers dipecah untuk mengambil kembali Infinity Stones. Contohnya Hawkeye dan Black Widow yang ditugaskan untuk mengambil Soul Stone. Tetapi tetap saja itu bukan dihitung sebagai sub tim, layaknya di komik.

Peranan Spider-Man

Siapa yang tak mengenal Spider-Man? Karakter ikonik ini melakukan debut di MCU dalam film Captain America: Civil War. Dalam film tersebut, Tony Stark meminta Peter Parker untuk membantunya dalam mengalahkan Captain America dan timnya. Selain itu, dia juga membantu melawan Thanos dan pasukannya dalam film Infinity War dan Endgame. Puncaknya, Spider-Man membantu Doctor Strange untuk menghentikan pecahnya multiverse.

Di MCU, Spider-Man memang memiliki peranan yang besar dan penting. Tetapi di komik dia tidak begitu terekspos ketika bersama Avengers. Spider-Man sendiri sebenarnya baru bergabung dengan Avengers (sebagai cadangan) setelah hampir 30 tahun debut di Marvel Comics, dan baru bergabung dengan tim utama baru-baru ini.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan antara Avengers versi MCU dan komik. Perbedaannya memang cukup terasa jelas. Tetapi tentu saja perubahan tersebut dilakukan agar lebih menarik atau disesuaikan dengan jalan cerita yang dihadirkan di MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/