Biasanya sukses atau tidaknya sebuah film ditentukan dengan dibuatnya film sekuel. Jika film pertama sukses, dan masih ada potensi cerita yang bisa dilanjutkan, maka pihak studio biasanya akan membuat sebuah sekuel. Film-film Marvel contohnya yang juga banyak mendapat sekuel setelah film pertamanya sukses besar. Tetapi yang menarik, ternyata ada beberapa sekuel film Marvel yang ternyata batal dibuat karena alasan tertentu. Apa saja sekuel film Marvel yang dibatalkan? Simak berikut ini Geeks!

Daredevil 2

Pada tahun 2003, Ben Affleck mendapat kesempatan memerankan Matt Murdock dalam film Daredevil. Namun sayangnya film tersebut mendapat review negatif karena dianggap memiliki cerita membosankan dan gagal membawa sesuatu baru. Tak mengherankan jika akhirnya Daredevil 2 batal dibuat. Meski Daredevil 2 dibatalkan, tetapi karakter Elektra yang diperankan Jennifer Garner mendapat kesempatan tampil di film solonya. Dan sama seperti Daredevil, film Elektra juga mendapat kritik negatif. Beruntung karena sekarang Daredevil telah dimiliki oleh Marvel Studios, dan tinggal menunggu waktu sebelum dia kembali beraksi dalam series Daredevil: Born Again.

Hulk 2

Sebelum Mark Ruffalo dan Edward Norton terpilih sebagai pemeran Hulk, Eric Bana sudah lebih dulu berkesempatan memerankan Hulk. Film Hulk versi Eric Bana dirilis pada tahun 2003, dan sukses meraup pendapatan $245 juta. Dengan kesuksesan tersebut, Universal berencana membuat film sekuelnya. Sekuelnya diharapkan untuk rilis pada tahun 2005. Namun karena adanya penundaan pada tahap praproduksi, film tersebut akhirnya dibatalkan. Apalagi setelah Marvel Studios mengambil alih karakter Hulk di tahun 2006. Padahal James Schamus sudah menulis naskah Hulk 2 dan menyiapkan Grey Hulk untuk tampil dalam film tersebut.

Punisher

Thomas Jane adalah aktor yang namanya semakin beken setelah dia memerankan Punisher dalam film solonya di tahun 2004. Penampilan Jane sebagai Punisher memang dipuji oleh para kritikus. Meskipun filmnya tidak terlalu sukses, tetapi ada rencana untuk membuat film The Punisher 2. Lionsgate sudah memberikan lampu hijau untuk membuat film tersebut, dengan Jonathan Hensleigh yang kembali ditunjuk menulis naskahnya. Awalnya film tersebut akan memulai syuting pada tahun 2005. Namun karena penulisan naskahnya yang tak kunjung selesai, dan pergantian penulis sudah beberapa kali dilakukan, pada akhirnya The Punisher 2 dibatalkan.

Spider-Man 4

Setelah sukses dengan film Spider-Man 3, Sam Raimi mencoba mengembangkan film Spider-Man 4. Namun praproduksi film ini mengalami kendala, karena adanya perbedaan pendapat tentang siapa villain yang harus dimunculkan. Sony memilih beberapa nama seperti Jim Carrey sebagai Carnage, Bruce Campbell sebagai Mysterio, dan John Malkovitch sebagai Vulture. Namun Sam Raimi memiliki pilihannya sendiri yaitu Lizard dan Morbius the Living Vampire. Dan karena adanya perbedaan ide kreatif, Raimi akhirnya meninggalkan proyek filmnya di tahun 2009. Meski Sony tetap melanjutkan proyeknya tanpa Sam Raimi, tapi pada akhirnya film tersebut benar-benar dibatalkan.

The Amazing Spider-Man 3

The Amazing Spider-Man adalah jawaban dari Sony bagi penggemar yang kecewa dengan dibatalkannya Spider-Man 4. Film reboot tersebut menampilkan Andrew Garfield sebagai karakter utama. Penampilan Garfield pun mendapat pujian dari fans, meski dianggap tak sebaik Tobbey Maguire. Sony sudah membuat dua film The Amazing Spider-Man dan berencana membuat film ketiganya. Namun lagi-lagi Sony membatalkan film ketiganya. Terungkap bahwa Sony membatalkan film tersebut karena mereka telah membuat kesepakatan baru dengan Marvel Studios untuk membawa karakter Spider-Man ke MCU, dengan kisah dan aktor baru.

Reboot Fantastic Four 2

Pada tahun 2015, kita berkesempatan menyaksikan film Fantastic Four yang di-reboot. Alih-alih menyaingi nama besar film Fantastic Four (2005), Reboot Fantastic Four justru berakhir petaka. Film ini dianggap sebagai salah satu film terburuk sepanjang masa. Sebenarnya nih Geeks, 20th Century Studios sudah merencanakan membuat film sekuelnya jika film pertama sukses. Mereka pun sudah merencanakan merilis sekuelnya pada tanggal 9 Juni 2017, dua tahun setelah film pertama rilis. Namun pada akhirnya Reboot Fantastic Four 2 dibatalkan pada Desember 2015.

Ghost Rider 3

Mark Neveldine dan Brian Taylor adalah dua sutradara kondang yang menggarap film Ghost Rider: Spirit of Vengeance. Ketika film tersebut masih tayang di bioskop, keduanya menyatakan telah ditunjuk kembali untuk membuat film Ghost Rider 3, yang kembali dibintangi oleh Nicolas Cage. Namun pada akhirnya, Nicolas Cage menyatakan bahwa dia benar-benar selesai dengan perannya sebagai Johnny Blaze. Hal tersebut semakin diperkuat dengan Kevin Feige yang mengumumkan pada tahun 2013 bahwa hak atas film Ghost Rider telah dimiliki kembali oleh Marvel Studios. Tetapi hingga kini belum ada rencana untuk membuat film barunya.

Itulah dia Geeks beberapa film sekuel Marvel yang dibatalkan. Beberapa sekuel tersebut dibatalkan karena film sebelumnya yang dianggap gagal, sementara beberapa film lainnya dibatalkan karena masalah produksi. Di antara film tersebut, mana yang kalian paling antisipasi Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/