Ant-Man adalah salah satu pahlawan hebat di MCU. Meski tidak sebeken nama-nama lain, tetapi kemunculan Ant-Man selalu memberikan warna baru untuk Avengers. Kemampuannya pun agak unik, di mana Ant-Man bisa memperbesar ukuran tubuh atau memperkecilnya. Tidak lama lagi, karakter yang diperankan Paul Rudd ini bakal kembali di film solonya, Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Tapi sebelum melihatnya beraksi, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu perbedaan Ant-Man di MCU dan komik. Apa saja perbedaannya?

Ant-Man Pendiri Avengers

Dalam komik, ketika Hank Pym menjadi Ant-Man, dia adalah pendiri Avengers. Ant-Man bersama pendiri lainnya (Hulk, Iron Man, Thor, dan Wasp) mulai membentuk Avengers, dan merekrut lebih banyak anggota. Dan setelah Ant-Man dan Wasp meninggalkan Avengers, anggota seperti Hawkeye dan Black Widow mulai bergabung. Menariknya, hal tersebut diceritakan secara berbeda di MCU, di mana Ant-Man versi Hank Pym bukanlah anggota Avengers. Dan Scott Lang yang menggantikan Hank Pym sebagai Ant-Man juga bukanlah pendiri Avengers. Di MCU, Avengers dibentuk oleh Iron Man, Thor, Hulk, Black Widow, Hawkeye, dan Captan America.

Tidak Pernah Gabung S.H.I.E.L.D

Di MCU, Ant-Man versi Hank Pym adalah anggota S.H.I.E.L.D. Dia sudah membuat banyak penemuan dalam organisasi tersebut, dan bekerja bersama Howard Stark dan Peggy Carter. Hasil kreasi Hank Pym di S.H.I.E.L.D adalah Pym Particles yang bisa dia gunakan untuk mengubah ukuran benda. Nah dalam komik, Hank Pym tidak pernah bergabung dengan S.H.I.E.L.D. Dia juga tidak pernah membuat Pym Particles untuk Pemerintah Amerika Serikat. Dan seperti yang disebutkan di atas, Hank Pym hanya bergabung dengan organisasi Avengers, di mana dia adalah pendirinya.

Keberpihakan Ant-Man

Saat peristiwa Civil War terjadi di komik, Scott Lang diceritakan telah mati. Dan ketika itu terjadi, Hank Pym kembali menjadi Ant-Man. Diapun berada di pihak Iron Man, yang berarti dia setuju dengan adanya Registration Act. Untuk menghentikan karakter lainnya yang tidak menyetujui Registration Act, Hank Pym bekerja sama dengan Reed Richards untuk membuat penjara di Negative Zone. Pejara tersebut dibuat untuk menahan mereka yang menolak Registration Act. Sementara di MCU, kisahnya diceritakan berbeda. Seperti yang kita ketahui Scott Lang lah yang menjadi Ant-Man, dan dia memihak kepada kubu Captain America untuk menolak Registration Act.

Cara Dapatkan Kostum yang Berbeda

Seperti yang kita ketahui bahwa di MCU, Scott Lang mencuri setelan Ant-Man karena dia sedang mencari sesuatu yang berharga, yang bisa dia jual untuk membeli rumah dan membayar tunjangan anak, sehingga dia bisa melihat kembali putrinya. Namun ketika Scott mendatangi sebuah rumah untuk mengambil kostum Ant-Man, dia dijebak. Nah cerita berbeda dihadirkan oleh Marvel dalam komiknya. Dalam komik, Scott Lang mencuri kostum Ant-Man agar dia bisa mengecilkan tubuhnya dan menyelamatkan seorang dokter. Hanya dokter itulah yang mampu menyelamatkan nyawa putrinya. Tetapi baik di komik maupun MCU, motivasi Scott Lang mencuri kostum Ant-Man adalah sama-sama demi putrinya, Cassie Lang.

Kisah Percintaan Scott Lang

Sebenarnya di komik, karakter Hope van Dyne tidak pernah ada. Yap, karakter tersebut diciptakan khusus untuk film Ant-Man. Karena itulah di komik, Scott Lang tidak pernah berhubungan dengan Hope van Dyne. Scott Lang diceritakan pernah dekat dengan beberapa wanita seperti Jessica Jones, Darla Deering, dan Janice Lincoln, tapi tidak ada dari hubungan tersebut yang berlangsung lama. Hal tersebut berbeda tentunya dengan Scott Lang versi MCU, di mana dia menjalin hubungan dengan Hope van Dyne. Dan menariknya, setelah Hope van Dyne debut di MCU, Marvel menciptakan karakter bernama Nadia van Dyne yang menjadi Wasp generasi kedua dalam komik, di mana karakternya terinspirasi dari Hope van Dyne.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan Ant-Man dalam versi komik dan MCU. Memang perubahan-perubahan tersebut tidak mengubah fakta bahwa Ant-Man adalah salah satu pahlawan yang hebat di Marvel Universe. Dan tentu saja perubahan tersebut dilakukan untuk membuat jalan cerita semakin menarik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/