Batman adalah pahlawan ikonik dari DC Universe. Meski tidak memiliki kekuatan super, tetapi berkat kepintaran dan kekayaannya, Batman menjelma menjadi sosok menakutkan. Sepanjang kemunculan live action Batman, sudah ada beberapa aktor beruntung yang pernah memerankannya. Mulai dari Michael Keaton, George Clooney, hingga Val Kilmer pernah dapatkan peran tersebut. Menjadi pemeran Batman memang sangat menjanjikan, tetapi ada beberapa aktor yang pernah menolak peran tersebut. Siapa saja?

Ethan Hawke

Geeks tentunya tahu dengan Ethan Hawke. Dia adalah aktor berbakat yang sudah membintangi lebih dari 80 judul film. Dia sudah membintangi film sejak tahun 1985, saat umurnya baru menginjak 15 tahun, sehingga kemampuan aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Menariknya nih Geeks, Ethan Hawke pernah mendapat tawaran untuk memerankan karakter Batman pada tahun 90-an. Tetapi Hawke menolak tawaran tersebut, karena dia takut setelah memerankan Batman, peran tersebut akan membuatnya kehilangan pekerjaan. Namun pada akhirnya dia menyesali keputusannya. Ethan Hawke sendiri baru-baru ini muncul dalam series superhero Moon Knight, meski dia memerankan seorang villain.

Pierce Brosnan

Mungkin Pierce Brosnan sangat kental dengan image James Bond. Bagaimana tidak? Dia sudah memerankan karakter tersebut sebanyak 4 kali. Brosnan juga sudah banyak membintangi film-film besar seperti Dante’s Peak, Mrs. Doubtfire, dan The Matador. Ketika Brosnan memerankan James Bond di Goldeneye, dia sempat mendapat tawaran memerankan Batman. Ketika itu Tim Burton menghubungi dan mengajaknya memerankan karakter tersebut. Tetapi Brosnan menolak peran itu karena dia menganggap kostum yang dikenakan Batman konyol, dengan celana dalam yang berada di luar.

Heath Ledger

Nama Heath Ledger semakin terkenal setelah dia memerankan Joker dalam film The Dark Knight. Tetapi tak lama setelah memerankan karakter tersebut, Ledger meninggal dunia akibat overdosis. Menariknya, sebelum Ledger memerankan Joker, dia pernah mendapat tawaran untuk memerankan musuh abadi Joker, yaitu Batman. Percaya atau tidak, Christopher Nolan justru awalnya menawari Ledger untuk memerankan Batman di film Batman Begins. Tetapi Ledger menolak peran tersebut. Dan setelah melihat kesuksesan Batman Begins, diapun setuju memerankan Joker di The Dark Knight, meski dia belum membaca naskahnya.

Josh Harnett

Meski nama Josh Harnett sudah jarang terdengar lagi, tetapi dia adalah aktor yang sering tampil di berbagai film besar Hollywood. Contohnya adalah Black Hawk Down, Sin City, dan Pearl Harbor. Ada satu perannya yang sangat dia sesali karena pernah ditolak, yaitu peran Batman. Ketika Christopher Nolan masih mencari aktor terbaik untuk memerankan Batman, Harnett menjadi pilihan terkuatnya. Karena Harnett menganggap bahwa memerankan Batman akan berdampak buruk pada kariernya, Harnett pun menolak tawaran tersebut. Namun baru-baru ini, Harnett sempat menyatakan penyesalannya karena menolak tawaran tersebut.

Daniel Day-Lewis

Aktor berusia 65 tahun ini adalah aktor langganan Oscar. Dia sudah beberapa kali masuk nominasi Oscar, dan berhasil mendapatkan 3 Oscar untuk kategori Best Actor. Jadi tentu saja kemampuan akting Day-Lewis sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal langganan Oscar, Day-Lewis juga terkenal karena sering memilih-milih proyek yang akan dia bintangi. Itulah sebabnya kita tidak pernah melihatnya sebagai Batman. Sebenarnya Day-Lewis pernah dipertimbangkan untuk memerankan Batman di Batman Forever. Tetapi seperti yang sudah diprediksi, dia menolak peran tersebut. Tetapi tidak diketahui secara pasti apa alasannya menolak peran itu.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang pernah menolak peran Batman. Menariknya, beberapa aktor di atas pernah mengutarakan rasa penyesalannya setelah menolak peran tersebut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/