Ada beberapa film sci-fi yang masuk dalam kategori rating tertinggi berdasarkan situs rating film IMDb. Film fiksi ilmiah atau sci-fi merupakan salah satu genre film yang sangat populer dalam sejarah perfilman dunia. Hal ini karena biasanya para penonton akan diajak untuk berkhayal mengenai teknologi canggih pada masa depan atau sesuatu hal yang mungkin baru akan terjadi pada masa depan.

Dalam satu dekade terakhir film sci-fi mulai sedikit berkurang intensitasnya akibat meledaknya genre superhero atau adaptasi buku komik. Meskipun begitu, nyatanya masih ada banyak judul yang muncul dari genre ini. Yang paling baru jelas adalah Avatar: The Way of Water garapan James Cameron. Situs rating film, IMDb, mencatat ada beberapa film sci-fi yang memiliki rating tertinggi versi mereka. Apa saja?

Back To The Future (1985) – 8,5

Disutradari oleh Robert Zemecki, film ini menjadi salah satu film yang paling memiliki kesan mendalam bagi banyak penonton. Bahkan, saking luar biasanya pengaruh film ini, Back to the Future dianggap sebagai salah satu budaya populer yang berasal dari era 1980an. Ceritanya sendiri berfokus pada petualangan menjelajah waktu yang dilakukan oleh Marty McFly.

Marty tidak sengaja pergi ke masa lalu akibat mobil DeLorean milik Dr. Emmett “Doc” Brown. Saat Marty berusaha untuk kembali ke masanya, situasinya justru bertambah rumit. Karena, apa yang dia lakukan pada masa itu mengancam masa depan hubungan dari kedua orang tuanya. Bahkan, yang paling mengerikan adalah Marty diceritakan tidak akan pernah ada atau menghilang dari dunia.

Alien (1979) – 8,5

Seperti halnya Back to the Future, Alien merupakan salah satu film sci-fi terbaik yang berasal dari era 1980an. Kepopuleran film ini tidak perlu diragukan lagi, di mana Alien juga masuk daftar budaya populer. Sering kali disebut sebagai film sci-fi horror terbaik, Alien berfokus pada sebuah kru di luar angkasa yang menemukan sebuah kapal terbengkalai. Namun, tanpa mereka ketahui di kapal tersebut ada makhluk alien mengerikan.

Alien yang kemudian dikenal sebagai Xenomorph tersebut mengancam nyawa dari para kru, di mana mereka harus bertahan hidup dari serangan makhluk mengerikan itu. Disutradarai oleh Ridley Scott, Alien dianggap berhasil menggabungkan dua genre tersebut di mana ceritanya sangat bergantung pada atmosfer yang senyap dan juga menegangkan serta mengerikan.

The Prestige (2006) – 8,5

Dengan setting waktu di London, Inggris, pada abad ke 19, The Prestige menghadirkan cerita menarik dari rivalitas panas dua pesulap yaitu Robert Angier dan Alfred Borden. Mereka berdua bersaing untuk membuktikan siapa dari keduanya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai aksi dan trik sulap. Mereka bahkan rela melakukan apa pun yang bahkan bisa mengancam nyawa mereka.

Elemen sci-fi dalam film ini adalah bagaimana cara keduanya untuk bisa saling mengalahkan satu sama lain. Untuk menghadirkan berbagai trik sulap yang epik, mereka harus melakukan berbagai uji coba yang berbahaya dan menghadirkan berbagai penemuan yang tidak biasa. Christopher Nolan, sebagai sutradara filmnya, berhasil menggunakan unsur sci-fi untuk menghadirkan thriller psikologis yang membuat para penonton tidak beranjak dari kursi mereka.

Star Wars: Episode IV – A New Hope (1977) – 8,6

Film yang disutradarai oleh George Lucas ini merupakan film yang “melahirkan” sebuah franchise besar yaitu franchise Star Wars. Film ini pun bahkan masih dianggap sebagai salah satu film terssukses. A New Hope menghadirkan cerita dramatis dari konflik antara pihak Galactic Empire dan Rebel Alliance. Film ini menghadirkan berbagai karakter epik yang populer sampai sekarang.

Misalnya, Luke Skywalker, Han Solo, dan bahkan Putri Leia Organa. Salah satu alasan mengapa film ini dianggap sebagai film sci-fi tersukses adalah pada saat itu film ini berhasil menggambarkan sesuatu yang terjadi di luar bumi dengan menggunakan berbagai hal yang epik dan modern. Simpelnya, film ini jauh lebih modern dari berbagai film-film lain pada masa itu.

Terminator 2: Judgement Day (1991) – 8,6

Terminator 2: Judgement Day adalah contoh paling sempurna dari sebuah sekuel film, yang berhasil dibungkus dan dihadirkan secara tepat dan menarik. Disutradarai oleh James Cameron, Terminator 2 berfokus pada nasib dari pemimpin umat manusia pada masa depan dalam perlawanan menghadapi para robot, John Connor. Skynet adalah perusahaan teknologi yang bertanggung jawab atas terciptanya para Terminator tersebut.

Skynet di masa depan mengirimkan Terminator jenis T-1000 untuk menghabisi John. Namun, dari pihak pemberontak juga mengirimkan Terminator versi mereka, T-800. Kesuksesan dari film ini banyak diapresiasi oleh berbagai pihak. Misalnya, ada beberapa referensi dari film ini yang muncul di film lain. Atau ada juga film-film lain yang terinspirasi dari kesuksesa Terminator 2.

Interstellar (2014) – 8,6

Christopher Nolan memang dikenal sebagai sutradara yang khusus menghadirkan film-film bergenre sci-fi atau film yang menghadirkan cerita mind blowing. Interstellar adalah salah satunya. Film ini menghadirkan cerita di mana bumi dalam keadaan bahaya akibat kekurangan pangan karena jumlah manusia yang membludak. Mantan pilot NASA, Joseph Cooper, kemudian diberikan misi untuk mencari bumi lainnya.

Banyak pujian yang diberikan kepada film ini, mulai dari sinematografi yang sangat memanjakan mata, musik yang dikemas apik oleh Hans Zimmer, dan bagaimana berbagai elemen di ceritanya dianggap mendekati realita. Contohnya adalah tentang teori relativitas yang dihadirkan dan juga berbagai hal ilmiah lain. Interstellar adalah salah satu contoh film sci-fi tersukses di era modern sekarang.

Star Wars V: The Empire Strikes Back (1980) – 8,7

The Empire Strikes Back merupakan sekuel dari film Star Wars selanjutnya, di mana ceritanya berfokus pada pertempuran antara para pemberontak yang dipimpin oleh Leia menghadapi pihak Empire yang dipimpin oleh Emperor Palpatine. Sementara itu, Luke Skywalker berlatih dengan sang Jedi Master, Yoda, untuk menggunakan kemampuan Force yang ada dalam dirinya.

Latihan tersebut dipersiapkan untuk berhadapan dengan Sith Lord terkuat, yaitu Darth Vader. Ada beberapa momen yang ikonik dari film Star Wars dengan rating paling tinggi ini, yang mana hal tersebut jadi bukti mengapa kemudian filmnya masih dianggap sebagai yang terbaik di franchisenya. Yang menarik adalah George Lucas bukan sutradara film ini melainkan Irvin Kershner.

The Matrix (1998) – 8,7

Banyak dari para fans dan penggemar film sepakat jika film The Matrix, yang merupakan film pertama dari franchise ini, masih menjadi film yang terbaik yang pernah dibuat oleh Andy dan Lana Wachowski. The Matrix menghadirkan cerita tentang Thomas Anderson yang berpetualang di dunia Matrix dengan nama Neo. Neo diperlihatkan terjebak dalam sebuah simulated reality yang dia ciptakan.

Neo pun kemudian menggabungkan kekuatan untuk membebaskan yang lain dari manipulasi dan juga kendali makhluk asing dalam realita tersebut. Bukti kesuksesan filmnya adalah The Matrix berhasil membawa pulang banyak sekali penghargaan. Dan The Matrix sendiri sedikit banyaknya berhasil memberikan pengaruh terhadap dunia film atau hal-hal epik yang ada di era sekarang.

Inception (2010) – 8,8

Jika Interstellar masih belum cukup untuk membuat pikiran Geeks mind blowing, maka ada film karya Christopher Nola lainnya yang siap membuat otak kita berputar yaitu Inception. Inception berfokus pada sebuah kelompok pencuri profesional yang dipimpin oleh Dom Cobb. Yang menarik adalah Dom memiliki kemampuan untuk bisa masuk ke alam bawah sadar seseorang untuk mencuri berbagai informasi.

Dom kemudian direkrut oleh seseorang untuk melakukan sesuatu yang luar biasa, yaitu menanamkan sebuah ide atau pikiran. Karena hal ini, kehidupan dari sang protagonis jadi terhubung dengan berbagai misi kelompok tersebut, membuat semuanya jadi sangat berbahaya. Bagaiman Nolan berhasil menghadirkan sesuatu yang “aneh” dan tidak biasa dianggap menjadi hal yang luar biasa dari film ini.

Dr. 56 (2022) – 9,3

Film sci-fi dengan rating tertinggi versi IMDb bukan berasal dari produksi Hollywood. Justru film yang diproduksi oleh Bollywood atau industri perfilman India yang jadi jawaranya. Dr. 56 adalah film yang disutradarai oleh Rajesh Anandleela. Dibintangi oleh Praveen Reddy, Priyamani, Raj Deepak Shetty, dan Ramesh Bhat, Dr. 56 baru saja rilis di bioskop pada Desember 2022 kemarin.

Dr. 56 menghadirkan cerita tentang Arjun, seorang pria yang merupakan aktor teater yang memiliki penyakit misterius. Dia diperlihatkan harus meminum obat setiap 56 menit sekali. Seorang agen investigasi bernama Priya Krishna diperlihatkan harus menghadapi kasus pembunuhan dari tiga dokter bedah otak. Arjun diduga terlibat dalam kejadian tersebut.

Film dengan genre sci-fi sepertinya masih belum akan meredup atau berakhir dalam beberapa dekade kedepan. Akan selalu ada judul-judul baru dan menarik yang menawarkan sesuatu yang epik di genre ini. Apakah film sci-fi favorit kalian ada dalam daftar ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.