Kesuksesan sebuah film memang bergantung dalam berbagai aspek. Selain cerita, visual, dan promosi yang matang, kesuksesan film juga ditentukan dari para pemeran yang terlibat di dalamnya. Tentu saja akting dari para pemeran akan berpengaruh pada hidup atau tidaknya sebuah film. Oleh sebab itu pemilihan aktor menjadi hal krusial dalam pembuatan sebuah film. Bahkan pihak studio tak ragu untuk membayar mahal sang aktor agar hasilnya maksimal. Tetapi menariknya, ada beberapa aktor besar Hollywood yang justru mendapat bayaran murah. Siapa saja mereka?

Jennifer Lopez

Nama Jennifer Lopez tentunya sudah tidak asing di telinga kalian. Dia mengawali kariernya sebagai penyanyi, sebelum terjun dalam industri film Hollywood. Film pertama Jennifer Lopez berjudul My Family dan setelah itulah dia sering muncul di berbagai film lain. Nah menariknya, pada tahun 2019 Lopez sempat mengaku bahwa dia tidak dibayar untuk membintangi film Hustlers. Dalam film tersebut, Lopez berperan sebagai penari bernama Ramona. Lopez mengakui bahwa dia secara gratis memproduksi dan membintangi filmnya, karena dia ingin melakukan apa yang dia sukai dan inginkan.

Johan Hill

Dalam sebuah wawancara dengan Howard Stern pada tahun 2014, Jonah Hill mengatakan bahwa dia bersedia untuk menjadi karakter pendukung dalam film The Wolf of Wall Street garapan Martin Scorsese. Dalam film tersebut, Jonah Hill hanya mendapatkan bayaran sebesar $60.000 saja. Dan menariknya, Johan Hill juga bersedia membuat kesepakatan yang sama lagi jika dia kembali ditunjuk oleh Martin Scorsese. “Saya ingin menandatanginya malam ini sebelum mereka berubah pikiran. Saya ingin menandatanganinya sebelum saya pergi tidur malam ini sehingga mereka tidak dapat berubah pikiran.”

Matthew McConaughey

Pada tahun 2013, Matthew mendapat kesempatan untuk membintangi film Dallas Buyers Club. Setelah membintangi film tersebut, Matthew McConaughey hanya mendapatkan bayaran sebesar $200.000 saja. Meski hanya mendapatkan bayaran yang kecil, tetapi Matthew sangat senang karena dia mendapat Oscar dalam nominasi Best Actor. Sejak tahun 2010, Matthew memang tengah merevitalisasi kariernya. Jika sebelumnya Matthew sering membintangi film drama romance, sekarang dia mulai beralih ke genre lain yang lebih serius. Contohnya dia membintangi film Dallas Buyers Club, The Wolf of Wall Street, hingga Interstellar.

Bill Murray

Pada tahun 2013, Bill Murray mengaku bahwa dia hanya mendapat bayaran sebesar $9.000 untuk membintangi film Rushmore. Buat Geeks yang belum tahu, Rushmore menceritakan kisah cinta segitiga antara seorang pelajar, guru muda, dan seorang taipan yang kehidupannya sangat menyedihkan. Bill Murray mengatakan bahwa dia tertarik bekerja sama dengan sutradara Wes Anderson, sehingga aktor kawakan ini rela dibayar murah untuk membintangi Rushmore. Dan menariknya, Bill Murray dan Wes Anderson kemudian sering berkolaborasi dalam beberapa film lain.

Patricia Arquette

Patricia Arquette adalah aktris berbakat yang sempat membintangi film Boyhood di tahun 2014. Meski film tersebut sukses besar dan masuk dalam beberapa nominasi Oscar, tetapi Patricia Arquette mengatakan bahwa babysitter yang bekerja padanya memiliki bayaran yang jauh lebih besar dari bayarannya di film Boyhood. “Penting bagi saya sebagai seorang aktor untuk dapat mencari nafkah, tetapi saya akan memberi tahu anda sesuatu. Saya membayar lebih banyak uang untuk babysitter saya, dan penjaga anjing saya, daripada yang saya hasilkan dari Boyhood.” Dan pengorbanan Arquette pun tidak sia-sia karena dia berhasil mendapatkan Oscar sebagai aktris pendukung terbaik di Boyhood.

Tom Cruise

Aktor berikutnya yang mendapat bayaran murah adalah Tom Cruise. Siapa yang tak mengenal nama besar Tom Cruise? Dia adalah aktor yang sering kita lihat di beberapa film besar Hollywood. Meski namanya sudah sangat terkenal, tetapi Tom Cruise mengaku bahwa dia hanya mendapatkan bayaran sebesar $100.000 saat membintangi film Magnolia yang rilis di tahun 1999. Kala itu, Tom Cruise bertemu dengan sutradara Thomas Anderson saat melakukan syuting film Eyes Wide Shut. Dan keduanya saling terikat karena sama-sama kehilangan ayahnya. Dan film Magnolia lahir dari kesedihan bersama antara Cruise dan Anderson. Meski bayarannya sangat kecil, tetapi Cruise menyukai naskahnya dan setuju membintangi filmnya.

Julia Roberts

Los Angeles Times pernah melaporkan bahwa Julia Roberts hanya mendapatkan bayaran sebesar $50.000 untuk membintangi film Mystic Pizza di tahun 1988. Padahal kala itu, Julia Roberts sudah menjadi aktris besar Hollywood yang sudah banyak dikenal publik. Selain mendapat bayaran murah di film Mystic Pizza, ternyata Julia Roberts juga mendapat bayaran yang murah untuk perannya dalam film Pretty Woman. Dalam film tersebut, Julia hanya mendapatkan $300.000 saja. Meski mendapat bayaran yang kecil, tetapi film Pretty Woman justru mendongkrak namanya, sehingga ia membintangi lebih banyak film besar.

Chris Evans

Captain America adalah karakter ikonik MCU yang melakukan debut pada tahun 2011, dalam film Captain America: The First Avengers. Film tersebut sangat sukses, dan menaikkan popularitas Chris Evans sebagai pemeran Captain America. Tetapi nih Geeks, ternyata Chris Evans hanya mendapatkan bayaran sebesar $300.000 saja untuk memerankan karakter Captain America di The First Avengers. Tetapi setelah itu, Chris Evans mendapatkan total bayaran yang fantastis yaitu sekitar $43,5 juta antara Juni 2018 hingga Juni 2019 dalam kelanjutan perannya sebagai Captain America.

Gal Gadot

Jika Captain America menjadi karakter ikonik dari MCU, Nah DCU juga mempunyai karakter ikoniknya tersendiri yaitu Wonder Woman. Sejak melakukan debut di tahun 2017, Wonder Woman menjadi primadona. Karakternya sendiri diperankan oleh aktris cantik Gal Gadot. Tetapi dibalik kesuksesan Wonder Woman, sang pemeran hanya mendapat bayaran sebesar $300.000. Padahal film Wonder Woman pertama berhasil mendapatkan pendapatan $821 juta di seluruh dunia. Dan menariknya lagi, Henry Cavill yang juga menjadi lawan mainnya di Justice League juga mendapat bayaran yang hampir serupa saat melakukan debut sebagai Superman.

Michelle Williams

Pada tahun 2019, Michelle Williams mengaku bahwa dia hanya mendapat bayaran sebesar $625.000. Anehnya, lawan main Michelle Williams yang justru menjadi co-star, Mark Wahlberg, mendapat gaji yang jauh lebih besar yaitu $5 juta. Michelle Williams sendiri sempat mengutarakan masalah ini dengan mengatakan, “Hal ini tidak mengejutkan saya, ini semakin memperkuat keyakinan yang saya pelajari dalam hidup bahwa kesetaraan bukanlah hak yang tidak dapat dicabut, dan bahwa wanita akan selalu bekerja sama kerasnya dengan uang yang lebih sedikit, sambil memikul lebih banyak tanggung jawab di rumah mereka. Saya telah didiskreditkan oleh industri saya di tingkat tertinggi, dan itu masih belum menghasilkan kompensasi yang setara dan adil.”

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang mendapat bayaran murah dalam sebuah film yang sangat besar. Beberapa aktor tersebut rela mendapat bayaran yang tak sepadan karena mereka menginginkannya, tetapi ada juga aktor yang ternyata kurang begitu berkenan mendapatkan bayaran yang berbeda dari rekannya yang lain.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/