Semua penggemar setia waralaba Avatar, pasti sepakat bahwa sekuelnya yang berjudul Avatar: The Way of Water terasa lebih mewah dari film sebelumnya, baik dari segi visual maupun premisnya. Walaupun begitu, sutradara James Cameron masih tetap menghadirkan cerita sekuelnya ini dari kacamata protagonis film pertama, yaitu Jake Sully (Sam Worthington). Sedangkan untuk Avatar 3 mendatang, Cameron berjanji akan membuatnya lebih segar dengan menghadirkan perubahan drastis pada narasi filmnya nanti.

Berkat kesuksesan Avatar: The Way of Water, di mana filmnya berhasil mendapatkan penghasilan lebih dari 1 miliar dolar Amerika dari seluruh dunia, saat ini Cameron dan Disney tengah merencanakan perilisan untuk tiga sekuel selanjutnya dalam 5 tahun ke depan. Film Avatar 3 sendiri saat ini sudah dijadwalkan untuk tayang pada akhir tahun 2024 mendatang. Meskipun trikuelnya nanti masih akan mengeksplorasi keindahan planet Pandora, tetapi sutradara Cameron baru saja mengungkapkan bahwa dia akan mengganti posisi narator yang sebelumnya diisi oleh Jake Sully di dua film sebelumnya.

Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Soundtracking with Edith Bowman, James Cameron mengatakan bahwa dia akan menjadikan anak Jake yang bernama Lo’ak sebagai narator baru di film Avatar 3 mendatang. Dan bukan hanya itu saja, Cameron juga menjelaskan bahwa tiga film Avatar selanjutnya memang sudah direncanakan untuk dinarasikan oleh karakter yang berbeda.

“[Di The Way of Water] Lo‘ak benar-benar muncul sebagai seorang karakter yang disukai oleh banyak orang. Sekarang dia bahkan telah menjadi narator,” ungkap Cameron. “Saya pikir orang akan tertarik untuk memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. Jake adalah narator kami untuk film pertama dan kedua, kami memiliki narator yang berbeda untuk setiap film berikutnya. Dan untuk film ketiga, kita akan melihat dari kacamata karakter yang berbeda, yaitu sudut pandang Lo’ak.”

Meskipun perubahan narator ini tidak menghilangkan peran Jake atau Neytiri, Lo’ak sepertinya memang dimaksudkan untuk mengambil peran yang lebih besar di Avatar 3 nanti. Sedangkan untuk lawannya, Cameron juga sebelum telah mengungkapkan bahwa di film ketiganya nanti akan ada antagonis baru dari suku Na’vi Ash People. Dengan begitu ada banyak hal yang bisa kita nantikan dari film Avatar selanjutnya. Jika semuanya lancar, filmnya sendiri akan ditayangkan di bioskop pada tanggal 20 Desember 2024.