Untuk membuat sebuah film hebat, biasanya studio film rela menggelontorkan dana yang sangat besar. Dana tersebut digunakan untuk membayar pemain, penggunaan property, wardrobe, kru produksi, hingga tenaga ahli di bidangnya. Memang tak jarang, film dengan anggaran besar justru berhasil menjadi film dengan pendapatan tertinggi. Tak heran jika film termahal yang pernah dirilis juga mendapat pendapatan yang masif juga.

Avatar 2 menjadi contoh bagaimana sebuah film mahal dibuat, dengan berbagai teknologi canggih yang digunakan. Bahkan anggaran pembuatan film tersebut mencapai lebih dari $350 juta (yang diestimasikan). Tetapi sepertinya bakal ada beberapa film baru yang bakal menyusul Avatar 2 sebagai salah satu film termahal yang pernah dibuat. Apa saja film baru tersebut?

Tom Cruise Space X

Tom Cruise dipastikan bakal menjadi orang sipil pertama yang melakukan syuting sebuah film di luar angkasa. Cruise tidak akan beraksi sendiri, karena dia ditemani NASA dan SpaceX. Sejauh ini, belum ada informasi detail tentang filmnya. Tetapi pemimpin Universal Picture, Donna Langley, sudah menunjuk Doug Liman untuk menyutradarai filmnya. Judul filmnya pun masih dirahasiakan. Langley sempat mengatakan bahwa latar utama filmnya memang masih di Bumi.

Namun karakter yang diperankan Tom Cruise harus pergi ke luar angkasa untuk menjadi penyelamat. Karakter yang Cruise perankan digambarkan sebagai sosok pria yang kurang beruntung dan menjadi satu-satunya yang bisa menyelamatkan Bumi. Nah karena akan melakukan syuting di luar angkasa, tentu saja dibutuhkan biaya yang sangat masif dalam pembuatan filmnya.

Avengers: Secret Wars

Avengers: Secret Wars bakalan menjadi film di phase 6 MCU. Filmnya akan mengadaptasi peristiwa Secret Wars di komik Marvel, yang menceritakan saat Beyonder mengumpulkan semua superhero dan supervillain di Battleworld, agar dia bisa tahu siapa yang paling kuat di antara mereka. Di komik, hampir semua pahlawan besar dilibatkan seperti Hawkeye, Captain America, Captain Marvel, Hulk, hingga X-Men.

Kubu villain pun mengalami nasib serupa, di mana mereka yang dikumpulkan antara lain adalah Loki, Enchantress, Kang the Conqueror, Doctor Doom, hingga Ultron. Jika film Avengers: Secret Wars benar-benar mengikuti seluruh cerita Secret Wars di komik, itu berarti filmnya akan menghadirkan banyak aktor besar. Kevin Feige sendiri sudah menjanjikan bahwa Avengers: Secret Wars menjadi film terbesar MCU yang pernah dibuat, yang mengindikasikan bahwa mereka menggelontorkan dana yang masif untuk membuatnya.

Fast XI

Saga Fast Furious akan segera berakhir dalam waktu dekat. Vin Diesel sudah mengkonfirmasi bahwa Fast XI alias Fast Furious 11 bakalan menjadi film terakhir dari Saga Fast Furious, yang berarti menjadi cerita penutup bagi Dominic Toretto dan keluarganya. Syuting filmnya sendiri dilakukan bersamaan dengan Fast X, yang bakal rilis lebih dulu di tahun 2023 ini. Sebagai film terakhir, tentu saja Universal akan jor-joran dalam membuat Fast XI.

Beberapa aktor lama diperkirakan akan kembali dalam film penutupnya, seperti Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson dan masih banyak lagi. Dan tidak menutup kemungkinan filmnya menghadirkan aktor baru, yang bakal melengkapi jajaran pemeran dalam film ini. Jika Fast X saja membutuhkan biaya sebesar $340 juta dalam pembuatannya, maka sepertinya biaya pembuatan Fast XI bakalan lebih besar lagi, dan menjadikannya sebagai salah satu film termahal sepanjang masa.

Avatar 3

Avatar 3 alias Avatar: The Seed Bearer adalah film terbaru dari franchise Avatar yang digarap oleh James Cameron. Jika tidak ada halangan, film ini bakalan rilis pada tanggal 20 Desember 2024 di bioskop. Namun yang harus dicatat bahwa jadwal rilis tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu jika tidak ada penundaan dalam pasca produksinya. Yap, sebenarnya film ini sudah menyelesaikan syutingnya. Pasalnya, syuting Avatar 3 dilakukan berbarengan dengan Avatar 2, yang filmnya rilis lebih dulu tahun lalu. Masih belum diketahui cerita apa yang coba dihadirkan Cameron dalam Avatar 3.

Tetapi dia mengkonfirmasi filmnya menampilkan Ash People, yang merupakan suku Na’vi baru yang coba diperkenalkan. Mereka berbeda dari suku lainnya, karena tidak ramah dan berpotensi menjadi ancaman besar. Para pemeran lama pun dipastikan kembali, seperti Sam Worthington dan Zoe Saldana yang kembali sebagai pemeran Jake Sully dan Neytiri. Jika anggaran pembuatan Avatar 2 saja sudah menembus angka $350 juta, maka kemungkinan Avatar 3 akan membutuhkan anggaran yang lebih besar dari itu, karena Avatar 3 digadang-gadang lebih masif dari film kedua. Dan sepertinya film ini bakal menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat.

Mission Impossible – Dead Reckoning – Part Two

Franchise Mission Impossible akan bernasib sama dengan Fast Furious, karena franchise ini akan segera berakhir dalam waktu dekat. Franchise ini bakal berakhir dalam film kedelapannya yang berjudul Mission: Impossible – Dead Reckoning – Part Two. Filmnya bakal rilis pada pada tahun 2024, satu tahun setelah Part One rilis di bioskop. Sudah ada beberapa aktor yang dikonfirmasi terlibat dalam film terakhirnya seperti Tom Cruise, Rebecca Ferguson, Vanessa Kirby, Hayley Atwell, dan Simon Pegg.

Filmnya pun masih akan disutradarai oleh Christopher McQuarrie. Untuk Mission Impossible – Dead Reckoning – Part One, Paramount Pictures sudah menggelontorkan dana sebesar $290 juta, dan kemungkinan Part Two akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi, mengingat film ini bakal menjadi penutup dari kisah Ethan Hunt. Paramount pun sepertinya tak ragu menggelontorkan dana lebih besar untuk film tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa film baru yang sepertinya akan melampaui Avatar 2 sebagai film termahal. Memang biasanya, pihak studio tidak pernah benar-benar menyebutkan secara pasti berapa banyak anggaran yang mereka keluarkan untuk membuat film. Tetapi kita dapat memprediksi seberapa besar anggarannya dari masifnya film tersebut.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/