Memasuki tahun 2023, banyak para penggemar DC di seluruh dunia yang sudah tidak sabar ingin segera menyaksikan deretan film menarik DCU yang akan tayang pada tahun ini. Yang paling pertama adalah film solo kedua Shazam yang berjudul Fury of the Gods, di mana dia akan kembali beraksi bersama keluarga supernya yang disebut Shazam Family. Bedanya di film Shazam Fury of the Gods mereka bukan lagi menghadapi iblis, melainkan tiga dewi bersaudara yang merupakan anak Atlas, yaitu Hespera, Kalypso, dan Anthea.

Menariknya, meskipun status antagonis mereka sudah cukup jelas, khususnya Hespera dan Kalypso, ternyata para dewi ini baru akan melakukan debutnya di jagat sinema DCU. Para dewi ini merupakan villain original yang sengaja diciptakan untuk film Shazam Fury of the Gods. Itulah mengapa kali ini kita akan mencoba menguraikan gambaran karakternya, berdasarkan fakta yang sudah terungkap, sekaligus sejarah asli mereka di mitologi Yunani. Penasaran? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Hespera

Dewi jahat pertama yang sudah pasti akan jadi ancaman besar di film Shazam Fury of the Gods nanti adalah Hespera. Jika dilihat dari penampilannya yang sudah beruban, karakter antagonis yang diperankan oleh aktris Helen Mirren ini sepertinya adalah kakak tertua di antara para anak Atlas yang akan muncul di filmnya nanti. Dalam cuplikan trailer filmnya, sosok dari Hespera ini sempat terlihat membawa sebuah tongkat misterius yang bisa memanggil naga raksasa dan juga struktur mirip pohon raksasa.

Menariknya, jika mengacu pada mitologi Yunani, Hespera sendiri merupakan satu dari sekian banyak anak Atlas yang disebut Hesperides, peri penjaga pohon apel emas milik dewa Zeus dan dewi Hera. Dikenal sebagai Cahaya Senja, Hespera bertugas menyirami pohon apel tersebut. Mungkin saja pohon yang muncul di filmnya nanti adalah pohon emas yang seharusnya dijaga oleh Hespera. Meskipun tujuan asli Hespera di film Fury of the Gods masih belum terungkap, tetapi di trailernya dia sempat mengatakan bahwa dia tidak senang “para anak kecil mencuri kekuatan para dewa.”

Berdasarkan hal tersebut ada kemungkinan Hespera dan dewi lainnya sengaja datang ke Bumi untuk merebut kembali kekuatan dewa yang dimiliki oleh para Shazam Family. Karena seperti yang kita tahu, nama ‘SHAZAM’ sendiri sebenarnya adalah inisial untuk enam dewa yang memberikan berkah kekuatan kepada Shazam. Di mana S = Solomon (kebijaksanaan), H = Hercules (kekuatan fisik), A = Atlas (stamina), Z = Zeus (kekuatan petir), A = Achilles (Keberanian), dan M = Mercury (Kecepatan). Mengingat Atlas adalah ayah Hespera, cukup masuk akal jika akhirnya dia muncul di Fury of the Gods nanti.

Kalypso

Sama seperti Hespera, Kalypso juga merupakan anak Atlas yang akan hadir sebagai dewi jahat di film Fury of the Gods nanti. Diperankan oleh aktris Lucy Liu, Kalypso digambarkan sebagai karakter yang lebih sering diam, menyerahkan semua pembicaraan kepada Hespera. Walaupun begitu berdasarkan apa yang terlihat di trailer filmnya, dia juga tidak kalah mengancam dari kakaknya, karena pada salah satu cuplikannya dia juga terlihat memegang tongkat sihir yang sama seperti milik Hespera serta armor yang membuatnya tampak gagah.

Di mitologi Yunani, meskipun bukan Hesperides, Kalypso atau Calypso juga tetap merupakan anak Atlas. Tinggal di pulau Ogygia dalam keadaan yang kesepian dan penuh kebosanan, pada akhirnya Kalypso dikenal sebagai peri atau dewi pendiam Yunani. Hal ini cukup selaras dengan penggambaran Kalypso di trailer Fury of the Gods yang introvert. Walaupun begitu, mengingat Kalypso adalah seorang dewi, kita tidak bisa menganggap remeh eksistensi dan kekuatannya.

Anthea

Dewi terakhir yang juga sudah menampakan dirinya di trailer Fury of the Gods adalah Anthea. Karakter dari aktris Rachel Zegler ini tidak kalah misterius dari kedua kakaknya, bahkan ada kemungkinan dia memang dipersiapkan untuk karakter kejutan di filmnya. Berdasarkan cuplikan yang terlihat di trailernya, Anthea memang tidak memperlihatkan tanda-tanda mengancam seperti Hespera dan Kalypso. Sebaliknya, dia justru terlihat mempunyai hubungan khusus dengan Freddy, salah satu anggota Shazam Family.

Walaupun begitu, sejauh ini belum ada bukti pasti bahwa dia adalah dewi baik. Masih ada kemungkinan bahwa Anthea sengaja memikat Freddy agar menemukan titik kelemahan Shazam dan keluarga supernya. Di mitologi Yunani sendiri sebenarnya tidak ada anak Atlas yang bernama Anthea. Adapun dewi bernama ‘Antheia’ adalah anak dari Zeus dan merupakan Dewi Bunga serta Rawa-rawa di mitologi Yunani. Kebenaran dari semua misteri ini tentunya hanya akan terjawab ketika filmnya rilis nanti.

Kekuatan Para Dewi

Selain karakter dan tujuan utama yang masih misterius, kekuatan dari para dewi ini juga sama sekali belum terungkap. Namun karena mereka mengklaim sebagai anak Titan Atlas, pemangku Bumi dan Surga di mitologi Yunani, sepertinya baik Hespera, Kalypso, maupun Anthea juga mempunyai kekuatan yang cukup hebat juga. Minilam kekuatan fisik super, khususnya stamina, dan tentu saja keabadian karena mereka merupakan bagian dari dewi Yunani. Di mana mereka tidak menua dan tidak bisa mati, kecuali dibunuh dengan cara atau orang tertentu, misalnya oleh para Shazam Family sendiri.

Itulah para dewi yang sbeagian besarnya akan jadi musuh bagi Shazam Family di film Fury of the Gods mendatang. Khusus bagi Hespera dan Kalypso, duet maut mereka tampaknya akan membuat Shazam dan keluarganya kewalahan, karena mereka mempunyai tongkat misterius yang bisa memunculkan makhluk dan benda dari mitologi Yunani. Di sisi lain Anthea juga masih menyimpan lebih banyak misteri daripada yang sudah terungkap di trailernya, sehingga dia juga berpotensi menjadi musuh dalam selimut. Jangan lewatkan keseruan dari aksi mereka, saat filmnya tayang di bioskop pada 17 Maret 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.